Info Penting! 6 Jenis Vitamin Buat Ibu Hamil Tua Maupun Muda Yang Harus Dipenuhi

diet saat hamil
Source: Chef Mom.com

Memenuhi semua jenis vitamin buat ibu hamil tidak bisa ditawar lagi. Bahkan ini sudah menjadi keharusan. Tentunya jika Bunda ingin janin yang dikandungnya tumbuh dan berkembang dengan optimal. Pertanyaannya, jenis vitamin apa saja yang benar-benar dibutuhkan oleh ibu hamil?

Setelah tahu jika saat ini sedang mengandung, sudah pasti akan membuat Bunda semakin waspada. Kewaspadaan itu salah satunya disebabkan karena ibu hamil tentunya membutuhkan asupan nutrisi khusus ibu hamil.

Sebenarnya tidak hanya tubuh Bunda yang membutuhkannya, tetapi janin yang sedang Bunda kandung juga sangat membutuhkannya. Dan salah satu caranya adalah dengan mencukupi vitamin khusus ibu hamil.

Beberapa jenis vitamin tertentu memang pada fase ini sangat dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya. Sebab metabolisme janin yang sedang Bunda kandung ini sangat membutuhkan dukungan dari vitamin yang tepat.

Pentingnya Vitamin B6 (Pyridoxin) Untuk Ibu Hamil

Vitamin untuk ibu hamil yang pertama bernama vitamin B6. Vitamin B6 ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil khusunya pada trimester pertama. Sebab bisa mencegah mual, muntah, serta berbagai gangguan morning sikness.

Supaya morning sikness ini tidak semakin menjadi-jadi, Bunda butuh vitamin B6 dalam jumlah yang tepat. Memengnya berapa yang dibutuhkan? Selama masa kehamilan, ibu hamil butuh vitamin B6 sebesar 1.9 mikrogram setiap harinya.

Fungsi Dari Vitamin B6 Untuk Ibu dan Janin

Selain bisa mengobati morning sikness, ternyata vitamin B6 memiliki fungsi yang lebih besar lagi, diantaranya adalah:

  1. Merupakan jenis vitamin yang larut dalam air sehingga bisa digunakan untuk membantu proses sintesa protein.
  2. Sangat penting guna mendukung proses metabolisme sel darah merah yang mampu mengurangi resiko anemis pada ibu yang sedang hamil.
  3. Memiliki fungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari ibu hamil sehingga dapat mencegah rasa sakit yang berlebihan.
  4. Sangat penting untuk membantu meningkatkan kesehatan dari organ tubuh ibu dan janin serta mampu mencegah menurunnya antibodi.
  5. Sangat penting guna mendukung fungsi syaraf serta menjaga supaya kadar gula dalam tubuh ibu hamil normal.

Pentingnya Vitamin B9 (Asam Folat) Untuk Ibu Dan Janin

Vitamin bagi ibu hamil yang kedua bernama vitamin B9 atau yang lebih dikenal dengan asam folat. Pada trimester pertama, ibu hamil membutuhkan asam folat sebanyak 400 mikrogram.

Kemudian memasuki masa kehamilan trimester kedua, ibu hamil setidaknya harus mendapatkan 600 mikrogram vitamin B9 ini setiap harinya. Memangnya apa peran vitamin B6 untuk ibu hamil?

Fungsi Dari Vitamin B9 (Asam Folat) Untuk Ibu dan Janin

Alasan kenapa vitamin B9 atau asam folat menjadi Vitamin untuk wanita hamil dikarenakan memiliki peran sebagai berikut ini:

  1. Bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh sehingga bisa terhindar dari anemia yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi.
  2. Membantu penyerapan zat besi dalam tubuh ibu hamil sehingga tidak mudah lemas, letih, dan lesu.
  3. Bagi bayi, vitamin B9 atau asam folat ini berperan penting guna mendukung perkembangan syaraf pada bayi, mencegah cacat pada tabung syaraf, serta meningkatkan pertumbuhan otak dan syaraf menjadi lebih sempurna.
  4. Mencegah terjadinya bibir sumbing pada bayi serta mencegah cacat celah langit-langit.
  5. Mencegah kelahiran prematur serta bayi lahir dengan berat badan rendah.
  6. Mencegah berbagai penyebab keguguran terkait dengan kesehatan bayi.
  7. Mencegah berbagai resiko gangguan kehamilan seperti halnya kanker, gangguan jantung, serangan jantung, dan alzheimer.

Pentingnya Vitamin B12 (Cobalamin) Untuk Ibu Dan Janin

Jenis vitamin bagi ibu hamil lainnya yang memang benar-benar dibutuhkan adalah vitamin B12 atau Cobalamin. Tetapi kenyataannya banyak para ibu hamil yang meremehkan vitamin B12 ini. Memangnya apa manfaat dari vitamin B12 ini?

  1. Vitamin B12 sangat baik guna membantu menjaga kondisi perasaan ibu hamil menjadi lebih baik dan nyaman sebab bisa meningkatkan suasana hati. Maka dari itu stres dan cemas berlebihan pada saat hamil bisa diatasi dengan mencukupi kebutuhan vitamin B12 selama masa kehamilan.
  2. Dapat mencegah ibu hamil cepat lelah dan cepat mengantuk.
  3. Membantu proses metabolisme dengan cara meningkatkan proses produksi dari enzim, menjaga keseimbangan hormon, serat menjaga sintesa DNA.
  4. Memiliki kemampuan untuk membantu proses sintesa asam lemak yang dapat mendukung fungsi neurologis dan juga sistem syaraf.
  5. Sangat penting guna meningkatkan aktifasi sel darah merah, mengoptimalkan fungsi asam folat serta menjaga supaya bayi tidak lahir dengan cacat bawaan.

Pentingnya Vitamin C Untuk Ibu Dan Janin

Jenis vitamin ibu hamil lainnya yang memang benar-benar harus Anda penuhi selama masa kehamilan adalah vitamin C. Namun dikarenakan vitamin C ini tidak bisa disimpan di dalam tubuh lantaran larut di dalam air maka tubuh Anda harus selalu mendapatkan pasokan vitamin C ini dari luar tubuh.

Pada umumnya, ibu hamil memang memiliki kesehatan tubuh yang sedikit lebih lemah. Oleh sebab itu, tubuh ibu hamil lebih mudah sakit dan sering terserang berbagai jenis penyakit termasuk jenis penyakit yang disebabkan oleh virus.

Dalam kondisi seperti inilah peran vitamin C sangat dibutuhkan. Sebab kekurangan vitamin C pada masa kehamilan justru akan memperparah kesehatan tubuh ibu hamil dan berpengaruh langsung terhadap kesehatan jani di dalam rahim.

Untuk jumlah vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil sekurang-kurangnya adalah 85 miligram untuk ibu hamil dengan usia di atas 19 tahun. Sedangkan untuk ibu hamil dengan usia di bawah 19 tahun hanya membutuhkan vitamin C sebanyak 80 miligram setiap harinya.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis vitamin buat ibu yang sedang hamil yang belum bisa diulas di sini. Namun terlepas dari semua itu, jangan sampai Anda tidak mencukupi vitamin buat ibu hamil selam masa kehamilan.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *