Hamil Di Usia Tua Beresiko Bagi Bayi

hamil usia tua Beresiko Bagi Bayi
www.friso.co.id

Usia berapa wanita sebaiknya sudah tidak lagi hamil? Hal ini sudah dijelaskan di www.friso.co.id. Pada dasarnya, usia berapapun wanita boleh saja hamil. Tidak ada batasan. Hanya saja, wanita yang usianya sudah mencapai 40 tahun, kemungkinan bisa hamil hanya 50% saja. Dan itu artinya ketika usia wanita sudah di atas 40 tahun dan lebih, maka kemungkinan bisa hamil semakin rendah.

Yang perlu mendapatkan perhatian bukan hanya hal tersebut saja. Wanita yang hamil di usia yang tidak lagi muda beresiko bagi perkembangan bayi dalam kandungan lho.

Resiko Yang Bisa Terjadi

Banyak dokter kehamilan yang sangat menyarankan agar wanita dengan usia di atas 40 tahun sebaiknya tidak hamil. Alasannya sangat jelas. Bayi yang dilahirkan rentan sekali mengalami cacat.

Yang paling sering terjadi adalah bayi mengalami down syndrome. Meskipun demikian, tidak sedikit juga anak yang terkena down syndrome lahir dari seorang ibu muda.

Secara ilmiah, sindrom ini terjadi karena pembelahan kromosom tidak sempurna. Jika diruntut lebih jauh lagi, hal ini disebabkan karena menurunnya organ pada tubuh ibu hamil lantaran usianya yang sudah tidak muda lagi.

Meskipun demikian, organ tubuh yang men-support perkembangan bayi tetap bisa terjaga jika nutrisinya cukup. Akan tetapi, secara alamiah, fungsi dari organ-organ di dalam tubuh menurun ketika usia semakin tua.

Sangat dianjurkan bagi wanita yang usianya tidak muda lagi agar lebih sering konsultasi dengan dokter. Pengecekan kesehatan ibu dan juga janin juga harus lebih intensif.

Pemenuhan kebutuhan nutrisi harus benar-benar diperhatikan. Selain memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi dan sehat, ibu hamil tersebut juga harus mengkonsumsi susu Frisomum Gold karena kandungan nutrisi di dalam susu tersebut lengkap dan seimbang.

Mengurangi Resiko Buruk

Sebenarnya resiko hanya bisa terjadi pada bayi saja. Karena usia ibu hamil tidak lagi muda, resiko buruk pun bisa terjadi pada ibu.

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Menjaga Asupan Gizi

Jika wanita muda hamil harus menjaga asupan gizi, wanita yang berusia di atas 30 tahun lebih yang sedang hamil harus lebih ekstra dalam menjaga nutrisinya.

  1. Meningkatkan Stamina

Jangankan ibu hamil. Seseorang yang tidak sedang hamil saja staminanya pasti menurun jika usianya sudah tidak lagi muda. Padahal, seorang wanita hamil harus memiliki stamina yang kuat khususnya ketika menjalani proses persalinan.

Untuk meningkatkan stamina, tidak hanya nutrisi yang dibutuhkan. Seorang wanita hamil juga harus melakukan olahraga yang disarankan seperti senam ibu hami, yoga, dan juga jalan santai di pagi atau sore hari.

  1. Konsultasi Lebih Sering

Setidaknya konsultasi dilakukan satu bulan sekali. Atau jika memerlukan konsultasi segera, ibu hamil bisa mengunjungi situs Friso agar bisa konsultasi secara online dengan pakar kesehatan ibu hamil.

Banyak ibu hamil yang usianya sudah tidak lagi muda memiliki kondisi tubuh yang tidak memungkinkan melakukan proses persalinan secara normal. Dan kebanyakan mereka harus menjalani operasi caesar.

Untuk mengantisipasi hal buruk yang bisa terjadi, entah pada ibu dan juga bayi, sebaiknya melahirkan melalui operasi caesar memang sangat disarankan untuk diambil.

Namun, sekali lagi, dokter yang memutuskan. Itulah yang membuat konsultasi kehamilan dengan dokter secara lebih intensif sangat diperlukan agar jika tindakan medis cepat harus dilakukan, maka dokter bisa melakukannya segera mungkin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *