Ibu, Seperti Inilah Cara Memandikan Bayi yang Benar

Cara Memandikan Bayi dengan Benar
Johnson’s Baby Indonesia

Cara memandikan bayi yang benar merupakan pertanyaan yang seringkali dipertanyakan oleh para ibu yang baru memiliki buah hati. Cara memandikan bayi yang baru lahir mungkin banyak yang telah mengetahuinya, namun seperti apakah memandikan bayi yang baru lahir dengan benar?

Meskipun memandikan bayi secara rutin merupakan hal yang menyenangkan bagi seorang ibu, namun perlu diketahui bahwa tubuh bayi masih lemah dan sensitif. Perlu kehati-hatian dan perhatian lebih dalam memandikan seorang bayi. Persiapan dalam memandikan bayi juga harus diperhatikan, setelah mempersiapkan bak mandi untuk bayi, air hangat diisi ke dalam bak. Hendaklah dalam memandikan bayi yang baru lahir di dalam air hangat dengan suhu ideal 36 – 37 derajat celcius. Dalam memeriksa suhu, dapat menggunakan siku. Jika tidak terlalu dingin atau terlalu panas, maka bayi sudah dapat dimandikan. Alat mandi bayi pun di khususkan, tidak boleh seorang bayi menggunakan peralatan mandi yang diperuntukkan untuk anak-anak apalagi dewasa. Karena kandungan bahan dalam alat mandi tersebut bisa berbahaya untuk kulit bayi yang masih sensitif.

Setelah semua perlengkapan disiapkan, berikut akan dijelaskan cara memandikan bayi yang benar dalam beberapa tahap.

Pertama, bukalah baju bayi Anda dan bungkus dengan handuk di pangkuan Anda. Usap matanya dengan kapas yang dibasahi dengan air matang dingin, bersihkan sekitar wajah dan mulut bayi.

Kedua, bersihkan mata dari luar ke dalam dengan kapas yang sudah dibasahi. Harap melakukannya dengan lembut dan pelan dalam membersihkan kotoran di sekitar mata bayi.

Ketiga, Setelah membersihkan daerah luar, seperti wajah dan mata, mulailah memasukkan bayi ke dalam bak mandi. Masukkan secara perlahan dengan menopang badannya dengan menggunakan satu tangan diletakkan dibawah pundak dan tangan lainnya di pantat bayi.

Keempat, topang leher dan pundak bayi, basuhlah dengan pelan kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung dan tungkai bayi. Perhatikan juga daerah lipatan seperti leher, ketiak, daerah selangkangan dan paha. Basuhlah seraya membersihkannya dengan hati-hati.

Kelima, setelah semua bagian selesai dibasuh, mulailah mengusap sabun ke bayi Anda. Sabun yang digunakan hendaklah sabun dengan PH seimbang agar tidak perih di mata bayi. Sabunilah kepala dan badan bayi dengan wash lap. Lakukan dengan hati-hati, usahakan agar sabun tidak terkena mata bayi.

Keenam, keramasi rambut bayi dengan posisi memegang kepalanya di atas bak mandi. Untuk shampoo bayi, gunakan juga shampoo dengan PH yang seimbang agar tidak perih di mata bayi saat dibilas. Usapkan secara halus rambut bayi dengan shampoo dan bilas dengan lembut.

Ketujuh, setelah keramas, keringkan dan bungkus dengan handuk. Tepuk-tepuk bayi dengan pelan agar kering tubuhnya. Biarkan bayi terbungkus dengan handuk saat memakaikan popok dan baju. Sebelumnya, gunakanlah baby cream dan baby oil untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Setelah bayi memakai baju yang rapi, maka sempurna lah proses memandikan bayi yang benar.

Ternyata dalam tata cara memandikan bayi yang baru lahir memerlukan proses yang cukup lama dibanding yang biasanya. Hal ini dilakukan dalam menjaga kebersihan bayi dan mendapatkan hasil yang optimal dalam menjaga kebersihan bayi. Tubuh bayi yang cenderung masih lemah juga merupakan pertimbangan yang harus dilakukan oleh seorang ibu dalam memandikan bayinya. Bukan masalah jika Anda seorang ibu yang baru, karena yang terpenting adalah bagaimana merawat bayi Anda dengan mengaplikasikan cara memandikan bayi yang benar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *