Info Ibu Hamil Ini Penting Diperhatikan Sewaktu Memasuki Trimester Pertama

nutrisi untuk ibu hamil muda
www.ibudanbalita.com

Info ibu hamil ini sedikit berbeda bila dilihat dari masa kehamilan ibu. Informasinya harus dipahami ibu. Tujuannya adalah kesehatan janin dan ibu lebih terjaga. Lalu, apa saja yang perlu dipahami ibu jika berada di trimester pertama?

Trimester pertama kehamilan bisa dikatakan paling menentukan. Pertumbuhan janin yang normal kedepannya bisa dilihat dari sini. Jika tidak mendapati adanya perkembangan janin, maka kemungkinannya ada masalah dalam rahim ibu.

Selain itu, pada awal kehamilan ini ibu sangat rentan untuk keletihan. Keletihan ini sangat normal dialami. Namun bukan berarti jika keletihan ini harus dibiarkan. Pasalnya, keletihan ibu bisa mempengaruhi kondisi janin.

Makanan penunjang ibu di awal kehamilan

Informasi ibu hamil yang tidak boleh diabaikan adalah asupan nutrisi. Nutrisi harus diperhitungkan dengan cermat di masa tersebut. Karena hal ini berhubungan dengan peminimalan keletihan ibu mengandung dan peminimalan terganggunya janin dalam rahim.

Asupan makanan tentunya akan semakin meningkat. Peningkatan asupan bukan berupa jumlah makanannya. Tetapi, yang harus ibu perhatikan adalah jumlah nutrisinya di dalam makanan.

Mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar dirasa kurang bagus. Karena bisa memicu kegemukan. Malahan, belum tentu ibu bisa mencernanya. Contohnya bila ibu merasakan morning sickness.

Kondisi tersebut membuat ibu enggan untuk mengkonsumsi makanan. Jika dibiarkan, nutrisi yang dibutuhkan janin akan berkurang. Masalahnya ada pada tumbuh kembang bayinya.

Jika ibu memperhatikan informasi seputar kehamilan dengan teliti, ditemukan jika solusi terbaik adalah memperhatikan jumlah nutrisi dalam makanannya. Bukan jumlah makanannya. Lalu, apa saja makanan yang memiliki jumlah nutrisi penting untuk kesehatan ibu dan janin?

  • Sayuran hijau

Makanan utama di trimester pertama adalah sayuran hijau. Sayuran ini sangat diperlukan karena mengandung unsur penting dalam pemenuhan nutrisi. Ibu perlu membiasakannya.

Sayuran tersebut bisa didapatkan dari brokoli, bayam dan lain-lain. Sayuran tersebut setidaknya mengandung zat besi, bahkan asam folat. Kandungan tersebut begitu dibutuhkan selama masa kehamilan.

Zat besi dibutuhkan ibu untuk membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin. Stabilnya produksi hemoglobin menandai kesehatan ibu. Yaitu, masalah seperti anemia yang menyebabkan ibu letih di trimester pertama bisa dihindari.

Sementara asam folat berhubungan dengan perkembangan yang normal pada janin. Sejumlah jaringan tubuh janin akan terbentuk dengan sempurna. Hasilnya, janin tidak lahir dalam kondisi cacat.

  • Buah-buahan segar

Buah juga diperlukan oleh ibu. Buah tersebut antara lain pisang, kurma, jeruk dan lain sebagainya. Setidaknya, buah tersebut mengandung nutrisi lengkap, contohnya adalah adanya kandungan serat dan cairan cukup.

Serat dibutuhkan ibu untuk melancarkan sistem pencernaan. Info seputar kehamilan ini memang perlu dimanfaatkan. Serat sendiri bisa menjadi penanganan masalah dari kegemukan ibu lantaran mengkonsumsi makanan terlalu berlebihan di masa kehamilan.

Yang perlu ibu lakukan adalah memilih buah masih segar. Bukan berasal dari buah yang diawetkan. Karena buah perpengawet mengandung garam berlebih. Ini bisa membahayakan ibu sendiri. Jadi, ibu sebaiknya menghindari buah yang diawetkan.

Selain makanan tersebut, asupan lain yang berbentuk makanan adalah produk olahan susu. Makanan seperti ini punya kandungan nutrisi lengkap. Ibu hanya perlu memilih makanan sesuai kebutuhan.

Kebiasaan Yang Bisa Ibu Lakukan Selain Menjaga Asupan Makanan

Pada masa trimester pertama, mengatur pola makan sehat menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Jumlah asupan dari makanan, kemudian waktu mengkonsumsi perlu diatur dengan lebih baik.

Mengenai cara memilih dan mengatur jam makan, ibu bisa memperolehnya dari info ibu hamil trimester pertama. Contohnya adalah makan lebih sering dengan jumlah kecil. Yang termudah bila ibu merasa lapar, ibu bisa segera mengkonsumsi makanan.

Selain mengkonsumsi makanan, apa yang perlu ibu lakukan untuk menjaga kesehatannya? Inilah yang sebaiknya ibu lakukan.

  • Mulai rutin untuk olahraga

Olahraga sangat direkomendasikan pakar kesehatan kandungan. Olahraga ini bisa berupa jalan-jalan santai di pagi hari. Atau bisa juga dengan mengikuti senam kehamilan.

Olahraga sendiri merupakan bagian dari penjagaan otot-otot tubuh. Ibu akan terbiasa dengan semakin berkembangnya janin, dan perubahan bentuk tubuh yang semakin besar. Setidaknya, ibu tidak akan merasa keletihan berlebihan jika membiasakan olahraga.

Dalam melakukan olahraga, ibu tidak diperkenankan untuk memaksa diri. Ada kadar dimana olahraga terbilang aman dan bermanfaat. Jika olahraga termasuk berat, maka ini bisa membuat masalah. Jadi, perhatikan kadarnya.

  • Cukupkan waktu istirahat

Informasi penting untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan adalah istirahat. Istirahat yang cukup di siang maupun malam hari perlu dilakukan. Tujuannya adalah untuk meminimalkan keletihan.

Keletihan ini terjadi karena perubahan bentuk tubuh, serta perputaran hormon yang semakin cepat. Keletihan seperti ini perlu ditangani. Salah satunya adalah dengan istirahat.

Istirahat bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu. Sehatnya kondisi ibu bakalan mempengaruhi kesehatan janin. Oleh karenanya, dapatkan kualitas istirahat yang cukup di tiap harinya.

  • Seringlah konsultasi dengan dokter

Bila ibu berada di trimester pertama, ibu perlu banyak mencari informasi seputar kandungan. Informasi ini berupa gangguan-gangguan yang umum terjadi. Selain itu, ibu juga perlu memperoleh informasi akurat tentang cara penanganannya.

Informasi tersebut bisa didapatkan dari dokter. Ibu perlu membiasakan diri untuk konsultasi. Tujuannya adalah supaya kesehatan janin tetap terkontrol.

Intinya, penjagaan terhadap kondisi kesehatan harus terus dilakukan. Ini bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan, olahraga dan istirahat cukup, sampai periksa diri ke dokter kandungan. Jadi, pastikan untuk memahami hal tersebut dengan mencermati info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *