Hindari 6 Makanan Ini untuk Cegah Gigi Anak Berlubang

cara mencegah gigi berlubang
Listerine Indonesia

Usia anak-anak adalah usia di mana mereka ingin memakan apa yang ingin mereka makan. Demi melihat makanan dan minuman enak, mereka akan merengek hingga menangis gulung-gulung demi mendapatkan apa yang diinginkan. Parahnya, karena sayang sama anak, orang tua jadi mengabaikan cara mencegah gigi berlubang dan menuruti keinginan sang anak. Sah-sah saja, toh demi kesenangan buah hati. Namun waspada dengan 6 makanan ini. Jangan sering-sering dituruti karena bisa sebabkan kerusakan.

Jus buah

Serius jus buah berbahaya untuk kesehatan gigi anak? Benar, jus sangat berbahaya untuk gigi anak jika diberi banyak gula. Makanan manis memang enak. Bukan hanya anak-anak, bakteri juga senang makan gula, lho! Terlalu banyak gula akan membuat bakteri bergerombol memakan gula yang menempel di gigi. Itulah yang membuat gigi anak jadi keropos. Selain itu, bakteri juga membuat gusi jadi iritasi. Boleh minum jus buah, namun usahakan tanpa gula karena buah sudah mengandung gula alami.

Makanan berat

Secara mengejutkan karbohidrat atau makanan berat juga berpotensi merusak gigi anak. Sayangnya, nasi, roti dan pasta yang hampir menjadi makanan pokok di Indonesia juga disinyalir menghambat cara mencegah gigi berlubang. Kenapa bisa begitu, ya? Well, ini karena karbohidrat sebagai makanan berserat akan mudah menempel di gigi dan sela-sela gigi. Kuman akan sangat bahagia menerima makanan yang bisa membuatnya cepat berkembang. Jadi, penuhi kebutuhan makanan putih secukupnya dan lebih baik perbanyak sayuran saja untuk membuat perut anak jadi kenyang.

Kismis

Kismis adalah makanan manis dan lengket. Sementara Anda tentu tahu bahwa makanan lengket sangat tidak baik untuk menjaga gigi anak tetap sehat. Selain menyebabkan plak pada gigi, makanan lengket dan manis sejenis kismis mudah mendatangkan bakteri dan mikroba dalam memporak-porandakan struktur gigi dan kekuatan gigi. Akibatnya, gigi jadi tak tahan serangan dan akhirnya keropos.

Gula-gula

Seperti makanan manis yang telah disebutkan di atas, cara mencegah gigi berlubang akan berjalan baik jika Anda mencegah anak-anak terlalu sering makan gula-gula. Gula-gula atau permen mengandung pemanis yang sangat tinggi. Tak heran jika anak kecil yang sangat soulmate dengan permen giginya jadi bugisan dan banyak yang ompong.

Cokelat

Karena gula-gula, kismis dan permen, cokelat juga dipenuhi dengan kandungan gula. Apalagi cokelat yang dijual bebas di pasaran. Cokelat juga memiliki kemungkinan menempel di gigi lebih lama kendati sudah dibersihkan dengan sikat gigi. Jadi, ajarkan anak untuk tidak selalu makan permen setiap hari, ya!

Soda

Cara mencegah gigi berlubang pada anak selanjutnya adalah dengan menghindarkan si Kecil dari minuman bersoda. Mengonsumsi soda dapat merusak enamel gigi. Soda memang dikaitkan dengan obesitas dan kesehatan gigi yang buruk. Namun zat yang terkandung dalam soda juga dapat merusak gigi dan membuat gigi berlubang.

Perlu dicatat, ini bukan masalah Anda harus melarang sepenuhnya buah hati untuk mengonsumsi makanan-makanan di atas. Hanya saja, Anda sebagai orang tua harus bijaksana dalam mengatur apa yang dia makan dan seberapa banyak yang boleh dimakan. Karena itu, biasakan juga untuk selalu menggosok gigi dan rajin berkumur dengan LISTERINE sebagai cara mencegah gigi berlubang pada anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *