Hal Kecil Yang Sebaiknya Ibu Lakukan Untuk Merawat Bayi Prematur

merawat bayi prematur
www.ibudanbalita.com

Merawat bayi prematur tidaklah mudah. Ada tantangan tersendiri. Yang pasti, ibu harus mampu membuat bayi yang lahir prematur bisa tumbuh dan berkembang layaknya bayi yang lahir normal.

Permasalahannya, perkembangan bayi prematur lambat. Tidak sama dengan bayi normal. Itulah mengapa perlu teknik perawatan yang sedikit berbeda.

Yang pasti, ibu harus bangga jika diberi amanah untuk merawat bayi prematur. Hal inilah yang membuat ibu belajar lebih sabar dan belajar lebih banyak lagi tentang bagaimana mengurus anak.

Namun, bukan berarti ibu akan menemui kesulitan ya. Berikut ini hal yang kecil yang ibu bisa lakukan sebagai langkah perawatan bayi yang lahir prematur.

Sering Membacakan Buku

Sebenarnya tidak hanya membacakan buku ya bu. Ibu bisa membacakan apa saja. Mungkin ibu jago baca puisi. Ibu bisa bacakan puisi. Atau jika ibu suka baca cerpen, ibu bisa bacakan cerpen.

Pada dasarnya, bayi prematur memiliki masalah dengan perkembangan alat pendengaran. Ini yang biasa terjadi. Dan untuk mempercepat proses perkembangan anak prematur, ibu harus terus memberikan rangsangan. Salah satunya dengan lebih sering membacakan apa saja, entah itu buku, puisi, cerpen, atau dongeng.

Ibu juga bisa mendendangkan lagu. Sebaiknya, ibu yang menyanyi, bukan ibu memutarkan lagu. Jika ibu yang bernyanyi, maka ada dua keuntungan. Yang pertama, indera pendengaran akan terstimulasi. Dan yang kedua, si kecil akan mengenal suara ibu sehingga memperkuat ikatan antara ibu dan si kecil.

Mengajak Berkomunikasi

Jika si kecil sudah bisa mengeluarkan bunyi, maka ibu tidak hanya membacakan buku saja. ibu juga perlu mengajak berkomunikasi. Walaupun si kecil belum bisa menanggapi dengan kata-kata, tapi setidaknya ia bisa merespon dengan mengeluarkan bunyi. Ini sudah sangat baik untuk perkembangan bayi prematur.

Selain indera pendengaran, perkembangan otak bayi prematur juga terhambat. Diperlukan cara merawat bayi prematur yang tepat agar perkembangan otaknya bisa seperti bayi normal lainnya. Salah satu caranya adalah dengan mengajak berkomunikasi. Biarkan si kecil belajar merespon apa yang ibu katakan. Semakin sering ia memberikan respon, maka semakin bagus perkembangan otaknya.

Menggendong Seperti Kangguru

Coba ibu cari tahu bagaimana cara kangguru menggendong bayinya. Ada kantong yang ada di bagian depan. Itulah cara menggendong kangguru. Perhatikan pula posisi bayi kangguru. Sedikit berdiri bukan? Itulah yang disebut dengan menggendong bayi ala kangguru.

Ternyata ini juga bagian dari perawatan bayi prematur lho. Cara menggendong seperti ini bisa mempercepat perkembangan bayi prematur, terutama ketika bayi baru berusia beberapa minggu. Dengan posisi menggendong seperti ini, maka bayi mendengarkan detak jantung ibu. Dan inilah yang membuat perkembangan bayi prematur lebih cepat.

Banyak kasus di mana bayi prematur akhirnya meninggal dunia. Memang bayi yang lahir prematur rentan sekali terhadap penyakit. Apalagi daya tahannya kurang sehingga resiko meninggal dunia sangat tinggi.

Dokter selalu menyarankan agar selama beberapa hari bayi prematur dirawat di rumah sakit. Pasalnya, di rumah sakit, para ahli kesehatan bisa memperlakukan bayi dengan baik dengan menggunakan alat-alat medis yang canggih.

Setelah kondisi bayi prematur semakin kuat, baru kemudian ibu bisa membawa pulang. Itupun ibu harus tahu cara merawat bayi prematur. Ibu bisa baca artikel kesehatan atau ikut forum ibu dan balita agar bisa bertukar informasi dengan ibu yang lain barangkali ada orang tua yang memiliki bayi prematur seperti ibu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *