Ibu Cerdas Harus Melakukan Hal ini Demi Perkembangan Janin

tumbuh kembang janin
Ibu dan Balita

Saat sedang mengandung, ibu sebenarnya belajar banyak hal, mulai belajar untuk memperhatikan nutrisi, memilih makanan yang sehat, dan menerapkan cara hidup yang sehat. Jika selama ini ibu rasanya acuh dengan urusan kesehatan, sisi positif saat ibu hamil adalah ibu semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.

Memang titik fokusnya adalah bagaimana menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. Namun, bukan itu saja yang perlu ibu perhatikan. Ibu juga harus memperhatikan keseluruhan dari proses menjaga kesehatan karena satu sama lain saling mempengaruhi. Jika ibu sehat, maka janin pun sehat. Begitu juga sebaliknya.

Ternyata ada hal lain yang harus ibu lakukan. Ada sesuatu yang mungkin tidak secara langsung terkait dengan kesehatan janin, namun sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin.

Membaca Buku untuk Kebaikan Janin

Siapa sangka jika membaca merupakan kegiatan yang sangat baik untuk perkembangan bayi di dalam kandungan. Jika ibu memang suka sekali aktivitas membaca, maka ibu harus bersyukur. Sayangnya banyak ibu yang pada dasarnya tidak begitu suka membaca. Untuk mereka yang tidak suka membaca, sebaiknya paksa diri sendiri sedikit demi sedikit agar mau membaca karena pengaruh baik dari kegiatan ini untuk perkembangan bayi di dalam rahim.

Yang dimaksud dengan membaca ini adalah membaca dengan mengeluarkan suara, bukan membaca dalam hati. Karena yang paling penting dari kegiatan positif ini adalah suara yang keluar dari mulut ibu. Menurut penelitian, suara yang ibu keluarkan tersebut bisa didengar oleh bayi di dalam kandungan. Ini bagian dari proses komunikasi antara ibu dan janin.

Mungkin ibu bertanya-tanya apakah janin di dalam kandungan sudah bisa mendengar suara dari luar? Pada saat tumbuh kembangnya sudah mencapai usia tertentu, janin sudah bisa mendengar suara dari luar. Itulah mengapa memperdengarkan lagu menjadi salah satu tips yang sangat disarankan agar perkembangan otak janin lebih optimal.

Kali ini ibu yang cerdas harus mau meluangkan membaca buku. Lebih tepatnya ibu membacakan buku untuk sangat buah hati yang masih ada di dalam kandungan. Jika music yang diperdengarkan, membacakan buku menjadi cara berkomunikasi ibu dengan janin.

Buku yang Bagus untuk Dibaca

Sebenarnya tidak ada kriteria tertentu buku seperti apa yang bagus untuk dibaca. Yang pasti, buku ibu sebaiknya baca dengan suara yang lembut. Suara ibu itulah yang akan membuat janin di dalam kandungan tenang. Hal ini sama dengan memperdengarkan lagu dengan beat yang rendah.

Akan lebih baik jika ibu membacakan buku di malam hari. Karena saat janin mendegarkan suara lembut di malam hari, ia akan tenang dan bersiap untuk tidur. Bisa dikatakan membacakan buku menjadi cara untuk menina-bobokkan janin.

Akan tetapi, yang paling penting dari kegiatan ini adalah bawasannya ibu bisa menjalin komunikasi dengan janin. Jadi, ada keterikatan batin antara ibu dan bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Selain itu, ketika janin tenang saat ibu membacakan buku, maka janin pun akan berkembang dengan baik. Indra pendengarannya akan bekerja dan secara tidak langsung hal ini berpengaruh juga terhadap perkembangan otak janin.

Menarik, bukan? Ini merupakan tips ringan yang bisa ibu terapkan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin serta memaksimalkan perkembangan bayi di dalam kandungan. Tips ini sangat tepat dan mudah sekali untuk ibu terapkan setiap hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *