Ini Lho Perawatan Bayi yang Mengalami Mata Lengket

perawatan bayi
Friso Indonesia

Pernah melihat mata bayi lengket? Jika ibu sedang menanti kelahiran sang buah hati, ibu perlu tahu beberapa hal seputar perawatan bayi, terutama bagaimana merawat mata bayi yang lengket.

Kasus seperti ini sering terjadi. Karena beberapa faktor penyebabnya memang sering muncul. Namun, ibu tidak perlu khawatir. Jika nanti bayi ibu lahir dan ternyata matanya lengket, ada beberapa hal sederhana yang perlu ibu lakukan.

Apakah hal tersebut berbahaya? Bisa ya bisa tidak. tergantung penyebab mata bayi lengket.

Penyebab Mata Bayi yang Lengket

Salah satu bagian tubuh bayi yang perlu perawatan khusus adalah mata. Apalagi bayi yang baru beberapa hari, maka ibu harus ekstra dalam memberikan perawatan.

Jika ada masalah dengan mata bayi yang lengket, ibu harus ketahui dulu penyebabnya. Umumnya, mata bayi yang lengket itu disebabkan oleh kontaminasi saat proses persalinan. Untuk penyebab yang satu ini, ibu tidak perlu khawatir. Cara merawat bayi yang mengalami masalah ini tidak sulit.

Hanya saja jika penyebabnya adalah kuman, maka ibu perlu mendapatkan bantuan dari dokter. Karena dokter akan memberikan perawatan khusus untuk bayi ibu tersebut.

Biasanya, ketika terinfeksi kuman, mata bayi tidak hanya lengket tapi keluar cairan dari mata juga. Cairan tersebut biasanya berwarna kuning. Selain itu, mata juga terlihat bengkak. Untuk kondisi seperti ini, ibu perlu membawa sang buah hati ke dokter bayi untuk mendapatkan perawatan khusus.

Perawatan yang Bisa Ibu Lakukan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika masalahnya adalah mata lengket saja dan tidak disertai dengan keluarnya cairan kuning, maka ibu bisa merawat bayi ibu sendiri tanpa bantuan dokter.

Caranya sangat mudah. Ibu harus siapkan dulu kapas serta air hangat. Celupkan kapas ke dalam air hangat lalu oleskan pada mata bayi ibu. Setiap kali mengusapkan kapas, ganti dengan kapas yang baru lagi agar jika ada kuman yang menempel pada kapas tidak melekat kembali pada mata bayi.

Cara merawat mata bayi yang lengket tersebut bisa ibu lakukan setiap kali ibu memandikan sang buah hati. Jadi, ibu tidak perlu terlalu sering mengusap mata dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Akan tetapi, ada satu hal yang perlu ibu perhatikan. Sebelum ibu melakukan perawatan untuk bayi seperti yang telah dijalaskan di atas, ibu harus pastikan tangan ibu sudah bersih. Jika perlu, setiap kali ibu ingin membersihkan mata dengan kapas, ibu harus membersihkan tangan terlebih dahulu. Dengan demikian, ibu bisa yakin bawasannya tidak ada kuman yang menempel pada tangan ibu ketika ibu membersihkan mata sang buah hati.

Hal Lain Selain Perawatan dengan Kapas

Jika dilihat dari penyebab mata bayi yang lengket, sebenarnya ada juga hubungannya dengan kondisi kesehatan. Selain melakukan perawatan dengan cara membasuh mata menggunakan kapas seperti yang telah dijelaskan di atas, ibu juga perlu memberikan lebih banyak ASI.

Kenapa? Karena ASI akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Di dalam ASI, terdapat antibodi yang banyak yang dibutuhkan oleh bayi. Dengan demikian, sistem kekelaban tubuh akan memainkan perannya dari dalam untuk melawan kuman yang mungkin menjadi penyebab mata bayi yang lengket tersebut.

Jadi, ada dua hal perawatan kepada bayi yang bisa ibu lakukan, yaitu dari dalam dan dari luar. Dua cara tersebut akan membuat mata si kecil tidak lengket lagi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *