Hanya dengan Senam Hamil, Keluhan Kehamilan Bisa Teratasi. Tidak Percaya?

Ibu harus tahu kenapa penting sekali melakukan senam hamil. Selama ini banyak ibu hamil yang hanya mengetahui bawasannya senam ibu hamil itu hanya bagus untuk kehamilan trimester ketiga. Dengan satu alasan, yaitu untuk memperlancar proses persalinan.

Padahal, senam kehamilan ini tidak hanya akan memperlancar proses persalinan tapi juga untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Bahkan, beberapa keluhan kesehatan yang sering dialami oleh seorang ibu hamil bisa diatasi dengan hanya melakukan senam kehamilan ini.

Tidak percaya?

Keluhan yang Paling Sering Dialami Ibu Hamil

Berapa usia kehamilan ibu saat ini? Jika usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua, mungkin ibu sudah mengalami berbagai permasalahan atau keluhan kesehatan mulai dari morning sickness, mood swings, anemia, sakit gigi, nyeri punggung, dan lain sebagainya.

Dan jika beberapa keluhan tersebut masih sering ibu alami, mungkin sudah saatnya ibu mencari cara lain selain mengkonsumsi obat atau melakukan tips menjaga kesehatan ibu hamil yang ibu dapatkan dari jurnal kesehatan.

Memang keluhan tersebut sangat wajar ibu alami. Dan setiap masa kehamilan, keluhannya berbeda-beda. Ada juga keluhan yang seiring dengan perkembangan janin maka keluhan tersebut hilang. Seperti contoh morning sickness. Umumnya, keluhan yang satu ini akan hilang dengan sendirinya ketika usia kehamilan sudah mencapai trimester kedua. Karena pada saat itu kondisi hormone sudah stabil.

Hanya saja, keluhan seperti nyeri pada punggung akan ibu alami terus menerus apalagi jika usia kehamilan bertambah dan janin semakin berat.

Bagaimana Senam Kehamilan Mengatasi Keluhan Kesehatan?

Sebenarnya apa yang ibu ketahui tentang keluhan kesehatan? Mungkin ibu sudah membaca banyak hal tentang bagaimana menjanga kesehatan ibu hamil. Ibu juga sudah melahap tips seputar kesehatan kehamilan.

Banyak tulisan yang menjelaskan tentang faktor penyebab keluhan kesehatan tertentu. Akan tetapi, apakah ibu tahu apa yang menjadi faktor paling utama kenapa keluhan kehamilan itu muncul?

Ternyata, yang menjadi faktor penyebab utamanya adalah sirkulasi darah yang tidak lancar. Tentu faktor lain juga berpengaruh. Hanya saja, hampir semua keluhan kesehatan yang dialami oleh ibu hamil itu sedikit banyak dipengaruhi oleh sirkulasi darah yang tidak lancar.

Itulah mengapa senam ibu hamil dianggap sebagai cara yang tepat untuk mengatasi hampir semua keluhan kesehatan ibu hamil. Karena gerakan senam kehamilan akan membuat sirkulasi darah lancar sehingga keluhan kesehatan bisa diatasi.

Yang Harus Diperhatikan

Sayangnya tidak semua ibu hamil itu diperbolehkan untuk melakukan senam. Jelas, ibu hamil muda dilarang ikut program senam ini.

Batara Sirait, seorang dokter spesialis kandungan mengatakan senam ibu hamil idealnya dilakukan ketika usia kehamilan sudah mencapai 6 bulan. Karena pada saat itulah rahim sudah kuat dan janin sudah tidak beresiko mengalami keguguran ketika terjaga getaran atau goncangan.

Meskipun demikian, tidak disarankan jika ibu melakukan senam kehamilan sendiri tanpa dipantau oleh instruktur professional. Ibu harus ingat bawasannya ada janin di dalam kandungan. Jangan sampai ibu melakukan gerakan senam tapi tidak sempurna sehingga hal tersebut bisa berakibat buruk terhadap perkembangan janin.

Sebaiknya senam ibu hamil ini dilakukan satu atau dua kali seminggu. Durasi setiap senam bisa 15 hingga 30 menit.

Yang pasti, sebelum melakukan senam, seorang ibu hamil harus melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Ibu bisa ikut kelas senam ibu hamil yang biasanya diselenggarakan di rumah sakit atau klinik terdekat. Senam ini bisa dijadikan sebagai cara yang mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *