Hal Aneh yang Menjadi Bagian dari Perkembangan Balita

perkembangan balita
Ibu & Balita

Perkembangan balita itu sangat menakjubkan. Akan tetapi, tidak jarang juga balita ibu membuat ibu harus tertawa. Sebagai orang tua, ibu harus memahami tingkah pola balita ibu. Balita seolah memiliki dunia sendiri sehingga sering kali tingkah lakunya membuat ibu tertawa, namun bisa juga membuat ibu kesal.

Berikut hal aneh yang sering dilakukan oleh balita di mana hal tersebut merupakan bagian dari perkembangan balita.

Menyembunyikan Barang-Barang yang Ada di Rumah

Pernahkah ibu harus bersusah payah mencari barang yang ada di rumah karena disembunyikan oleh si kecil? Ibu tidak satu-satunya orang tua yang memiliki balita seperti itu. Kebanyakan balita menyembunyikan barang ke suatu tempat. Hal ini merupakan kesenangan yang bisa ia lakukan.

Tidak jarang juga balita mencari perhatian jika ada tamu di rumah dengan cara mengambil hidangan yang ibu suguhkan dan menampatkan ke tempat yang lain. Jika hal tersebut dilakukan si kecil, apakah ibu perlu kesal atau bahagia? Yang jelas, hal tersebut memang menjadi bagian dari perkembangan balita, yaitu melakukan hal yang baru dan menyenangkan baginya

Menggigit Jari

Saat usia si kecil mencapai 1 tahun, ia akan sering sekali menggigit jari. Dan hal ini akan dilakukan lagi dan lagi. Tahukah ibu kenapa hal tersebut ia lakukan? Kebiasaan menggigit jari sering disebabkan adanya rasa perih dan sakit pada gusi. Biasanya hal ini disebabkan gigi si kecil tumbuh. Tidak jarang balita merasa kesakitan saat giginya tumbuh sehingga respon yang dilakukan adalah menggigit jari.

Tentu saja ibu akan kualahan meminta si kecil untuk tidak terus menerus menggigit jarinya. Yang perlu ibu lakukan adalah mengalihkan. Ibu bisa belikan mainan yang gunanya untuk digigit. Ini jauh lebih baik daripada balita ibu menggigit jari sendiri, bukan?

Suka Menonton Iklan TV

Salah satu ciri dari perkembangan balita baik adalah ketika balita ibu mengerti tayangan yang ada di TV. Sayangnya, kebanyakan balita justru tertarik menonton iklan daripada acara TV. Sementara ibu menunggu acaranya, balita justru menunggu iklan TV. Dengan serius, sang buah hati akan memperhatikan iklan yang muncul di TV.

Melakukan Gerakan Memutar

Ibu tidak perlu khawatir jika balita ibu suka melakukan gerakan memutar. Biasanya, gerakan ini dilakukan oleh balita saat perkembangan balita sudah pada tahap belajar berjalan. Saat ia sudah tegak berdiri dan berjalan, ia mencoba hal yang baru seperti gerakan memutar. Biasanya gerakan ini dilakukan untuk menunjukkan rasa bahagia seperti ketika mendengarkan lagu ceria di TV.

Ibu tidak perlu melarangnya melakukan hal tersebut. Yang ibu perlu lakukan adalah mengawasinya agar tidak jatuh yang mengakibatkan ia terluka.

Menjilat Lantai

Apakah ibu sering melihat si kecil menjilat lantai? Menjilat lantai merupakan hal yang normal walaupun ibu harus melarangnya. Ibu hanya perlu memahami bahwa kegiatan menjilat lantai yang si kecil lakukan merupakan bagian dari eksplorasi. Sang buah hati mencari tahu rasa dari setiap benda, termasuk lantai.

Tentu saja ibu harus berusaha agar si kecil meninggalkan kebiasaan ini apalagi jika lantai kotor. Sedikit demi sedikit, ibu bisa melarang dan memberikan pemahaman bahwa menjilati lantai itu tidak diperbolehkan.

Itulah hal aneh yang dilakukan oleh balita. Ada yang sebaiknya ibu larang dan ada yang ibu biarkan untuk melakukan hal aneh tersebut. Untuk memahami si kecil, tentu saja ibu harus masuk ke dalam dunia si kecil agar lebih tahu seputar perkembangan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *