Hati-Hati Dengan Perkembangan Psikologi Anak Jika Ia Sudah Kenal Internet

Perkembangan Psikologi Anak
pendidikankarakter.com

Internet memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap psikologi anak. Hal ini sama sekali tidak bisa dipungkiri. Terlepas ada efek positif dari internet, tentu ibu harus mengkhawatirkan jika ternyata dampaknya menjadi sangat negatif.

Peran orang tua sangat penting. Ibu tentu sangat sulit untuk mencegah anak bermain internet. Teman sebayanya sudah menggunakan internet dan bahkan guru di sekolah pun menganjurkan anak agar menggunakan fasilitas internet untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Yang perlu diantisipasi hanyalah dampak buruk psikologi balita.

Pengaruh Negatif Yang Orang Tua Harus Ketahui

Berbicara tentang internet sepertinya terlalu luas. Seharusnya diperuncing pada hal yang paling disukai oleh si kecil. Apakah itu? Media berbagi video. Anak kecil cenderung suka menonton video di internet. Mereka menonton apapun yang ia sukai seperti superhero, video permainan yang ia sukai, dan lain sebagainya.

Tapi, tahukah ibu jika di video tersebut sering keluar iklan? Sayangnya, iklan tersebut tidak bisa dikendalikan. Artinya pengguna internet tidak bisa memutuskan iklan apa yang muncul dan iklan apa yang tidak muncul. Dan dikhawatirkan ada iklan video dewasa yang muncul. Tentu ini sangat tidak baik bagi perkembangan psikologi anak kecil, bukan?

Ini hanya jika dilihat dari media berbagi video. Belum lagi dengan media sosial. Banyak sekali dampak buruknya mulai dari cyber bullying, cyber stalking, dan lain sebagainya.

Tentu informasi ini tidak lantas membuat was-was dan akhirnya melarang anak bermain internet. Semua hal ada efek baik dan efek buruknya. Sekarang, ibu hanya perlu mengatahui bagaimana agar anak mendapatkan manfaat dari penggunaan internet.

Internet Sehat Untuk Anak

Setiap orang tua saat ini harus tahu bagaimana memberikan internet yang sehat untuk anak. Setidaknya dua hal yang harus dilakukan.

  1. Literasi Sosial

Hal pertama dan utama yang harus ibu lakukan adalah mengedukasi si kecil tentang internet. Ini sangat penting untuk membantu anak memahami bagaimana memanfaatkan internet.Dalam hal ini, ibu bisa ajarkan apa yang boleh digunakan di internet. Ibu bisa ajarkan bagaimana mencari informasi yang dibutuhkan oleh si kecil. Ibu bisa pilihkan permainan online yang sangat baik untuk perkembangan anak.

  1. Parental Control

Tentu saja ibu tidak bisa mengontrol anak setiap kali ia menjelajahi dunia maya. Akan tetapi, ibu bisa membuat sistem di mana ibu bisa tetap mengontrol anak menggunakan internet tanpa harus ibu ada di samping si kecil. Caranya dengan menginstal software tertentu di gadget, laptop, atau komputer yang digunakan oleh anak. Software tersebut akan secara otomatis memblockir situs yang tidak layak diakses oleh anak.

Apa yang sudah dijelaskan tersebut di atas hanya bersifat antisipasi terhadap situs-situs yang bisa mengganggu perkembangan psikologi anak. Ini belum berbicara pada penggunaan internet. Sekalipun ibu sudah pastikan anak hanya mengakses situs yang baik,  bukan berarti ibu sudah lega dan tugas ibu sudah selesai.

Tahukah ibu jika penggunaan internet bisa membuat anak sulit bersosialisasi dengan orang lain? Ia terlalu nyaman berselancar di dunia maya sehingga ia tidak memiliki waktu untuk bersosialisasi di dunia nyata. Dan ini hal lain yang harus diantisipasi.

Ibu harus menentukan peraturan kapan dan berapa lama waktu yang boleh digunakan untuk bermain internet. Batasan yang jelas akan membuat perkembangan psikologi anak tidak terganggu karena internet.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *