Ibu Yakin Kebutuhan Kalsium Anak Sudah Tercukupi?

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Perkembangan balita sangat dipengaruhi oleh terpenuhi atau tidaknya kalsium. Apalagi jika ibu ingin sekali melihat si kecil tumbuh tinggi dan sehat. Tentu saja kalsium harus tercukupi.

Apakah ibu sudah yakin memenuhi kebutuhan kalsium harian si kecil?

Pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Tapi ibu harus jawab.

Setidaknya ada tiga sumber kalsium yang bisa dengan mudah ibu berikan untuk si kecil.

Sumber Kalsium Terbaik untuk Balita

Setidaknya berikut ini sumber kalsium yang mudah untuk didapatkan serta bagus untuk balita.

  1. Susu Balita

Paling mudah mendaptkan kalsium ya dari susu balita. Sekarang Anda memiliki banyak pilihan susu balita yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil, terutama kalsium.

Namun, ibu bisa pertimbangkan untuk memberikan susu Frisian Flag. Sekarang ibu bisa membeli secara online di www.ibudanbalita.com. Apalagi ada program pengumpulan serta penukaran poin. Jadi, setiap susu yang ibu beli, ibu bisa mendapatkan poin. Untuk poin dengan jumlah tertentu, ibu bisa tukarkan dengan hadiah.

Tapi, bukan itu intinya. Susu ini kaya akan kandungan kalsium yang dibutuhkan oleh si kecil. Itu yang paling penting.

  1. Minyak Zaitun

Jika selama ini ibu memasak menu makanan si kecil menggunakan minyak goreng, sebaiknya ibu ganti dengan minyak zaitan. Dengan menggunakan minyak zaitun, itu berarti ibu sudah memberikan menu makanan yang kaya akan kandungan kalsiumnya.

Apa itu minyak zaitun? Seperti yang sudah dijelaskan di situs Ibu dan Balita minyak zaitun merupakan minyak yang kandungan osteocalcin. Ini merupakan protein yang keluar dari sel yang membentuk tulang. Ibu bisa mendaptkan kesimpulan semakin banyak mengkonsumsi minyak zaitun, berarti tulang si kecil akan semakin sehat, bukan?

  1. Sarden

Ibu tinggal di daerah pesisir pantai? Beruntung sekali karena ibu bisa mendapatkan jenis ikan yang masih segar. Untuk balita, sebaiknya ibu memberikan menu makanan berupa ikan sarden lantaran kandungan proteinnya sangat tinggi.

Bagi ibu yang tinggal di daerah yang jauh dari pesisir, sebaiknya ibu berhati-hati jika memilih ikan sarden. Pastikan bukan ikan sarder yang sudah diawetkan menggunakan bahan berbahaya yang ibu pilih.

Kenapa harus ikan sarden? Menurut penelitian, ikan sarden memenuhi hingag 15% kebutuhan kalsium harian si kecil. Bukankah itu jumlah yang fantastis?

Jika ibu juga menggorengnya dengan menggunakan minyak zaitun serta ibu memberikan susu balita terbaik, sudah bisa dipastikan kebutuhan kalsium si kecil terpenuhi. Dan bukan mustahil balita ibu akan tumbuh menjadi anak yang tinggi dengan tulang yang sehat.

Hati-Hati Kelebihan Kalsium

Kekurangan kalsium tidak baik. Begitu juga kelebihan kalsium. Berikut ini yang bisa terjadi jika balita kelebihan kalsium.

  • Mudah Lelah
  • Muntah
  • Mengalami gangguan pencernaan, umumnya sulit buang air besar
  • Cepat merasa haus

Tentu saja ibu tidak bisa dengan mudahnya mengetahui si kecil kelebihan kalsium. Namun, jika tanda-tanda tersebut muncul, ada kemungkinan si kecil kelebihan kalsium.

Ibu perlu berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Jika ibu belum memiliki waktu, ibu bisa konsultasi dengan pakar kesehatan balita secara online terlebih dahulu. Di situs Ibu dan Balita, ibu bisa konsultasi online dengan dokter anak. Dengan cara tersebut, ibu bisa mendapatkan jawaban yang lebih pasti mengenai apa yang terjadi pada si kecil. Apakah ia benar-benar mengalami kelebihan kalsium atau tidak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *