Ibu, Jangan Lupa Lakukan 3 Persiapan Ini Sebelum Melahirkan

persiapan untuk melahirkan
Johnson’s Baby

Jika perlu dibuat menjadi checklist atau catatan yang lengkap, daftar persiapan untuk melahirkan pasti tidak ada habisnya. Sebab, persiapan memang tidak bisa jika dilakukan hanya beberapa minggu atau dalam hitungan beberapa hari sebelum hari persalinan.

Walaupun penting, pastinya persiapan tidak bisa hanya dilakukan untuk perlengkapan dan kebutuhan untuk di hari persalinan di rumah sakit saja. Ada banyak persiapan yang perlu Ibu lakukan bahkan sejak kehamilan masih berada di tahap awal. Makanya, agar proses melahirkan lancar dan kondisi kesehatan Ibu dan bayi pun terjaga, semua persiapan perlu direncanakan dari awal.

Jadi apa saja sih yang perlu disiapkan oleh Ibu hamil?

  1. Lengkapi informasi seputar melahirkan

Jangan sampai di hari kelahiran Ibu menjadi panik dan tidak tahu apa yang perlu dilakukan. Sejak awal menjalani kehamilan, Ibu pastinya punya banyak waktu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai menjaga kehamilan, menjaga kesehatan janin, hingga informasi seputar melakukan persalinan.

Ada banyak cara Ibu bisa mencari informasi, tidak hanya sekedar dari membaca buku atau artikel. Misalnya, Ibu bisa mendaftarkan diri untuk menigkuti kelas-kelas yang mengajarkan cara menjalani persalinan. Ketika mengikuti kelas-kelas seperti ini, Ibu pun tidak perlu datang sendiri, kebanyakan kelas-kelas seperti ini akan meminta Ibu untuk datang dengan suami, agar suami pun tahu apa yang perlu dilakukan ketika mendekati persalinan.

Selain itu, informasi juga bisa ibu dapatkan dari forum online atau komunitas perkumpulan ibu-ibu hamil. Terutama bagi Ibu baru, berbagi dan mendapatkan informasi kehamilan dan melahirkan dari Ibu-ibu lain pasti akan sangat berguna.

Ada banyak sarana tempat Ibu bisa mendapatkan informasi mengenai persiapan melahirkan, jadi jangan takut untuk membuka pikiran untuk informasi ini ya, Bu.

  1. Tentukan dokter kandungan atau bidan yang tepat

Sebaiknya Ibu memang melakukan konsultasi kehamilan dan melakukan persalinan dengan dokter atau bidan yang sama. Dengan dokter atau bidan yang sama, tentunya mereka akan lebih paham ketika menangani bayi ketika Ibu melahirkan.

Ibu bisa mencar informasi mengenai dokter kandungan atau bidan yang terbaik dan yang paling cocok dengan Ibu sendiri, atau Ibu juga bisa menanyakan saran atau rekomendasi dari Ibu-ibu lain atau keluarga yang sudah pernah melakukan konsultasi dan melahirkan.

Melakukan persiapan ini sejak tahap awal kehamilan itu penting, sebab tidak semua dokter kandungan bisa menerima pasien baru dalam waktu yang singkat. Selain itu, hubungan yang baik antara calon orang tua dengan dokter kandungan pun penting, agar lebih nyaman dalam berbagi informasi dan melakukan persalinan. Tentunya, hubungan ini tidak bisa dibangun dalam waktu yang singkat, kan?

  1. Rencanakan bersama dengan suami dan keluarga

Ketika bayi lahir, tentunya Ibu tidak akan menanggung semua tanggung jawab merawat bayi sendiri. Ibu juga pastinya tidak akan melimpahkan seluruh tanggung jawab pada suami atau keluarga atau orang tua. Oleh karena itu, Ibu perlu membicarakan dengan keluarga dan suami tentang bagaimana nantinya akan membagi tanggung jawab dalam melakukan perawatan bayi agar Ibu dan suami tidak kewalahan.

Penting juga agar Ibu merencanakan dimana bayi akan tidur, bagaimana Ibu akan menyimpan barang-barang bayi, dan sebagainya. Jangan sampai Ibu lupa untuk memikirkan hal ini ketika sudah sampai di rumah sepulang melahirkan dari rumah sakit.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *