Ia Sehat dengan Cara Memandikan Bayi yang Benar Bun

cara memandikan bayi yang benar
Johnson’s Baby

Bunda tentu ingin kan bila ia selalu dalam kondisi yang sehat dengan tawa riang lucunya? Nah, hal tersebut akan Bunda lihat setiap hari apabila Bunda selalu menjaga kesehatannya, tentu Bunda juga harus memperhatikan setiap aktivitas kesehariannya ya Bun, mulai dari bermain, makan, pijat hingga mandi.

Sering memang si Kecil mengalami kelelahan akibat bermain yang terlalu lama, hal ini memang lumrah dialami oleh si Kecil. Tidak akan terjadi masalah apabila Bunda benar dalam penanganan selama ia dalam kondisi yang lelah, namun jika salah penanganan tentu justru dapat membuatnya sakit lho.

Nah, beberapa cara yang dapat Bunda lakukan untuk melepas kelelahannya adalah dengan mandi atau pijat bayi. Terutama pada saat mandi Bun, dimana kuman yang menempel di tubuhnya akan dibasmi sehingga membuatnya tetap sehat. Ternyata ada beberapa hal yang harus Bunda perhatikan lho ketika memandikan si Kecil, tentu agar hasilnya maksimal.

Apa saja? Informasi cara memandikan bayi yang benar berikut akan membantu Bunda dalam memandikan si Kecil, dan menjadi evaluasi Bunda apabila sebelumnya salah ya.

  1. Waktu Mandi yang Baik

Ternyata memandikan si Kecil atau menyentuhkan si Kecil dengan air itu ada waktu khusus lho Bun, karena sangat berpengaruh terhadap kesehatannya. Apalagi suhu udara setiap waktu itu berbeda, jadi harus Bunda pahami dengan baik ya. Dua kali adalah waktu terbaik untuk melakukannya, yaitu pada pagi dan sore hari, bukannya siang atau malam hari.

Kenapa pada pagi dan sore hari? Pada pagi hari, ia telah bangun dari tidur panjangnya, tentu rasa lelah akan menghampirinya serta keringat yang ia keluarkan akan disertai banyak kuman, tentu hal ini tidak baik bagi kesehatannya, jadi pastikan untuk memandikannya antara pukul 5 hingga 7 ya. Untuk sore hari (pukul 3-5), rasa lelah juga akan menghampirinya karena aktivitas yang ia lakukan pada pagi dan siang hari, kuman dan bakteri juga akan menempel di kulitnya Bun.

Kenapa tidak siang atau malam hari? Siang hari merupakan waktu efektif si Kecil untuk beraktivitas seperti bermain atau tidur Bun. Sedangkan, karena suhu udara yang dingin inilah yang menjadi alasan kenapa Bunda tidak boleh memandikannya pada malam hari.

  1. Cara Memandikan

Untuk bayi usia dibawah 4 bulan yang belum bisa duduk, cara memandikannya adalah dengan menidurkannya di kaki Bunda. Sedangkan untuk bayi yang sudah bisa duduk, Bunda dapat langsung mendudukkannya di dalam bak mandi si Kecil. Khusus untuk bayi yang sudah berdiri, Bunda juga boleh kok memandikannya dengan berdiri tanpa menggunakan bak mandi.

Basahi tubuh si Kecil terlebih dahulu kemudian beri sabun mandi, dan jangan terlalu banyak. Hindari bagian kelamin si Kecil, serta jangan sampai air masuk ke hidung dan mata si Kecil ya.

  1. Perlengkapan

Ada beberapa hal yang harus Bunda persiapkan, yaitu air mandi hangat, bak mandi serta kosmetik mandi. Untuk air, pastikan jangan terlalu dingin dan terlalu panas ya, periksa terlebih dahulu dengan mencelupkan tangan Bunda ya. Untuk kosmetik, persiapkan sabun mandi, shampoo, pasta gigi serta baby oil ya Bun. Pilihlah JOHSONSBABY untuk menemani mandi si Kecil ya Bun, berkualitas,, aman dan sudah dipercaya jutaan Ibu lho.

Nah, 3 tips diatas haruslah Bunda perhatikan ketika memandikan si Kecil agar hasilnya maksimal pada si Kecil. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Deskripsi:

Tahu nggak Bun, cara memandikan bayi yang benar akan memberi manfaat luar biasa pada si Kecil lho? Dan ada teknik khusus yang harus Bunda tahu, simak ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *