Ide Permainan Sederhana untuk Menunjang Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

perkembangan anak usia 3 tahun
Ibu dan Balita

Sudah merasakan berat menjadi seorang orang tua? Kebanyakan ibu akan merasa hal tersebut jika si kecil sudah semakin dewasa. Setidaknya ketika si kecil sudah berusia 3 tahun, ada-ada saja tingkah polahnya. Tidak jarang membuat ibu jengkel, capek, tapi sekaligus bahagia.

Untuk memaksimalkan perkembangan anak usia 3 tahun, ibu harus tahu apa saja yang dibutuhkan oleh si kecil. Tidak semua permainan itu bagus untuk tumbuh kembang balita usia 3 tahun.

Banyak pakar perkembangan balita yang menyerankan agar anak usia 3 tahun sebaiknya diberikan permainan yang bisa mengasah kemampuan motorik halus. Permainan tersebut juga akan membuat si kecil tidak usil. Ia akan duduk diam dan menikmati permainan tersebut sehingga ibu bisa tenang. Sambil mengawasi si kecil, ibu bisa mengerjakan pekerjaan rumah.

Permainan untuk Mengembangkan Gerakan Motorik Halus

Ibu harus tahu permainan itu berbeda sesuai dengan usia balita. Untuk balita usia 3 tahun, ada beberapa permainan yang tepat untuk dimainkan khususnya untuk menunjang tumbuh kembang anak usia 3 tahun.

Salah satu permainan yang disarankan adalah permainan menempel gambar. Sudah saatnya ibu ajarkan agar anak kreatif. Siapkan beberapa gambar yang sudah ibu ambil dari majalah atau ibu print out sendiri. Mintalah si kecil untuk menempelkan gambar-gambar tersebut ke media berupa kertas karton.

Ibu bisa mempertimbangkan untuk memilihkan gambar yang paling ia suka seperti superhero favorite, buah favorite, atau apa saja yang si kecil sukai. Hasilnya nanti bisa ibu tempelkan pada dinding kamar si kecil.

Permainan sederhana yang akan memaksimalkan perkembangan balita usia 3 tahun lainnya adalah menyusun puzzle. Tidak mudah bagi si kecil untuk menyusun puzzle bergambar dengan benar. Mungkin ibu perlu mendampingi si kecil untuk pertama kali. Ajarkan dengan benar. Setelah beberapa kali berhasil dengan bantuan ibu, ibu bisa biarkan sendiri si kecil untuk menyusunnya kembali.

Permainan menyusus puzzle ini tidak hanya bagus untuk perkembangan motorik halus anak usia 3 tahun, tatapi juga melatih kemampuan kognitifnya. Dengan bermain permainan seperti ini, otak si kecil akan bekerja mengingat-ingat posisi setiap puzzle yang ia susun.

Menggambar juga permainan yang cocok untuk dimainkan anak usia 3 tahun. Jangan khawatir anak tidak bakat menggambar. Karena bukan itu tujuannya. Tujuan utamanya adalah agar anak bisa mengasah sisi kreatifitasnya sekaligus memaksimalkan kemampuan gerakan motorik halus.

Jadi, banyak sekali permainan sederhana yang bisa ibu berikan untuk kebaikan tumbuh kembang anak usia 3 tahun.

Sisi Baik dan Buruk Permainan Gadget

Sekarang ini banyak anak kecil yang sudah mahir bermain gadget. Memang ada banyak permainan yang bisa dipilih mulai permainan untuk fun atau juga permainan yang mengandalkan kemampuan kognitif atau kecerdasannya.

Sayangnya, sisi buruk lebih banyak daripada sisi baiknya. Lihat saja anak yang kecanduan bermain game gadget mengalami masalah dengan sosialisasi dengan orang lain. Mereka lebih suka menyendiri dan bermain game daripada bermain sambil bersosialisasi dengan yang lainnya.

Tentu hal ini akan berakibat buruk jika didiamkan saja. Oleh sebab itu, ibu perlu kurangi waktu si kecil bermain gadget dan tambah waktu untuk memainkan permainan yang bisa mengasah sisi kognitif dan juga gerakan motorik halusnya. Permainan seperti ini jelas lebih baik untuk perkembangan balita usia 3 tahun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *