Hati-Hati Jika Sering Mengajak si Kecil Bermain di Luar

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Memang sangat baik mengajak si kecil beraktivitas di luar rumah. Membiarkan anak aktif bergerak di luar akan sangat bagus untuk perkembangannya, terutama secara fisik. Apalagi jika ibu memberikan permainan yang membuatnya bergerak sekaligus yang mengasah kecerdasannya. Tentu perkembangannya akan lebih optimal.

Oleh sebab itu, ibu bisa mencari ide-ide kreatif dan edukatif untuk tumbuh kembang anak di www.ibudanbalita.com. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di luar rumah agar si kecil lebih optimal perkembangannya.

Namun, ibu harus hati-hati karena sengatan sinar matahari bisa membuat kulit si kecil terbakar. Untuk itu, ibu perlu tahu bagaimana cara agar si kecil terhindar dari hal tersebut.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Bermain Di Luar

Cuaca di Indonesia sangat panas. Itulah mengapa kulit anak rentan sekali terbakar. Apalagi jika ibu membawanya ke pantai. Tentu ibu harus memberikan proteksi yang lebih.

Proteksi bisa dilakukan dengan cara mengoleskan lotion yang mengandung SPF. Namun, karena kulit si kecil masih sangat lembut dan mungkin mudah iritasi, ibu bisa pilih lotion dengan kandungan SPF 15.

Akan lebih baik jika ibu mencoba dulu mengoleskan lotion tersebut di satu bagian tubuh seperti tangan untuk memastikan apakah lotion tersebut cocok untuk kulit si kecil atau tidak.

Selain proteksi menggunakan lotion, ibu juga perlu memperhatikan pakaian yang dikenakan. Memang tidak nyaman jika si kecil memakai pakaian berbahan kain yang tebal di waktu panas. Tapi, ibu bisa pertimbangkan pakaian dengan kain yang nyaman dan bagus untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Jangan lupa juga biasakan si kecil memakai topi.

Tidak hanya proteksi saja yang perlu ibu lakukan. Perawatan kulit juga tak kalah penting. Salah satunya dengan memberikan pelembab kulit setiap kali selesai mandi. Pelembab akan membuat anak terhindar dari masalah kulit terbakas. Selain itu, pelembab juga penting agar kulit si kecil senantiasa sehat dan lembut.

Cara memandikan pun harus diperhatikan. Apakah selama ini ibu memandikan si kecil dengan air hangat? Memang bagus jika mandi menggunakan air hangat. Hanya saja, jika sudah ada potensi kulit anak terbakar, sebaiknya ibu memandikannya dengan menggunakan air sejuk. Air ini lebih membantu agar kulit si kecil sehat kembali.

Dan jangan lupa ibu harus pastikan si kecil minum air yang banyak. Karena mengkonsumsi air dalam jumlah yang banyak akan membuat kulitnya sehat. Kelembaban kulit terjaga sehingga kulitnya tidak terlihat gelap dan terbakar.

Jangan Halangi Si Kecil Beraktivitas Di Luar

Terkadang orang tua sangat sayang dan terlalu khawatir dengan kondisi si kecil. Dan mereka melarang si kecil bermain di luar.

Akhirnya, mereka memberikan permaianan seperti gadget atau menonton TV agar si kecil tetap berada di dalam rumah.

Betul sekali tapi cara tersebut kurang bijaksana. Jelas permainan gadget bukan permainan yang tepat untuk tumbuh kembang anak.

Sebaiknya ibu tidak perlu menghalangi anak beraktivitas di luar. Yang perlu ibu lakukan hanya memastikan si kecil aman ketika beraktivitas di luar. Dan tips tersebut di atas bisa ibu terapkan agar perkembangan anak baik tanpa rasa khawatir terhadap kesehatan, termasuk kesehatan kulit anak.

Ada banyak aktivitas di luar rumah yang bagus untuk si kecil. Ibu bisa cari aktivitas seperti apa yang perlu untuk ibu pilihkan di situs ibu dan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *