Info Tentang Perawatan Bayi yang Wajib Diketahui Ibu Muda

perawatan bayi
Pic Credit : Facebook Ibu dan Balita

Perawatan bayi sebaiknya tidak ibu serahkan kepada orang lain. Sekalipun ibu baru pertama kali menjadi seorang ibu, ibu harus tahu bagaimana merawat bayi.

Mungkin pada hari-hari pertama ketika ibu masih diharuskan untuk istirahat total setelah melahirkan, ibu bisa serahkan perawatan bayi kepada orang lain, bisa orang tua atau baby sitter. Namun, tentu saja ibu tidak ingin menyerahkan sang buah hati kepada orang lain terus menerus, bukan?

Oleh karena itu, penting sekali ibu muda mengetahui cara perawatan bayi yang tepat. Setidaknya, ada tiga hal yang perlu ibu pelajari.

Cara Memandikan Bayi

Untuk ibu muda, memandikan bayi tentu saja hal yang tidak mudah. Apalagi bayi tersebut baru berusia beberapa hari saja. Berbeda jika si kecil sudah berusia 3 bulan dan lebih.

Untuk bayi yang baru berusia beberapa hari, ibu harus ekstra hati-hati. Pertama-tama, siapkan air hangat di dalam bak mandi. Siapkan kapas yang lembut untuk membersihkan mata dan wajah si kecil. Ambil handuk untuk mengeringkan badan setelah ibu memandikan sang buah hati. Gunakan sabun khusus untuk bayi.

Selanjutnya, sebagai langkah penting dalam perawatan bayi yang masih memiliki kulit yang sensitif, ibu hanya perlu mengusap badannya pelan-pelan saja. Jangan gunakan terlalu banyak sabun karena dikhawatirkan membuat kulitnya kering. Usapkan sabun ke seluruh tubuh lalu bilas dengan air hangat pelan-pelan. Setelah selesai, usapkan handuk dan pastikan benar-benar kering agat tidak terkena jamur. Mudah, bukan?

Cara Memilih Baju

Perawatan bayi tidak hanya seputar cara merawat kulitnya yang sensitif dengan menerapkan cara memandikan yang benar, tapi juga meliputi pemilihan pakaian yang tepat.

Apakah ibu tahu kenapa ada pakaian bayi yang mungkin bentuknya sama namun harganya lebih mahal? Itu dikarenakan ada baju bayi yang benar-benar dibuat menggunakan bahan yang baik untuk kulit si kecil. Jangan asal-asalan memilih baju bayi. Pilihkan baju yang berbahan kain halus seperti nilon. Namun, sesuaikan juga dengan kondisi cuaca di mana ibu tinggal.

Selain itu, penting juga untuk diketahui bagaimana cara mencuci baju bayi. Ini juga bagian dari tips perawatan bayi. Sebaiknya ibu menghindari menggunakan deterjen bubuk. Hal ini dikarenakan deterjen bubuk mengandung bahan kimia. Akan lebih baik jika ibu mencuci baju bayi menggunakan deterjen cair saja.

Apakah ibu sebaiknya menggunakan pewangi? Sebenarnya tidak salah jika ibu menggunakan pewangi karena pewangi juga mengandung pelembut pakaian untuk memastikan baju lebih nyaman untuk dipakai. Hanya saja, sebaiknya ibu tidak terlalu banyak menggunakan pewangi. Alasannya sama, yaitu kandungan kimianya yang mungkin saja mengganggu kesehatan kulit si kecil.

Untuk ibu muda, dua hal tersebut perlu untuk diketahui. Sekarang, ibu tinggal mempraktekkan perawatan bayi tersebut di atas. Tentu saja masih banyak tips merawat bayi lagi. Namun, setidaknya ibu muda harus tahu bagaimana cara memandikan bayi yang benar dan bagaimana memilih pakaian yang tepat.

Selanjutnya, jika si kecil sudah menginjak 1 tahun, ibu harus mulai membaca info tentang nutrisi balita. Pada kondisi balita, ia membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Dan nutrisi tersebut didapatkan dari beberapa jenis makanan yang baik yang direkomendasikan oleh ahli gizi balita. Untuk itu, ibu mulai sekarang harus memperkaya wawasan seputar cara menjaga kesehatan si kecil. Jika si kecil masih bayi, setidaknya ibu tahu dulu tentang perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *