Info Ibu Hamil tentang Kurang Konsumsi Air Putih

info ibu hamilInfo ibu hamil berikut ini mengulas tentang kebiasaan para moms yang suka menyepelekan hal – hal kecil. Ya, kebiasaan yang dianggap sepele justru terkadang memberikan dampak jangka panjang yang disadari setelahnya. Salah satu diantaranya yaitu kurangnya mengonsumsi air putih.

Sebagai wanita hamil, sangatlah penting bagi anda untuk memerhatikan jumlah konsumsi air putih harian. Pasalnya hal ini bukan merupakan basa – basi belaka melainkan suatu peringatan penting yang harusnya mom ketahui. Lalu, apa saja keuntungan yang bisa dipetik dari kebiasaan tersebut? Dan kerugian apa yang bisa ditimbulkan apabila para moms mengonsumsi air putih dalam jumlah yang kurang? Simak ulasannya.

Keuntungan Minum Air Putih

Moms, perhatikan, berikut adalah hal – hal positif yang bisa anda peroleh ketika minum air putih. Diantaranya yaitu :

  1. Mencegah Dehidrasi

Dengan mengonsumsi air putih selama hamil dapat mencega terjadinya dehidrasi hal tersebut sangat penting karena dalam beberapa kasus dehidrasi yang terjadi dapat menjadi titik awal dari timbulnya penyakit yang lebih serius. Penyakit seperti sakit punggung, nyeri kepala hingga komplikasi ginjal dan saluran pencernaan membayang – bayangi anda.

Pastikan asupan minimal 8 gelas perhari bisa anda penuhi sebagai syarat aman konsumsi air putih harian. Terlebih lagi, dehidrasi ini secara jelas dapat membahayakan janin yang anda kandung. Bagaimanapun, mayoritas tubuh anda terdiri atas air, kekurangan air putih dapat membuat anda memiliki pencernaan yang buruk karena sari pati dari makanan yang anda konsumsi tidak dapat diedarkan keseluruh tubuh.

  1. Menjaga Kelembaban Kulit

Mom, coba bayangkan, seringnya terpapar sinar matahari atau terlalu sering di dalam ruangan ber – AC membuat kulit anda mudah kering. Kulit yang kering sangat tidak sedap dipandang. Apalagi, ketika anda sedang hamil, kebersihan kulit juga harus di perhatikan. Dengan minum air putih dalam jumlah yang diperlukan manusia pada umumnya, kelembaban kulit anda tetap terjaga.

  1. Mencegah Munculnya Stretch Mark

Hal selanjutnya adalah stretch mark pasca melahirkan dapat diminimalisir berkat kebiasaan konsumsi air putih. Stretch mark, seperti yang diketahui, merupakan hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil terutama yang baru saja melahirkan. Guratan kulit yang terjadi semakin parah seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan. Terlebih lagi karena konsumsi air putih yang cukup, kulit menjadi lembab dan guratan stretch mark pada bagian perut dapat dihindari. Jadi jangan lupa untuk konsumsi air putih secara rutin, kalau tidak kulit mom yang terkena stretch mark meninggalkan bekas seumur hidup loh!

  1. Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Info ibu hamil terkait konsumsi air putih selanjutnya adalah suhu tubuh yang seimbang. Hal ini disebakan karena molekul yang terkandung pada air putih dapat mengimbangi produksi hormon – hormon kehamilan yang biasa menyebabkan subhu tubuh wanita hamil meningkat. Dengan suhu tubuh yang normal, meskipun dalam keadaaan hamil, moms tidak mudah lelah dan pencernaan anda terjaga kualitasnya.

Kekurangan Minum Air Putih

Selain daripada keuntungan yang diperoleh diatas, perhatikan pula kerugian yang kemungkinan besar bisa timbul ketika mom kurang asupan air putih. Diantaranya yaitu :

  1. Penumpukan Racun

Air putih sangat penting untuk detoksifikasi tubuh ibu hamil. Pasalnya pH air putih yang cenderung netral dapat mengimbangi makanan yang bersifat asam dan ber-pH dibawah 7. Selama kehamilan, meskipun konsumsi makanan sudah diperhatikan, namun para moms terkadang masih banyak mengonsumsi asupan yang kurang sehat. Dengan jumlah air yang kurang, dapat menyebabkan nutrisi tidak baik yang terkandung pada makanan tersebut dapat menyebabkan racun yang menumpuk pada tubuh.

  1. Resiko Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kondisi terparah dari ibu hamil ataupun orang yang tidak hamil sekalipun ketika kekurangan asupan air putih. Ginjal sebagai tempat untuk menyaring nutrisi tidak bergizi memerlukan air putih dalam jumlah tertentu untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik. Kekurangan konsumsi air putih, menambah pekerjaan dari si ginjal untuk membersihkan pencernaan yang justru menyebabkan batu ginjal dikemudian hari.

Baik moms, semoga info ibu hamil terkait konsumsi air putih bisa diterapkan untuk kehamilan anda. Anda sehat, Bayi pun senang!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *