Ingin Memijat Bayi Anda? Ini Cara yang Benar

cara memijat bayi yang benar
Johnson’s Baby Indonesia

Dengan melakukan cara memijat bayi yang benar setiap hari merupakan salah satu cara untuk mempererat ikatan Anda dengan si kecil, lho. Bahkan, para peneliti menemukan bahwa pijat dapat membuat bayi tidur lebih nyenyak, meredakan sakit perut dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Selain itu, pijat juga bisa melatih kemampuan motorik dan mengembangkan intelektual bayi. Wow.

Agar pijatan Anda untuk sang bayi memberikan manfaat maksimal, yuk ikuti cara memijat bayi yang benar ini. Berikut langkah-langkah untuk memijat buat hati Anda:

Bagian perut

  1. Gunakan telapak tangan Anda untuk memijat area perut bayi. Mulai dari dasar tulang rusuk, pijat menurun dengan satu tangan, lalu dengan tangan satunya, buat gerakan yang memutar.
  2. Pijat bagian atas perutnya menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar searah jarum jam.
  3. Pijatkan jari Anda di sekitar pusarnya dengan gerakan memutar.
  4. Pegang lutut dan kaki bayi bersamaan, lalu gerakkan lembut dan perlahan ke arah atas menuju perutnya. Putar pinggul bayi ke kanan beberapa kali untuk membantu mengeluarkan gas di perut.
  5. Pijat perut bayi dari arah kanan ke kiri atau sebaliknya beberapa kali.

Bagian kepala dan wajah

  1. Pegang kepala bayi dengan kedua tangan, pijat kulit kepalanya perlahan dengan ujung jari, seperti saat Anda mengoleskan sampo pada bayi.
  2. Pijat telinganya dengan bagian tengah antara ibu jari dan jari telunjuk.
  3. Bentuk hati dengan jari pada wajah bayi Anda, pijat dengan cara ini pada bagian pipi.
  4. Sentuhkan ibu jari Anda di alis bayi, lalu pijat alisnya perlahan dan lembut.
  5. Sekali lagi gunakan ibu jari, kini untuk memijat kelopak mata bayi yang tertutup dengan lembut.
  6. Belai halus batang hidung bayi hingga ke area pipi.
  7. Gunakan jari Anda untuk memijat rahang bayi dengan gerakan memutar.

Bagian tangan

  1. Dengan satu tangan, pegang pergelangan tangan bayi dengan rileks.
  2. Gunakan tangan Anda yang satunya, buat gerakan melingkar di lengan bayi bagian atas, lakukan gerakan memijat dari bahu dan turun ke pergelangan tangan.
  3. Dengan masing-masing tangan memegang lengan bayi, lakukan gerakan seperti memeras handuk pada tangan bayi, namun perlahan dan lembut.
  4. Pijat telapak tangannya, pijat juga setiap jarinya satu per satu.
  5. Lakukan gerakan pijat dengan arah dari pergelangan tangan sampai ke ujung jari tangan. Dengan lembut, remas dan tarik setiap jari tangan bayi Anda.
  6. Pijat pergelangan tangannya menggunakan jari dengan gerakan memutar.

Bagian kaki

  1. Angkat salah satu kaki bayi dengan memegang pergelangan kakinya dan buat si kecil rileks dengan memijat pelan pahanya bagian atas.
  2. Tahan pergelangan kakinya dengan satu tangan lalu gunakan tangan Anda satunya untuk memegang paha bayi dengan membentuk huruf C. Gerakkan ibu jari Anda ke atas dan ke bawah, di area paha atas bayi. Lalu pijat paha bayi dari paha bawah turun hingga ke kaki.
  3. Pijat kakinya dengan jari Anda. Mulai area betis, pergelangan kaki, hingga jari-jari kaki si kecil. Lakukan pijatan lembut agar bayi Anda merasa nyaman dan rileks.

Dengan cara memijat bayi yang benar, tentu Anda akan bisa membuat si kecil rileks dan bahagia. Nah, untuk memijat bayi Anda, Anda bisa gunakan JOHNSON’S® baby oil yang terbukti klinis lembut untuk kulit bayi. JOHNSON’S® baby oil terbuat dari mineral oil murni yang bisa melembabkan kulit bayi dan tak membuat kulit bayi kering.

Formulanya juga efektif untuk membersihkan kulit bayi. Anda bisa mengusapkan JOHNSON’S® baby oil ke seluruh tubuh bayi, terutama pada lipatan kulit. Anda juga bisa menuangkannya sedikit ke dalam air mandi untuk campuran agar kulit bayi tak kering. Nah, bersama JOHNSON’S® baby oil, lakukan cara memijat bayi yang benar, ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *