Hal-Hal Aneh Terkait dengan Kehamilan 7 Bulan yang Semua Ibu Hamil Perlu Tahu

kehamilan 7 bulan
Friso Indonesia

Sebuah keajaiban jika ibu tahu tentang perkembangan bayi usia 7 bulan di dalam kandungan. Awalnya, banyak ibu hamil yang tidak percaya jika janin usia 7 bulan sudah bisa melakukan beberapa hal yang aneh dan menakjubkan.

Berikut ini beberapa tanda perkembangan janin ketika usia kehamilan 7 bulan. Bagi ibu yang sedang mengandung saat ini, jangan terkejut. Ibu pasti akan semakin mengerti betapa menakjubkannya ciptaan Tuhan berupa bayi padahal belum lahir ke dunia.

Janin Tahu Apakah Kehadirannya Diharapkan atau Tidak

Ada ibu yang kehamilannya memang diharapkan. Ada juga yang tidak. Tentu banyak sekali alasan kenapa mereka sebenarnya tidak mengharapkan kehamilan.

Terlepas dari alasan yang berbeda, ibu harus tahu janin di dalam kandungan sudah bisa merasakan apakah kehadirannya diharapkan oleh orang tuanya atau tidak. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Veronica Adesla, seorang psikolog klinis yang sudah lama melakukan penelitian tentang masalah yang satu ini.

Sebenarnya, seorang ibu yang tidak begitu mengharapkan kehadiran bayi sangat mempengaruhi perasaannya. Selama kehamilan, ibu tersebut terlihat tidak gembira dan cenderung stress. Hal inilah yang secara langsung mempengaruhi perasaan bayi di dalam kandungan.

Itulah mengapa bayi mengerti apakah ia diharapkan oleh orang tuanya atau tidak meskipun masih ada di dalam kandungan.

Lebih dari itu, Veronica mengatakan bayi yang tidak diharapkan kehadirannya akan mengalami masalah psikis saat ia lahir nanti. Hal ini juga ada kaitannya dengan perasaan ibunya ketika masih mengandung. Ia akan cenderung menjadi anak yang kurang percaya diri, sering murung, dan inferior.

Cegukan Tanda Sistem Saraf Sempurna

Tahukah ibu jika bayi di dalam kandungan juga bisa cegukan?

Bayi yang cegukan ini ditandai dengan perut yang rasanya kejang. Hal ini tidak berlangsung lama. Dan bahkan hanya sekali bayi dalam kandungan mengalami cegukan selama masa kehamilan.

Namun, ada juga ibu hamil yang merasakan janin sering cegukan bahkan bisa satu kali sehari.

Hal ini menjadi pertanda baik. Karena cegukan yang dialami oleh janin itu tanda sistem sarafnya sudah sempurna.

Sebenarnya bukan itu alasan utamanya. Hanya saja, para ahli kesehatan kandungan menjelaskan jika bayi mengalami cegukan, itu tandanya sistem sarafnya sudah berfungsi baik.

Cegukan di dalam rahim lebih dikarenakan air ketuban tertelan janin dan kontraksi diafragma cepat yang akhirnya menimbulkan cegukan. Dan ini biasanya terjadi ketika usia kehamilan mencapai 7 bulan.

Bayi Sering Terkejut

Ibu pasti sudah tahu bawasannya ada gerakan yang dilakukan oleh bayi ketika usianya mencapai 3 bulan. Dan indera pendengarannya tersebut semakin sempurna ketika usianya mencapai 7 bulan.

Itulah mengapa terkadang bayi terkejut ketika ia mendengarkan suara yang keras seperti suara bising knalpot kendaran bermotor, suara hentakan, musik, dan lain sebagainya.

Bayi akan terkejut jika mendengarkan suara yang keras. Hal ini ditandai dengan gerakan tiba-tiba yang janin lakukan.

Itulah mengapa ibu harus pandai-pandai dalam mengantisipasi hal ini. Jangan sampai ibu membunyikan musik yang terlalu kencang ketika sudah waktunya janin harus tidur.

Itulah beberapa keajaiban janin usia 7 bulan. Semoga dengan mengetahui informasi yang satu ini, ibu lebih bijak dalam menjaga kesehatan dan juga perkembangan bayi di dalam rahim.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *