Ikuti Jadwal Makan Bayi 6 Bulan Yang Benar

Jadwal Makan Bayi 6 Bulan
www.ibudanbalita.com

Ibu mungkin sudah membuat daftar menu MPASI atau makanan pendamping ASI yang siap untuk ibu berikan kepada si kecil. Namun, apakah ibu sudah menentukan jadwal makan bayi 6 bulan?

Ini yang tidak banyak ibu perhatikan. Ibu hanya sibuk mencari menu MPASI apa yang bagus untuk bayi. Tapi, ibu belum tahu kapan sebaiknya memberikan MPASI tersebut.

Cukup 2 Kali MPASI Setiap Hari

Ingat ya bu. Menu MPASI itu diberikan agar anak belajar mencerna makanan yang sedikit lebih kasar. Jadi, harus dibedakan dengan orang dewasa. Selain menunya yang beda, jadwal makan 6 bulan.

Tidak perlu memberikan MPASI tiga kali. Cukup dua kali saja. Yang pertama, ibu bisa berikan menu MPASI di pagi hari sebagai menu sarapan bayi.  Ibu bisa berikan sekitar jam 8 atau jam 9 pagi. Ini waktu yang tepat karena pada saat itu anak sudah merasa lapar.

Dan yang kedua, menu MPASI bayi usia 6 bulan bisa diberikan pada sore hari, yaitu sekitar jam 3. Dua kali pemberian MPASI sudah sangat cukup.

Selain itu, ibu bisa leluasa memberikan ASI. Ini merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan kepada si kecil asupan gizi selain dari ASI. Jadi, tahapannya harus sedikit demi sedikit.

MPASI Setelah Atau Sebelum Memberikan ASI?

Ada pertanyaan yang diajukan oleh para ibu mengenai waktu pemberian ASI. Apakah ASI sebaiknya diberikan sebelum atau sesudah pemberian MPASI?

Sebenarnya, tidak ada yang pasti, Ini tergantung dengan keadaan. Namun, agar anak lebih lahap makan menu MPASI yang ibu sudah siapkan, sebaiknya ASI diberikan setelah si kecil mengkonsumsi MPASI. Dikhawatirkan bayi ibu sudah kenyang sebelum mengkonsumsi MPASI lantaran ibu sudah memberikan ASI.

Beberapa ibu mengalami masalah, yaitu produksi ASI yang cenderung turun ketika sang buah hati sudah berusia 6 bulan. Ini dialami oleh banyak ibu. Inilah mengapa penting sekali memilihkan menu MPASI yang baik. Berikan menu MPASI yang mengandung semua nutrisi harian yang dibutuhkan oleh sanga buah hati.

Ada baiknya juga jika ibu menyiapkan cemilan bayi. Apalagi jika gigi si kecil mulai tumbuh, maka ibu perlu memberikan cemilan yang bisa membuat gigi terangsang tumbuh lebih cepat. Cemilan seperti itu sering disebut dengan finger food atau makanan. Namun, ibu harus sesuaikan cemilan tersebut dengan usia si kecil.

Sangat disarankan cemilan tersebut berbahan dasar berupa sayuran. Untuk lebih jelasnya tentang finger food ini, ibu bisa kunjungi situs ibu dan balita.

Apakah bayi 6 bulan sudah harus mendapatkan suplemen tambahan seperti susu? Sebaiknya ibu tunggu dulu hingga usianya menginjak 1 tahun. Jika ia sudah balita ibu bisa berikan suplemen pertumbuhan berupa susu Frisian Flag.

Tumbuh kembang anak merupakan tanggungjawab ibu. Itulah mengapa ibu harus membuka diri dengan informasi seputar kesehatan anak. Dengan demikian, ibu tahu apa yang harus ibu lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan anak.

Mungkin saat ini baru fokus dengan pemberian menu MPASI bayi 6 bulan. Akan tetapi, sebentar lagi anak ibu menjadi balita. Dan pada saat itulah ibu harus lebih banyak mengerti bagaimana cara mendidik anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *