Hal Yang Sebaiknya Ibu Lakukan Ketika Bayi Tumbuh Gigi

pertumbuhan gigi pada bayi
Source: North Shore Mama

Bayi tumbuh gigi merupakan fase normal, dan memang seharusnya terjadi sebagai bagian dari pertumbuhannya. Hanya saja, giginya yang mulai tumbuh bisa membuat bayi merasakan ketidaknyamanan. Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan?

Rewel itu pasti ketika gigi bayi mulai tumbuh. Kesan yang terlihat seakan menyakitkan. Ini membuat ibu panik. Tetapi bila ibu memahami waktunya dan tanda-tandanya, ibu pastinya tidak terlalu khawatir. Ini menjadi kebahagiaan tersendiri lantaran bayi tumbuh normal.

Di sini, kami akan bagikan beberapa hal yang menandai gigi bayi akan tumbuh. Tentunya informasi ini juga berhubungan dengan bagaimana cara ibu mengambil tindakan. Jadi, mari perhatikan ulasannya secara berurutan di bawah ini!

Usia Bayi Mengalami Pertumbuhan Gigi

Gigi bayi tumbuh mengindikasikan jika pertumbuhannya normal. Normalnya pertumbuhan juga berarti pemberian asupan yang ibu lakukan sudah benar. Ini tentunya menjadi kabar gembira buat ibu.

Biasanya, bayi akan mulai tumbuh giginya pada usia 6 bulan. Pada beberapa kasus, bayi usia 3 bulanan juga sudah menunjukkan hal itu. Giginya sudah mulai tumbuh. Biasanya berpasangan antara bagian atas dan bawah.

Sementara itu, terkadang ada juga kasus dimana gigi bayi baru tumbuh ketika bayi berusia 12 bulan. Ini bukanlah keterlambatan pertumbuhan. Tetapi, hal ini masih terbilang sangat wajar.

Berbeda jika sudah melebihi usia 12 bulanan. Ibu bisa sedikit khawatir lantaran gigi anak belum mau tumbuh. Bahkan si kecil belum menunjukkan tanda-tanda kalau giginya mau tumbuh. Lalu, seperti apa tanda-tandanya?

Tanda Gigi Bayi Mulai Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak ditentukan oleh berbagai hal. Salah satu hal yang utama adalah makanan. Makanan memiliki peran untuk mendukung sejumlah fungsi dalam tubuh bayi. Khususnya fungsi tubuh yang berhubungan dengan pertumbuhan tulang dan gigi.

Ketika asupan makanan dipenuhi, tidak salah bila tumbuh kembang bayi akan semakin optimal. Hal ini ditandai dengan semakin besarnya badan, dan munculnya gigi. Mengenai tanda-tanda bila gigi bayi mulai tumbuh, ibu bisa memperhatikan hal berikut.

  • Air liur bayi banyak yang keluar dari mulut

Tanda gigi bayi tumbuh yang pertama bisa dilihat dari seringnya air liur keluar dari mulut bayi. Jumlahnya bisa sangat banyak akibat bayi sering mengeces. Ibu perlu menyediakan kain untuk mengusap air liur tersebut.

Kondisi ini memungkinkan bayi akan batuk maupun muntah. Hal ini disebabkan oleh tertelannya air liur. Terlalu banyaknya air liur membuat bayi tersedak, dan menyebabkan batuk. Di sini, ibu tidak perlu khawatir.

  • Suka menggigit

Pada usia tertentu, bayi juga akan mulai mampu menggigit sesuatu. Kebiasaan ini akan terlihat ketika bayi sudah mulai merasakan adanya perubahan pada mulutnya. Yaitu gigi sudah mulai akan tumbuh.

Bayi akan menggigit apapun yang ada di sekitarnya. Bahkan bila ibu memberikan jari tangan, jari bisa diapit oleh bibir sebagai bagian dari menggigit. Sama juga dengan kebiasaan menggigit jarinya sendiri.

  • Demam dan sulit makan

Bayi tumbuh gigi susah makan itu pasti. Karena kondisi pada gusinya menyakitkannya. Bahkan pembengkakan pada gusi ini membuat bayi bisa demam.

Keengganan untuk mengkonsumsi makanan sangat besar. Ibu tidak boleh membiarkannya. Pastikan bayi tetap mendapatkan jatah konsumsian yang mendukung kesehatannya.

Ketika gigi bayi sudah muncul, demam dan kesulitan makan akan hilang. Bayi akan lebih ceria. Kebanyakan bayi akan mulai terbiasa, bahkan suka menggigit. Oleh karenanya, ibu perlu memberikan pemahaman sedikit demi sedikit supaya bayi tidak suka menggigit.

Cara Mengatasi Bayi Susah Makan Akibat Giginya Tumbuh

Urutan tumbuh gigi bayi biasanya diawali pada bagian depannya. Kemunculan gigi ini akan membuat bayi semakin aktif dalam memanfaatkan mulutnya. Tapi jauh sebelumnya, bayi akan menolak sesuatu yang memasuki mulutnya misalnya adalah makanan.

Bayi yang susah makan lantaran giginya tumbuh perlu segera diatasi. Karena bila tidak, asupan makanan yang dibutuhkan untuk tubuhnya malah tidak terpenuhi. Akibatnya, kesehatannya akan terganggu.

Ketika bayi mengalami susah makan, ibu perlu pandai dalam mendorongnya untuk makan. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara mengatasi bayi tumbuh gigi susah makan!

  • Ajak anak makan bersama

Cara pertama adalah dengan mengenalkan makanan keluarga. Ajaklah anak untuk bergabung bersama ketika menyantap makanan. Cara ini dimanfaatkan agar bayi terdorong untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

  • Berikan makanan yang bertekstur lembut

Tekstur makanan yang lembut akan membuat bayi menyukainya. Kondisi sakit pada gusinya tidak terlalu berpengaruh. Sebaliknya bila tekstur makanan lebih keras, bayi akan menolak dan memuntahkannya.

  • Hindari pemberian makanan yang memiliki kadar gula tinggi

Pemberian makanan yang kaya akan kadar gula tinggi hanya akan menambah rasa nyeri pada gigi. Rasa nyeri akan bertambah, membuat bayi akan susah makan kedepannya. Jadi, pastikan untuk tidak memberikan makanan tersebut.

Makanan Terbaik Ketika Gigi Bayi Sedang Tumbuh

Makanan terbaik untuk bayi yang baru tumbuh giginya dibutuhkan untuk mendorong bayi mau makan. Kemudian, makanan ini juga syarat akan kualitas. Yaitu gizinya lengkap untuk mencukupi kebutuhannya.

Diantara makanan yang terbaik untuk diberikan adalah pisang matang, mentimun, wortel sampai keju dan buah alpukat. Masing-masing makanan perlu dipotong-potong kecil. Untuk wortel perlu direbus agar lebih empuk.

Makanan tersebut sangat baik dalam hal gizinya. Misalnya irisan buah alpukat yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada gusi. Dan tentunya, kandungan gizi di dalam buah ini sangat lengkap seperti kalori, serat dan lain sebagainya.

Intinya, ketika bayi sudah berusia di kisaran 6 bulan, ibu bisa memperhatikan perubahan bayi. Perubahan ini bisa menjadi tanda kalau bayi sedang tumbuh giginya. Ibu tidak perlu khawatir, dan ibu bisa mempersiapkan cara untuk menangani kesulitan makan pada bayi tumbuh gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *