Ibu Sibuk Bekerja Di Kantor? Terapkan Tips Mendidik Anak Yang Tepat

tips mendidik anak
Friso Indonesia

Tugas orang tua sekarang ini seolah-olah semakin berat. Tidak sedikit orang tua yang untuk memenuhi kebutuhan hidup harus bekerja. Tidak hanya suami, istri pun harus bekerja.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana ibu bisa berperan sebagai orang tua yang mengasuh dan memperhatikan perkembangan anak dan juga sebagai seorang pekerja. Terdengar mustahil untuk menjalankan dua peran tersebut.

Namun, hal ini bisa disiasati. Yang penting ibu harus tahu bagaimana tips mendidik anak yang tepat dengan kondisi atau keadaan seperti itu.

Mungkin hal berikut ini bisa ibu jadikan inspirasi sehingga ibu bisa dengan tenang bekerja tanpa mengkhawatirkan tumbuh kembang anak.

Memasukkan ke Full Day School

Karena ibu harus sehari penuh berada di kantor, tidak ada salahnya jika ibu memasukkan anak ke full day school. Ini lebih baik daripada memasukkan ke sekolah regular yang masa belajarnya hanya hingga siang hari. Lalu, bagaimana di sore hari?

Sementara ibu masih ada di kantor, akan lebih baik jika ibu memasukkan anak ke full day school. Anak akan mendapatkan pelajaran tambahan di sekolah. Jadi ibu tidak perlu khawatir anak akan kemana jika sekolah selesai.

Mungkin ada alternatif lain, yaitu memasukkan ke sekolah regular dan di sore hari anak masuk ke lembaga kursus. Hanya saja banyak anak yang nakal yang justru kelayapan dan tidak ikut les.

Jadi, solusi terbaik tetap saja memasukkan ke full day school.

Having Family Time

Sekalipun ibu sibuk bekerja, coba ibu cari apakah masih ada waktu untuk berkumpul dengan keluarga? Seperti contoh di petang dan malam hari sehabis pulang kerja misalnya.

Having family time merupakan cara yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan anak. Memberikan pendidikan yang terbaik saja tidak cukup. Ibu juga harus memiliki ikatan emosional dengan anak. Dengan cara apa? Dengan cara memberikan waktu khusus untuk keluarga.

Ibu bisa memulai pembiacaraan di malam hari bersama anak ibu sembari belajar atau menonton TV. Akan lebih baik lagi jika ibu juga terlibat dalam proses belajar anak di rumah. Ibu bisa membantunya belajar sekaligus berkomunikasi dengan si kecil.

Jangan sampai ibu menghabiskan waktu yang seharusnya untuk keluarga justru ibu gunakan untuk bekerja. Lupakan lembur di rumah jika ibu memang ingin melihat anak tumbuh baik. Kerja di pagi hingga sore hari. Sementara di malam hari, it is family time.

Berlibur Waktu Weekend

Tidak hanya ibu saja yang jenuh. Anak ibu pun ingin refreshing. Maka weekend adalah waktu yang tepat untuk melepas kejenuhan tersebut.

Tidak perlu liburan ke luar kota. Ibu hanya perlu mengajak anak untuk jalan-jalan di sekitar. Bisa saja ibu pilih tempat makan yang asyik untuk berkumpul dan bercanda bersama keluarga.

Atau ibu bisa mengajak keluarga untuk olahraga seperti jogging dan bersepeda. Banyak cara untuk melepas jenuh. Dan pastinya ibu memiliki waktu untuk bersama anak sehingga bisa bercengkerama bersamanya.

Menjalani kehidupan sebagai orang tua dan pekerja tidaklah sulit jika ibu tahu bagaimana caranya. Tidak ada alasan ibu tidak bisa meneruskan karir hanya takut tumbuh kembang anak kurang baik. Menghadapi situasi tertentu dibutuhkan cara yang tepat. Dan cara mendidik anak tersebut di atas bisa ibu coba praktekkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *