Ini Dia Momen Perkembangan Balita yang Paling Ditunggu

Perkembangan Balita
Ibu & Balita

Perkembangan balita merupakan hal yang sangat penting. Saking pentingnya, banyak orang tua yang mengabadikan setiap perkembangan yang terjadi. Ada yang menggunakan foto dan ada juga yang mengabadikan melalui video.

Bagaimana dengan ibu? Pilih media mana yang akan ibu gunakan untuk mengabadikan perkembangan sang buah hati?

Namun, ada yang dinamakan momen wow, yaitu momen perkembangan balita yang sangat membanggakan. Berikut ini beberapa perkembangan yang paling sering ditunggu oleh orang tua. Jangan sampa ibu melewatkan momen wow si kecil berikut ini ya.

Berdiri Sendiri

Salah satu momen wow yang paling ditunggu adalah ketika si kecil bisa berdiri. Pada usia 1 tahun, biasanya si kecil sudah mulai menunjukkan bahwa dirinya bisa menopang badan mungilnya sendiri. Hal ini ditunjukkan dengan bagaimana ia mencoba untuk berdiri sendiri.

Tentu perkembangan balita yang satu layak untuk ditunggu. Pasalnya, jika si kecil sudah mulai bisa berdiri sendiri, biasanya sebentar lagi akan mulai belajar berjalan.

Momen ini juga sangat dituggu lantaran tidak sedikit juga anak yang usianya sudah menginjak 1 tahun belum menunjukkan ada tanda-tanda mau belajar jalan. Jangankan berjalan, berdiri pun belum sanggup.

Itulah yang membuat tanda tumbuh kembang balita yang satu ini paling ditunggu-tunggu setiap orang tua. Apakah balita 1 tahun ibu sudah bisa berdiri sendiri?

Belajar Jalan

Tidak selalu anak yang sudah bisa berdiri langsung bisa berjalan. Banyak juga balita yang membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga ia bisa melangkahkan kaki untuk berjalan.

Saat si kecil sudah bisa menggerakkan kaki untuk melakukan satu langkah, ini merupakan momen yang sangat menggembirakan. Bisa dikatakan perkembangan balita tidak perlu dikhawatirkan lagi. Si kecil sudah mulai bisa belajar jalan dan hal tersebut sangat luar biasa.

Sayangnya, tidak sedikit orang tua justru membelikan alat bantu belajar jalan seperti moon walk atau baby walker. Tentu alat tersebut sangat membantu pada awalnya. Hanya saja, justru alat tersebut membuat perkembangan balita kurang baik. Pasalnya, bukan tulangnya sendiri yang menopang tubuh tapi alat bantu tersebut. Jika hal tersebut dibiarkan, bukan tidak mungkin perkembangan tulang bisa sedikit terhambat karena tubuhnya sudah terbiasa ditopang oleh sebuah alat.

Meski demikian, bukan berarti ibu tidak boleh membelikan alat bantu jalan ya. Namun, alangkah lebih bijak jika si kecil belajar jalan sendiri secara alami tanpa bantuan alat apapun. Dengan demikian, perkembangan balita pun akan saangat alami.

Berinteraksi dengan Orang Tua

Kapankah si kecil bisa mengerti apa yang ibu ucapkan? Mungkin ini pertanyaan yang juga ibu lontarkan. Momen tersebut juga sangat ditunggu-tunggu, sebuah momen di mana ibu bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan si kecil.

Pada awalnya, mungkin si kecil hanya mampu melakukan apa yang ibu perintahkan. Hal ini biasanya terjadi saat usia si kecil sudah mencapai satu setengah tahun. Si kecil sudah mengerti beberapa nama benda dan instruksi sederhana.

Jika ibu ingin sekali melihat tumbuh kembang balita seperti itu, hanya ada satu caranya. Yaitu sering berkomunikasi dengan si kecil. Oleh sebab itu, ibu harus ikut dalam setiap kegiatan bermain si kecil agar komunikasi ibu semakin intens sehingga si kecil semakin cepat mengerti beberapa nama benda yang sering digunakan serta instruksi sederhana.

Orang tua mana pun pasti ingin melihat perkembangan sang buah hati lancar tanpa ada gangguan sedikit pun. Yang perlu ibu lakukan adalah siapkan media untuk merekam momen wow perkembangan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *