Info Penting Saat Balita Mulai Belajar Jalan

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Diskusi yang sangat menarik dilakukan di forum ibu dan balita. Temanya tentang bagaimana memastikan si kecil bisa lebih cepat belajar jalan.

Terdengar sepele namun hal ini harus ibu ketahui. Banyak balita yang sulit belajar jalan dan ternyata hal tersebut disebabkan karena kesalahan orang tua.

Jangan sampai ibu melakukan kesalahan ya.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Balita Mulai Belajar Jalan

Sudah banyak tips yang dijelaskan oleh para ahli perkembangan balita yang bisa ibu dapatkan. Namun, tahukah ibu apa yang sebaiknya ibu tidak lakukan saat balita baru mulai belajar jalan?

  • Jangan Pakaikan Sepatu

Lucu sekali melihat si kecil memakai sepatu. Apalagi model sepatu bay sekarang sangat menarik. Namun, sangat tidak disarankan balita memakai sepatu karena justru hal tersebut akan memperlambat proses belajar jalan si kecil.

Sebenarnya tidak masalah jika si kecil memakai sepatu asalkan sudah cukup kuat untuk berdiri dan melangkahkan kaki sendiri. Namun, jika belum, sebaiknya ibu tidak perlu memakaikan sepatu.

  • Membelikan Baby Walker

Bolehkah membelikan baby walker? Sebenarnya tidak ada larangan. Hanya saja, akan lebih baik jika ibu tidak perlu membelikan alat bantu belajar jalan yang satu ini.

Alasannya sederhana, yaitu supaya tidak ada ketergantungan dengan alat tersebut. Biarkan tulang tumbuh kuat secara alami dengan cara si kecil berdiri dan berjalan sendiri di atas kakinya sendiri tanpa ada penopang atau alat bantu seperti baby walker.

  • Membantu Si Kecil Ketika Terjatuh

Kasian sekali jika si kecil terjatuh ketika ia mencoba untuk belajar jalan. Namun, apakah ibu akan membantunya berdiri kembali? Sebaiknya tidak. Dengan cara berdiri sendiri, maka ibu secara tidak langsung membuat proses belajar jalan balita lebih cepat.

Perlindungan yang Tepat Ketika Balita Belajar Jalan

Sebagai orang tua, ibu pasti tidak ingin si kecil terluka ketika ia mulai belajar jalan. Ia akan sering jatuh dan ibu harus pastikan ketika si kecil jatuh tidak terluka.

Perlindungan diperlukan. Seperti contoh, ibu bisa singkirkan beberapa perabotan seperti kursi dan meja terlebih dahulu ketika si kecil belajar berjalan.

Bagaimana dengan alas kaki? Jika ia belajar berjalan di atas lantai yang licin seperti keramik, sebaiknya ibu biarkan kaki si kecil telanjang saja. Kalaupun ibu ingin memakaikan alas kaki, ibu bisa pakaikan kaos kaki yang permukaannya tidak licin.

Bolehkah memakaikan sepatu? Boleh saja asalkan si kecil sudah mulai terbiasa berjalan sendiri. Itupun ibu harus perhatikan sepatu yang tepat untuk si kecil itu seperti itu. Ibu bisa pertimbangkan masukan tentang sepatu yang cocok untuk balita yang sedang dalam proses belajar jalan seperti yang sudah dibahas di www.ibudanbalita.com.

Banyak hal yang bisa ibu lakukan untuk membantu si kecil lebih cepat bisa berjalan. Akan tetapi, tidak sedikit orang tua justru menghambat proses tersebut seperti contoh membelikan baby walker atau alat belajar jalan lainnya.

Biarkan si kecil belajar secara natural. Karena itulah yang dibutuhkan. Membelikan baby walker itu artinya ibu memanjakan anak ibu mulai saat ia masih kecil. Biarkan ia berkembang natural. Yang natural memang lama prosesnya. Namun, itu lebih baik daripada memanjakannya atau bahkan menunjukkan cara yang instan.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu lebih tepat memberikan apa yang terbaik untuk tumbuh kembang si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *