Info Ibu Hamil Penting untuk Mengatasi Sembelit

Info Ibu Hamil
Ibu & Balita

Info ibu hamil terkait dengan menu makanan yang bisa mengatasi masalah sembelit tidak banyak. Padahal, banyak sekali ibu hamil yang mengalami keluhan kesehatan yang satu ini. Khususnya ibu yang masa kehamilannya mencapai usia trimester pertama atau biasanya disebut dengan hamil muda, sembelit ini seolah menjadi hal yang sangat wajar. Hal tersebut disebabkan produksi hormon yang belum stabil.

Untuk itu, info ibu hamil kali ini penting untuk ibu ketahui. Setidaknya ibu tahu apa yang seharusnya ibu lakukan jika masalah kesehatan yang satu ini terjadi pada ibu.

Lalu, apa saja yang harus ibu lakukan saat mengalami sembelit? Berikut info ibu hamil selengkapnya.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Buah-Buahan

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi sembelit adalah mengkonsumsi buah-buahan. Hal ini disebabkan buah-buahan mengandung banyak sekali serat.

Untuk itu, ibu perlu mengetahui info ibu hamil yang menjelaskan tentang buah yang paling tinggi kadar seratnya. Tiga di antara buah yang kadar seratnya paling tinggi adalah apel, pisang, dan jeruk.

Akan tetapi, ibu tidak boleh asal dalam memilih buah. Ibu harus mengetahui kondisi kesehatan ibu. Seperti contoh, jika ibu memiliki riwayat penyakit maag apalagi sering kambuh, maka jangan mengkonsumsi jeruk. Konsumsilah buah yang mengandung serat lainnya.

Lebih Banyak Minum Air Putih

Cara yang paling mudah untuk mengatasi sembelit adalah mengkonsumsi air putih lebih banyak. Pada dasarnya, sembelit disebabkan tubuh kekurangan cairan. Oleh sebab itu, memperbanyakan minum air putih menjadi salah satu solusi yang paing efektif untuk menyembuhkan sembelit.

Makan Sup Brokoli dan Wortel

Jika ibu belum memiliki pilihan menu makan siang, ibu bisa membuat sup brokoli dan wortel. Dua sayuran bisa mengatasi sembelit karena kandungan serat yang tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi ibu hamil pada brokoli dan wortel juga sangat banyak. Jadi, selain mengatasi sembelit, ibu juga sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil.

Jika ibu sering membaca seputar info ibu hamil, ibu pasti tahu beberapa kandungan serta manfaat dari brokoli. Khusus untuk kebaikan janin di dalam kandungan, kalium di dalam brokoli akan menjaga sistem saraf. Saat ibu hamil muda, akan lebih baik jika ibu mengkonsumsi lebih banyak brokoli setiap hari. Sementara itu, wortel berperan untuk menjaga kesehatan saraf mata janin karena kandungan vitamin A yang tinggi. Namun, kedua sayuran tersebut akan sangat penting untuk mengatasi sembelit yang ibu alami sekarang ini.

Terlepas dari info ibu hamil tersebut di atas seputar apa saja menu makanan yang bisa mengatasi sembelit, ibu juga perlu untuk memperhatikan pola makan setiap hari. Jadi, sembelit tidak hanya bisa diatasi dengan mengkonsumsi menu makanan tertentu saja. Masalah kesehatan yang satu ini juga dipengaruhi oleh pola makan ibu setiap hari.

Jika selama ini ibu jarang sarapan karena merasa tidak memiliki waktu lantaran harus berangkat kerja di pagi hari, usahakan ibu meninggalkan kebiasaan buruk ini. Pasalnya, meninggalkan sarapan itu artinya mengurangi asupan serat sehingga resiko terkena sembelit tinggi.

Demikian juga dengan menu snack sebelum makan siang. Jadi, ibu perlu mengkonsumsi snack sehat yang kaya akan serat agar sembelit segera teratasi.

Ibu perlu banyak mencaritahu apa saja yang perlu ibu lakukan untuk mengatasi sembelit. Yang pasti, jangan pernah berpikir untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia. Ibu harus cari tahu terlebih dahulu seputar info ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *