Hal Yang Mungkin Ibu Belum Ketahui Tentang Tes Kecerdasan Anak

kecerdasan anak, imajinatif
www.ibudanbalita.com

Apa benar hasil dari tes kecerdasan anak bisa dijadikan rujukan seberapa cerdas kemampuan otak anak?

Apakah hasil tes akan berubah seiring dengan bertambahnya usia? Apakah jika hasil tes tinggi berarti anak ibu pasti akan sukses?

Dan masih banyak lagi pertanyaan yang harus dicari jawabannya.

Lalu, apakah ibu akan membawa anak  untuk menjalani tes kecerdasan? Tunggu dulu. Jangan buru-buru. Sebelum ibu memutuskan hal tersebut, sebaiknya ibu ketahui dulu tentang apa itu tes kecerdasan.

Tes Untuk Menilai Kemampuan Otak

Pada intinya tes kecerdasan anak itu dilakukan untuk menilai kemampuan otak. Namun, bagaimana caranya?

Namanya adalah IQ Test atau Intelligence Quotient Test. Tes ini dilakukan oleh psikolog yang sudah memiliki pengetahuan yang penuh tentang bagaimana melakukan tes.

Tes ini melibatkan beberapa hal yang diujikan seperti seberapa baik anak memecahkan masalah yang diberikan. Tentunya masalah tersebut disesuaikan dengan usia anak.

Itulah mengapa di dalam setiap tes terdapat standarisasi. Standarisasi ini ditentukan oleh psikolog. Jadi, ada batas bawah, tengah, dan tinggi. Dan standarisasi tersebut dibuat berdasarkan tingkat usia anak yang berbeda-beda.

Terdengar subyektif? Betul sekali. Pasalnya, standar cerdas, kurang cerdas, dan sangat cerdas sudah dipatok oleh para psikolog.

Terlepas dari hal tersebut, sisi obyektifitasnya ada lantaran standar tersebut disepakati oleh semua psikolog.

Jadi, pada dasarnya, membawa anak ibu untuk tes kecerdasan anak bertujuan untuk mengukur pengetahuan anak itu ada pada batas bawah, sedang, atau atas.

Apakah Hasil Tes Akan Berubah?

Ini juga pertanyaan yang banyak ditanyakan.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, tes dilakukan berdasarkan usia dengan standar tertentu. Jadi, bukan tidak mungkin hasil tes nanti berbeda ketika usianya sudah lebih dewasa. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan anak yang terus berkembang. Namun, tentu saja standar kecerdasan pada tes akan berbeda nanti mengingat usia anak ibu sudah bertambah.

Kalaupun ibu mendapatkan hasil tes yang kurang memuaskan, itu bukan berarti IQ anak ibu tidak bisa diasah lagi. Mengembangkan kecerdasan otak bisa dilakukan dengan cara memberikan nutrisi yang baik untuk otak seperti memberinya makanan yang mengandung omega 3 dan juga minum susu Frisian Flag. Dan dengan latihan yang tepat, maka perkembangan otak akan bagus dan nilai tes kecerdasan akan meningkat nantinya.

Apakah Tes Kecerdasan Menentukan Kesuksesan Anak?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, harus dipahami terlebih dahulu apa itu definisi dari sukses. Pasalnya, definisi sukses itu sangat relatif.

Oleh sebab itu, ketika hasil tes kecerdasan anak begitu memuaskan, maka itu hanya menjadi jembatan awal saja di mana anak bisa mendapatkan masa depan yang gemilang. Tinggal ibu sebagai orang tua mampu atau tidak memaksimalkan kecerdasan otak anak tersebut sehingga anak bisa mewujudkan apa yang ia impikan.

Jadi, setelah tahu IQ sanga tinggi, hal tersebut tidak membuat kesuksesan pasti akan didapatkan oleh anak ibu. Tetap harus ada keterlibatan orang tua untuk memupuk dan mengembangkan kecerdasannya tersebut.

Di situs www.ibudanbalita.com, sudah dijelaskan bagaimana cara mendidik anak agar bisa memaksimalkan potensinya. Tidak sedikit juga tips dan trik bagaimana agar memotivasi anak agar terus menerus mengembangkan diri.

Ibu bisa mendapatkan informasi dari forum orang tua yang ada di website tersebut. Bertukar pikiran dengan sesam orang tua akan membantu ibu untuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *