Ikuti Langkah Perawatan Bayi yang Tepat agar Si Kecil Tumbuh Optimal

perawatan bayi
Ibu dan Balita

Perawatan bayi merupakan kunci bagaimana si kecil akan tumbuh nanti. Jika ibu memberikan perawatan yang salah, maka kemungkinan besar perkembangan sang buah hati kurang optimal.

Oleh karena itu, ibu perlu banyak tahu tentang bagaimanakah perawatan bayi yang tepat. Ibu harus benar-benar tahu kenapa ibu harus melakukan beberapa hal yang berkaitkan dengan tips merawat bayi. Artinya, ibu harus tahu alasan kenapa ibu menerapkan perawatan tertentu untuk si kecil.

Tentu saja banyak sekali perawatan bayi yang harus ibu lakukan. Hanya saja, ibu perlu perhatikan tiga hal berikut ini sebagai cara yang tepat merawat bayi.

  1. Perawatan Rumah Saat Si Kecil Sakit

Serahkan kepada ahlinya. Itulah ungkapan yang sering ibu dengar, bukan? Akan tetapi, untuk masalah kesehatan, ibu tidak perlu menyerah urusan mengetasi berbagai penyakit langsung kepada dokter anak selama ibu bisa menangani sendiri.

Seperti contoh, ketika si kecil panas, ibu tidak perlu terburu-buru membawa si kecil ke dokter. Berikanlah ASI lebih banyak, siapkan menu makanan yang tepat (jika si kecil sudah mendapatkan MPASI), dan beri minum air putih. Itu merupakan beberapa tips perawatan bayi yang bisa ibu lakukan sendiri di rumah saat ia sakit.

Jika si kecil rewel, mungkin si kecil merasa capek. Oleh karena itu, ibu bisa memberikan pijatan setiap kali setelah mandi dan ketika ia terlelap. Dalam hal ini, ibu harus tahu teknik memijat bayi ya.

Dan masih banyak lagi perawatan bayi rumahan yang seharusnya ibu kuasai. Jangan jelas. Jangan sampai ibu sering membawah ke dokter anak yang terkadang ujung-ujungnya ibu diminta untuk meminumkan obat kepada si kecil. Akan lebih baik jika ibu sebisa mungkin menghindarkan si kecil dari mengkonsumsi obat, apalagi obat kimiawi. Jika keluhan kesehatan ringan dan sepertinya bisa ibu tangani sendiri, maka hindari memberikan obat.

  1. Mensuplai ASI

Memang ada susu formula yang bisa ibu pilih. Hanya saja, ASI lah yang terbaik bagi bayi. Untuk itu, sebisa mungkin ibu bisa mensuplai ASI untuk si kecil.

Jika ibu seorang wanita karir, ibu bisa memompa ASI di sela waktu istirahat kerja. Optimalkan ruang menyusui yang sudah disediakan oleh perusahaan di mana ibu bekerja. Dengan cara ini, ibu memiliki stock ASI yang bisa ibu simpan di dalam freezer di rumah. Jadi, selama ibu bekerja, ASI bisa diberikan kepada sang buah hati.

  1. Perhatikan Bahan Pakaian

Salah satu bagian dari perawatan bayi adalah memilihkan pakaian dengan bahan yang sesuai dengan kulitnya yang sensitif. Banyak ibu yang asal-asalan memilihkan baju. Mereka menganggap dengan memandikan menggunakan sabun yang bagus dan mengoleskan lotion sesudah mandi sudah cukup untuk menjaga kesehatan kulit. Akan tetapi, mereka tidak sadar bahwa iritasi pada kulit juga sering disebabkan oleh pakaian dengan bahan yang kasar.

Mungkin ibu merasakan bahan pakaian bayi yang ibu pilihkan sudah lembut. Akan tetapi, apakah ibu yakin pakaian tersebut cukup lembut bagi si kecil? Oleh karena itu, perlu untuk ibu perhatikan jenis bahan apa saja yang baik untuk kulit si kecil.

Tentu saja ibu perlu memperkaya wawasan lain lagi seputar merawat bayi. Ketika si kecil sudah beranjak balita, ibu juga harus tahu tentang tumbuh kembang anak serta nutrisi balita yang penting untuk menunjang perkembangannya.

Yang jelas, sejak sang buah hati masih bayi, peran ibu sangatlah penting. Untuk itu, mulailah mengenal dari hal yang paling kecil tentang perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *