Info Ibu Hamil Mengenai Batas Usia Hamil Yang Harus Diklarifikasi

info ibu hamil
family.fimela.com

Ada banyak sekali info ibu hamil yang tidak valid beredar di masyarakat. Sayangnya, informasi tersebut terus disebarkan dan diterima oleh masyarakat secara luas. Dan anehnya, hal ini muncul mulai dari zaman dahulu hingga sekarang ketika informasi dengan mudah didapatkan oleh setiap orang.

Info yang tidak valid mengenai kehamilan tersebut harus diputus. Jangan biarkan generasi selanjutnya mempercayai hal yang salah yang sudah terjadi dari waktu ke waktu. Ini juga yang dilakukan oleh para ahli kesehatan ibu hamil.

Dari sekian banyak informasi ibu hamil yang kurang valid, ada satu info yang penting sekali untuk diklarifikasi, yaitu tentang batas usia hamil. Ada yang bilang wanita usia 30 tahun rentan sekali jika hamil. Benarkah demikian? Jika ibu juga berpikir hal yang sama, sebaiknya ibu baca dulu penjelasan berikut ini.

Wanita Usia 30 Masih Aman Untuk Hamil

Apa yang membuat masyarakat mengatakan wanita usia 30 tahun berbahaya jika hamil? Ternyata kebanyakan dari mereka menganggap wanita usia 30 tahun itu sudah tidak muda lagi. Pada saat itu, mereka akan mengalami masalah jika hamil.

Lebih dari itu, tidak jarang juga masyarakat membuat kesimpulan yang terlalu terburu-buru. Ketika ada beberapa wanita usia 30 ke atas yang baru menikah tidak segera mendapatkan momongan, mereka mengatakan wanita usia 30 tahun sulit hamil. Bahkan, ada yang bilang mereka sudah tidak bisa hamil lagi karena sudah tidak subur.

Anggapan tersebut harus ditanggapi dengan sangat serius. Ini demi membuang stigma kurang baik mengenai wanita yang usianya di atas 30 tahun yang baru naik ke pelaminan.

Wanita usia 30 tahun masih subur. Salah besar jika mengatakan wanita usia 30 ke atas sudah tidak subur lagi. Kalaupun ada beberapa wanita usia 30 tahun yang sulit mendapatkan momongan, toh ada juga wanita usia 20an tahun yang juga memiliki hal yang sama. Mengapa harus dipermasalahkan.

Masalah kesuburan kandungan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia saja. Ada banyak hal lainnya. Terlepas dari itu semua, memang wanita di atas usia 30 harus lebih banyak mengkonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung asam folat.

Dan yang paling penting lagi untuk dipahami oleh masyarakat adalah wanita yang usianya sudah 30 tahun ke atas masih aman untuk hamil. Seperti halnya ibu hamil lainnya, mereka harus ekstra hati-hati dalam menjaga kehamilan. Mengkonsumsi makanan yang sehat harus dilakukan. Tinggalkan makanan fast food atau junk food. Jika diperlukan, ibu bisa konsumsi suplemen tambahan. Atau, ibu bisa konsumsi saja dua gelas susu ibu hamil setiap hari.

Resiko Saat Hamil Usia 40 Tahun

Secara ilmiah, wanita usia 40 tahun memang rentan mengalami masalah ketika hamil. Namun, jika dilihat dari sejarahnya, banyak lho ibu-ibu waktu dulu yang hamil ketika usia 40 tahun. Itulah menjadikan orang dahulu memiliki banyak anak. Lalu, apa kesimpulannya?

Tentu saja penjelasan ilmiah ini yang harus dijadikan patokan. Akan tetapi, pada saat yang sama, penjelasan ilmiah ini tidak harus diyakini 100%. Penjelasan ilmiah didapatkan dari sebuah penelitian. Dari penelitian tersebut, didapatkan sebuah kesimpulan bawasanya kebanyakan (tidak semua) ibu hamil usia 40 tahun memiliki masalah.

Menurut info tentang ibu hamil, ada tiga masalah yang bisa dialami oleh ibu hamil ketika usianya mencapai 40 tahun.

  1. Bayi Lahir Tidak Normal

Sebenarnya bukan berarti wanita usia 40 tidak bisa hamil. Mereka bisa saja hamil namun ada resiko di mana bayi yang dilahirkan mengalami masalah. Ada beberapa kejadian di mana bayi yang dilahirkan mengalami down syndrome.

  1. Bayi Mengalami Keguguran

Ini yang paling sering terjadi. Kondisi fisik ibu hamil yang sudah tidak fit layaknya wanita yang masih muda membuat janin tidak bisa berkembang dengan baik. Akibatnya, bayi yang ada di dalam kandungan mengalami keguguran.

  1. Kematian Pada Ibu

Hal terburuk yang bisa terjadi adalah kematian pada ibu. Ini bisa terjadi ketika proses persalinan. Tubuh ibu hamil yang tidak lagi kuat sehingga tinggi sekali resiko ibu kehilangan nyawa.

Inilah mengapa wanita yang usianya di atas 40 tahun dan akan melakukan persalinan sebaiknya mendapatkan bantuan dari tenaga medis yang ahli. Sebaiknya proses persalinan di rumah sakit sehingga jika tidak memungkinkan melakukan proses persalinan normal, dokter bisa membuat keputusan cepat untuk melakukan operasi caesar.

Tiga hal tersebutlah yang terpenting mengenai informasi wanita hamil usia 40 tahun. Yang pasti, tidak benar jika wanita usia 30 tahun ke atas tidak bisa hamil. Mereka tidak perlu menghiraukan apa kata orang lain. Akan lebih baik jika mereka percaya pada apa yang dikatakan oleh para ahli kesehatan ibu hamil.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu mendapatkan wawasan baru yang lebih tepat mengenai kehamilan. Ibu bisa tularkan dan sampaikan kepara teman atau saudara yang lain. Katakan bawasannya tidak masalah jika usianya sudah mencapai 30 tahun baru menikah dan ingin memiliki anak. Yang mereka harus lakukan hanyalah menjaga kehamilan dengan baik sesuai dengan info ibu hamil yang dijelaskan oleh para ahli kesehatan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *