Ini yang Bisa Ibu Lakukan untuk Melakukan Perawatan Bayi di Inkubator

perawatan bayi
Friso Indonesia

Kasian sekali jika melihat bayi masih mendapatkan perawatan di dalam inkubator. Akan tetapi, mungkin itulah yang terbaik. Karena kondisi kesehatan bayi belum bagus, dokter akan menyarankan untuk menempatkan si kecil di dalam inkubator?

Lalu, apa yang ibu bisa perbuat? Meskipun di dalam inkubator, bukan berarti ibu tidak bisa merawat bayi. Setiap ibu pasti ingin sekali membelai dan merawat bayinya sendiri. Begitu juga ibu.

Tapi, bukan berarti ketika bayi masih ada di dalam inkubator, ibu tidak bisa melakukan perawatan. Berikut ini perawatan bayi di inkubator yang bisa ibu lakukan.

Terus Berkomunikasi dengan Bayi

Apakah ini bagian dari perawatan anak yang masih ada di inkubator? Tentu saja. Memang bukan perawatan secara fisik. Tapi, ibu harus tahu bayi yang dirawat di dalam tabung inkubator itu lebih membutuhkan perawatan psikis.

Oleh sebab itu, ibu perlu lebih intensif melakukan komunikasi dengan sang buah hati. Setiap kali perawat memperbolehkan ibu untuk menjenguk bayi di ruang perawatan inkubator, ibu harus pastikan selalu berkomunikasi. Ajaklah bayi ibu untuk berbicara. Karena dengan cara tersebut, akan terjalin hubungan emosional antara ibu dan bayi. Dengan demikian, kondisi bayi akan membaik lebih cepat.

Mengetahui Kebutuhan Bayi

Saat bayi masih dirawat di inkubator, praktis tidak banyak yang bisa ibu lakukan. Akan tetapi, ibu bisa melakukan sesuatu untuk si kecil.

Ketahui kebutuhan bayi. Jika ia menangis, biasanya ia merasa lapar dan tidak nyaman. Pada saat itulah ibu bisa meletakkan jemari ibu di kening atau di jemari si kecil. Ibu bisa mengusapnya secara perlahan-lahan. Dengan cara ini, si kecil akan merasa ditemani dan akan merasa lebih nyaman.

Hanya saja, hal ini bisa ibu lakukan dengan ijin perawat. Pasalnya, pada kondisi tertentu, bayi belum boleh disentuh. Jika keadaan sudah membaik, ibu bisa melakukan sentuhan seperti usapan pada tubuh bayi.

Melakukan Kangaroo Care

Kanggaro Care merupakan salah sata cara modern untuk merawat bayi yang baru lahir. Karena cara ini akan membuat bayi lebih dekat dengan ibu.

Dinamakan kangaroo care karena cara menggendong bayi yang ibu lakukan seperti yang dilakukan induk kangguru, yaitu menempatkan bayi di dada dengan posisi kepala bayi di atas. Ibu bisa bayangkan bagaimana anak kangguru berada di kantong induk. Itulah yang disebut dengan kangaroo care.

Hanya saja, ibu tidak boleh merawat anak yang ibu baru saja lahirkan dengan cara ini. Apalagi jika bayi ibu membutuhkan perawatan khusus di dalam inkubator. Ibu perlu tanya dulu dengan perawat atau dokter anak terlebih dahulu apakah kondisi bayi sudah memunginkan untuk mendapatkan perawatan berupa kangaroo care.

Membacakan Buku

Tahukah ibu pada hakekatnya bayi yang berada di dalam inkubator itu merasa tidak nyaman. Hanya saja, kondisi yang membuat bayi tersebut harus berada di dalam inkubator.

Ibu bisa membuatnya nyaman dengan cara membacakan buku. Menurut survey, 70% dari 120 keluarga yang membacakan buku untuk bayi yang mendapatkan perawatan di inkubator merasakan adanya kedekatan dengan bayi. Dan bayi ternyata lebih tenang dan nyaman saat mendengarkan intonasi suara ibu saat membacakan buku.

Beberapa perawata untuk bayi tersebut di atas bisa ibu pratekkan selama bayi masih dirawat di inkubator. Memang perawatan yang ibu lakukan masih terbatas. Akan tetapi, bukan berarti ibu tidak bisa melakukan perawatan kepada bayi ibu sendiri, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *