Ide Menu Makanan Ibu Hamil yang Sehat Untuk Sarapan

Makanan ibu hamil
Ibu dan balita 

Ide ini sangat penting mengingat banyak ibu hamil yang menyepelekan sarapan. Sebenarnya tidak hanya seorang ibu hamil saja. Banyak orang sekarang ini yang tidak sarapan. Alasannya bermacam-macam. Ada yang dikarenakan belum lapar, belum ingin makan, tidak punya cukup waktu untuk sarapan, dan alasan lain sebagainya.

Dan mungkin ibu juga memiliki alasan sendiri kenapa jarang sarapan.

Jika yang menjadi masalah adalah waktu, ibu bisa mencari ide menu makanan ibu hamil yang mudah dibuat untuk sarapan. Jadi, tidak alasan ibu tidak memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan.

Yang pasti, sarapan itu penting. Sebenarnya ini penting tidak hanya untuk ibu hamil saja. Hanya saja, untuk ibu hamil, sarapan itu teramat penting. Karena sarapan akan membuat tubuh bugar dan janin mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangannya.

Berikut ini beberapa menu sarapan yang mudah dibuat dan bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Urab

Ini adalah salah satu makanan khas orang Jawa, khususnya Jawa Tengah. Jika ibu tidak tahu, mungkin saja namanya saja yang berbeda tapi sebenarnya makanannya sama.

Urab merupakan sayuran yang sudah direbus yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa muda dan garam. Sayurannya bisa berupa bayam, kangkung, kacang panjang, taoge, kubis, dan lain sebagainya. Sayuran yang digunakan bisa disesuaikan dengan yang ibu inginkan.

Bisa dipastikan tidak ada zat berbahaya di dalam makanan tersebut. Karena bahan-bahannya hanya sayuran, parutan kelapa, dan garam.

Dan cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup rebus sayuran, siapkan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan sedikit garam lalu aduk hingga rata. Mudah, bukan?

Oatmeal

Jika ibu memang benar-benar tidak memiliki waktu untuk membuat sarapan sendiri dan tidak mau membeli sarapan di luar karena tidak yakin makanan tersebut sehat dan higienis, oatmeal menjadi menu sarapan yang bisa dijadikan alternatif.

Oatmeal mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan terutama energi. Kandungan karbohidratnya cukup tinggi sehingga ibu bisa memiliki tenaga untuk beraktivitas di pagi hari.

Bubur Kacang Hijau

Apakah ibu merasakan jika mengkonsumsi bubur kacang hijau membuat ibu tidak cepat lapar? Hal tersebut disebabkan kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Ini merupakan karbohidrat yang baik.

Ada karbohidrat yang jahat lho, yaitu karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh sehingga ibu akan lebih mudah merasa lapar serta mengandung gula yang tinggi.

Lain hal dengan bubur kacang hijau. Karena tergolong jenis makanan yang mengandung karbohidrat komplek, ibu akan kenyang dalam kurun waktu yang lebih lama. Dan lebih dari itu, kandungan gulanya pun rendah sehingga ibu tidak perlu khawatir ibu atau bayi di dalam kandungan mengalami obesitas.

Ibu bisa buat sendiri bubur kacang hijau di rumah. Cukup dengan merebus kacang hijau dan campur dengan gula merah. Jika ibu suka, ibu bisa tambahkan santan agar lebih lezat. Hidangkan bubur kacang hijau dengan menambahkan susu kental manis. Pasti menjadi menu sarapan yang lezat.

Jadi, sebenarnya tidak ada alasan lagi ibu tidak memiliki waktu untuk membuat sarapan sehat setiap hari. Yang pasti, sarapan itu sangat diperlukan apalagi bagi ibu yang sedang mengandung.

Ibu juga bisa mendapatkan lebih banyak lagi ide menu sarapan sehat di www.ibudanbalita.com. Di sana ibu juga bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan ibu hamil secara online barangkali ibu memiliki keluhan kesehatan selama masa kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *