Hindari Hal Ini Untuk Menjaga Perkembangan Janin dalam Kandungan

Perkembangan Janin dalam Kandungan
Johnson’s Baby Indonesia

Hamil merupakan suatu anugerah dari Tuhan kepada pasangan untuk menjadi orangtua. Dalam hal ini, sangat perlu menjaga perkembangan janin dalam kandungan, karena jika salah berbuat dapat menjadi fatal untuk perkembangan janin itu sendiri. Bagi calon ibu baru pasti belum berpengalaman terhadap larangan-larangan yang harus dihindari ketika hamil, maka dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai hal yang harus dihindari ketika hamil.

  1. Memakai Sepatu Hak Tinggi

Saat hamil, tubuh ibu akan mengalami perubahan bentuk dengan bagian perut membesar karena diisi dengan janin. Hal ini menjadikan tumpuan utama berat akan terfokus pada bagian punggung dan otot pinggang. Jika ibu senang memakai sepatu hak tinggi, sebaiknya stop dulu ketika hamil karena akan membuat otot menjadi tegang dan kaki membengkak. Jika tidak berhati-hati dapat saja janin keguguran karena jatuh saat berjalan dengan sepatu hak tinggi.

  1. Memakai Busana Ketat dan Tidak Nyaman

Boleh saja saat sedang hamil tetap tampil fashionable dan trendy namun, terdapat beberapa pakaian yang sebaiknya tidak digunakan pada saat hamil. Pakaian yang sebaiknya disimpan dulu saat hamil adalah model pakaian yang terlalu ketat dan tidak nyaman untuk bagian perut sehingga dapat membuat bagian perut merasa tertekan dan perkembangan janin dalam kandungan akan terganggu karena asupan oksigen tidak dapat dihirup secara sempurna. Terlebih lagi, janin akan kesulitan bergerak ketika masuk usia 5 bulan.

  1. Melakukan Perawatan Tubuh di Sauna

Sauna pasti nyaman dilakukan untuk membuat tubuh menjadi santai, terutama bagi ibu hamil yang merasakan begitu banyak perubahan kondisi tubuh. Namun, sauna boleh saja dilakukan asalkan suhu sauna tidak terlalu panas, lalu tidak dilakukan dengan sering, maksminal 1 kali dalam sebulan. Lalu hindari melakukan sauna ketika usia kandungan masih kurang dari 3 bulan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari resiko bayi merasa kepanasan dalam tubuh ibu, lalu keluarnya cairan yang berlebihan dan kurangnya air ketuban ibu.

  1. Kurangi Pikiran Tertekan dan Stres

Tahukah Anda bahwa bayi dalam kandungan dalam masa perkembangannya dapat begitu peka terhadap perasaan ibunya? Janin di dalam tubuh ibu memiliki ikatan perasaan yang sangat kuat sehingga ketika ibu hamil merasa tertekan, marah dan stres, janin dalam kandungan juga dapat merasakannya. Efek dari stres dan tertekan dapat membahayakan perkembangan janin dalam kandungan seperti keguguran jika usia kehamilan masih sangat muda. Maka, usahakan untuk tetap berpikir positif dan bahagia ya Bu!

  1. Memelihara Binatang Peliharaan

Ketika hamil, usahakan agar binatang peliharaan Anda tidak begitu banyak melakukan kontak fisik dengan Anda. Begitu pula dengan bulu atau kotoran dari binatang peliharaan. Hal ini terjadi karena kotoran yang berasal dari kucing, anjing atau binatang lain yang dipelihara dapat menimbulkan virus toksoplasma yang aka mengganggu pertumbuhan janin. Kemungkinan yang lebih parah adalah janin akan keguguran atau mengalami kecatatan jika terkena virus ini.

Kini Anda sudah tahu berbagai hal yang harus dihindari jika sedang hamil. Hal ini bukan saja untuk menjaga perkembangan janin dalam kandungan, namun untuk ibu sendiri karena janin yang dikandung merupakan harapan bagi ibu sendiri dalam menjadi orangtua. Jadi, jangan sampai mengambil resiko dan jagalah calon buah hati Anda dengan baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *