Ibu Bekerja Tidak Perlu Bingung untuk Menjaga Kehamilan Muda

menjaga kehamilan muda
https://www.facebook.com/ibudanbalita

Menjaga kehamilan muda sangatlah penting. Saking pentingnya, banyak orang hamil yang bekerja, segera melakukan cuti atau berhenti dari pekerjaannya agar menumpahkan segala perhatiannya pada sang buah hati dalam janin.

Namun, sikap demikian tidaklah bijak. Hamil bukan merupakan suatu yang menjadi penghalang anda untuk beraktivitas. Menjaga kehamilan harus barengi dengan pengetahuan. Sehingga, percuma saja apabila anda berhenti bekerja saat hamil, tetapi di lain sisi anda tetap mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Mungkin anda adalah salah satu para moms yang saat ini bekerja tetapi dibayang – bayangi oleh kewajiban untuk menjaga kehamilan muda anda. Tenang moms, anda tidak perlu bingung. Berbekal pengetahuan, anda akan tetap beraktivitas layaknya wanita tidak hamil tetapi kandungan janin yang anda kandung dapat terjaga.

Lalu, bagaimana cara menjaga kehamilan muda untuk para moms yang saat ini aktif sebagai wanita karir? Berikut cara yang patut anda ikuti!

  1. Mengenali Morning Sickness

Hal yang pasti terjadi ketika seorang ibu hamil adalah mual hingga muntah di pagi hari. Gejala tersebut biasa dikenal sebagai morning sickness. Nah, sebagai wanita karir, anda harus meminimalisir timbulnya morning sickness. Hal ini sebabkan karena akan memengaruhi mood anda selama seharian tersebut. Solusinya adalah selalu berusaha untuk bangun lebih pagi dan mempersiapkan segalanya lebih awal sehingga tidak terburu – buru dan terlambat ke kantor. Biasakan membawa permen saat pagi hari pergi ke kantor. Sehingga mual dan muntah tidak diberi ruang untuk terjadi.

  1. Gaya Berpakaian

Moms, anda harus mengakui, bahwa kebiasaan menggunakan pakaian yang pas dibadan tidak bisa anda hindari. Tetapi, perhatikan ketika anda sedang hamil. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena anda memiliki bayi dalam kandungan. Berpakaianlah secara longgar untuk memberi jeda pada kandungan untuk bernapas dan berkembang.

  1. Posisi Duduk

Bekerja membuat kita duduk lebih lama dari biasanya. Terlalu lama duduk bisa membuat syaraf pada tulang belakang, pundak dan bokong menjadi tertekan dan menopang tubuh dalam waktu yang lama. Atur posisi duduk anda senyaman mungkin sehingga tekanan yang diberikan pada perut tidak terlalu besar. Berdiri dan lakukan gerakan ringan setiap 1 jam duduk. Gerakan ringan membantu menghindari sendi dan otot kaku karena terlalu lama duduk.

  1. Makanan Sehat dan Teratur

Hal yang tidak bisa anda lewatkan dalam menjaga kehamilan muda adalah konsumsi makanan sehat secara teratur. Hal ini disebabkan, karena janin yang anda kandung memerlukan nutrisi yang cukup. Selain itu, anda akan lebih lelah dan memerlukan energi yang lebih banyak dari sebelum hamil. Konsumsi sayur, buah, daging, protein, dan karbohidrat dalam porsi yang cukup. Selama dikantor, sediakan makanan ringan seperti biskuit dan susu ibu hamil sehingga anda bisa kenyang lebih lama dan tidak membiarkan perut kosong selama beraktivitas.

  1. Konsumsi Air Putih

Moms! Ini sangatlah penting. Janganlah lupa untuk mengonsumsi air putih. Banyak diantara para ibu hamil muda lalai untuk memenuhi kebutuhan air putih harian. 8 – 10 gelas sehari adalah angka yang cukup untuk menyeimbangkan kebutuhan cairan dan membantu sirkulasi nutrisi dari asupan yang anda konsumsi. Kekurangan air putih dapat menyebabkan tubuh anda lemas karena nutrisi yang diserap tidak secara maksimal diedarkan dalam tubuh anda. Tubuh yang lemas akan memengaruhi janin pada kehamilan yang masih muda. Dalam kasus parah, keguguran dapat saja terjadi.

  1. Manajemen Stress dan Emosi

Ayo, para moms pasti merasa terkadang pekerjaan yang diberikan membuat anda mudah stress. Himpitan deadline yang diberikan atasan membuat anda pusing dan stress pun tak bisa terhindarkan. Selain itu, selama hamil kondisi naik turunnya emosi juga dapat memengaruhi kesehatan janin ada. Hal yang menjadi penyebab utamanya adalah perubahan hormon selama kehamilan. Kondisi janin bisa sangat membahayakan apabila stress dan emosi tidak bisa anda kendalikan. Bahaya keguguran mengintai anda.

  1. Gunakan Waktu Istirahat dengan Maksimal

Ya, anda bekerja tidak selama 24 jam / 7 hari. Hari sabtu dan minggu merupakan waktu yang sangat baik untuk anda gunakan semaksimal mungkin. Jangan penuhi hari libur anda dengan aktivitas padat yang kurang baik seperti shopping, arisan dan lain – lain. Anda dapat mencoba mengistirahatkan pikiran dan tubuh anda lewat olahraga ringan dan bersantai di rumah. Istirahat yang maksimal merupakan cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stress setelah 5 hari bekerja secara penuh.

Sekian tips yang bisa anda praktekan dirumah dalam menjaga kehamilan muda. Selamat mencoba!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *