Ini Dia Ciri-Ciri Orang Hamil Muda Secara Fisik Dan Psikis

ciri-ciri orang hamil
www.ibudanbalita.com

Banyak orang yang menebak-nebak atau melihat ciri-ciri orang hamil. Contohnya saja di kantor banyak orang yang menebak jika ada teman satu kantor yang kelihatannya sedang hamil muda. Mereka mulai melihat ciri-ciri yang menunjukkan bahwa teman sekantor mereka tersebut sedang hamil.

Anda pun bisa menebaknya lho. Anda perhatikan secara fisik maupun psikis.

Ciri-Ciri Wanita Hamil Secara Fisik

Yang paling mudah untuk diketahui adalah perubahan yang terjadi pada fisik wanita yang sedang hamil muda. Tentu bukan perutnya yang membesar. Perut wanita yang hamil baru terlihat membesar ketika usia kandungannya sudah mencapai kurang lebih 3-4 bulan. Perubahan pada bagian perut ini belum terlihat ketika usia kehamilannya masih sangat muda. Lalu, ciri-ciri wanita hamil secara fisik itu seperti apa?

  • Payudara

Wanita yang sedang hamil terlihat memiliki payudara yang lebih kencang. Sebenarnya, tidak itu saja. payudara wanita yang hamil juga lebih sensitif. Hal ini terkait dengan banyak hal.

Yang pasti, ukuran payudara wanita hamil itu lebih besar. Hal ini disebabkan karena kelenjar susu yang mulai bekerja. Kelenjar susu ini mempersiapkan diri agar ketika bayi lahir ASI bisa langsung keluar dari payudara. Dan ketika kelenjar susu ini mulai bekerja, maka bentuk payudara akan semakin membesar. Payudara juga menjadi lebih kencang.

  • Kurang Semangat

Jika ada seseorang yang lemas dan tidak semangat, hal tersebut bisa dilihat dari banyak hal, terutama dari wajahnya. Dan ini juga menjadi salah satu ciri wanita hamil muda. Wajah mereka biasanya kusut dan tidak bertenaga.

Apakah ada hubungannya dengan janin yang ada di dalam kandungan? Produksi hormon meningkat pada tubuh seorang wanita hamil. Hal ini memicu organ tubuh lainnya juga bekerja lebih keras. Walhasil, wanita hamil merasa lebih mudah lelah. Maka dari itu, tidak salah jika seorang wanita hamil mudah lelah dan terlihat kurang bersemangat dalam beraktivitas. Bahkan, pekerjaan sehari-hari terganggu karena sedang hamil muda.

  • Sering Pergi Ke Toilet

Sebenarnya ini bukan ciri-ciri ibu hamil muda secara fisik. Hanya saja, Anda bisa mengetahuinya. Wanita hamil biasanya sering sekali bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Ini disebabkan produksi urin bertambah.

Oleh sebab itu, dokter kandungan sangat menyarankan agar seorang ibu hamil tidak menahan air kencing. Setiap kali ingin buang air kecil, seorang ibu hamil sebaiknya segera ke kamar mandi. Jika sering menahan air seni, maka ada risiko terkena infeksi kandung kemih. Tentu ini berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan secara tidak langsung kurang baik untuk kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan.

Itulah beberapa tanda-tanda wanita hamil yang bisa dilihat secara kasat mata. Bagaimana dengan perubahan secara psikis?

Tanda Wanita Hamil Secara Psikis

Tanda-tanda secara psikis ini tidak mudah diketahui. Anda harus benar-benar mengamati dengan cermat. Perubahan psikis berikut ini juga sebaiknya diketahui oleh orang yang sedang hamil itu sendiri. Dengan demikian, jika terjadi perubahan psikis, ia bisa menahan diri sehingga tidak merepotkan atau mengganggu orang lain, terutama suami, saudara, dan juga rekan kerja.

Setidaknya ada dua hal yang menjadi ciri wanita hamil secara psikis.

  1. Mood Swing

Ini merupakan istilah yang digunakan di dalam dunia medis untuk menggambarkan bagaimana seorang wanita hamil muda yang perasaannya sering berubah. Terkadang ia mudah marah dan tersinggung tanpa ada sebab yang jelas.

Mood swing ini berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi pada diri seorang wanita hamil. Biasanya, mood swing ini akan hilang dengan sendirinya seiring berjalanannya waktu. Khususnya ketika usia kehamilan mencapai trimester kedua, produksi hormon mulai stabil. Dan pada saat itu, mood swing biasanya hilang.

  1. Keinganan Makan Makanan Yang Rasanya Ekstrim

Biasanya, seorang wanita hamil muda ingin sekali mengkonsumsi makanan yang asam. Ini yang paling sering terjadi. Namun, tidak jarang juga seorang wanita hamil muda yang ingin makan makanan yang pedas meskipun ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk dituruti. Yang pasti, salah satu ciri wanita hamil muda adalah keinginan mengkonsumsi makanan yang rasanya benar-benar ekstrim, entah itu ekstrim pedas, manis, atau asam.

Untuk mengetahui lebih banyak hal lagi mengenai kehamilan, silakan ikuti forum ibu dan balita. Di sana tidak hanya diskusi mengenai perkembangan anak atau balita saja, tapi juga diskusi mengenai kehamilan.

Yang terpenting bagi seorang wanita hamil adalah bagaimana mereka mampu menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Ketahui usia kehamilan agar tahu apa yang seharusnya dilakukan. Pasalnya, setiap usia kehamilan memunculkan keluhan yang berbeda-beda. Dengan demikian, dibutuhkan tips yang berbeda di setiap usia kehamilan.

Terlepas dari itu semua, ada satu hal yang sama. Sejak awal kehamilan, seorang wanita hamil seharusnya mencukupi semua nutrisi yang dibutuhkan. Mengkonsumsi makanan yang bergizi serta minum susu Frisian Mama setiap hari akan membuat semua kebutuhan nutrisi ibu hamil harian terpenuhi.

Jangan sampai seorang ibu hamil akhirnya menyesal ketika bayi yang ada di dalam kandungan mengalami masalah kesehatan lantaran kekurangan nutrisi. Yang harus dihindari juga adalah bayi yang lahir dalam keadaan cacat, entah itu cacat fisik maupun mental. Hal buruk tersebut bisa dihindari jika seorang ibu hamil sadar pentingnya menjaga kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *