Ini yang Harus Ibu Lakukan untuk Mempersiapkan Tumbuh Kembang Anak Laki-Laki

Tumbuh Kembang Anak
Friso Indonesia

Tumbuh kembang anak berbeda-beda. Ras dan juga tempat tinggal mempengaruhi bagaimana perkembangan seorang anak. Namun, terlepas dari itu semua, jenis kelamin menjadi faktor sangat penting bagaimana ibu mendidik si kecil.

Bagi ibu yang memiliki anak laki-laki, ibu perlu tahu apa saja yang sebaiknya ibu lakukan agar perkembangan anak laki-laki ibu baik. Yang jelas, anak laki-laki dengan anak perempuan itu berbeda. Apa yang ibu terapkan saat ia masih kecil menentukan bagaimana ia dewasa nanti. Bukankah begitu?

Oleh sebab itu, memberikan pendidikan yang tepat sejak dini itu sangat penting. Selain untuk tumbuh kembang anak, pola asuh dan pendidikan dari rumah yang ibu berikan juga akan membuat anak ibu siap untuk menjadi pribadi yang baik ketika dewasa nanti.

Sering Memberikan Tantangan

Saat masih kecil, anak ibu juga perlu tantangan. Apalagi sebagai anak laki-laki, ia akan menjadi seorang suami yang harus menjadi orang yang kuat dan siap menghadapi tantangan.

Oleh karena itu, cara menyiapkan si kecil agar tidak takut dengan tantangan di masa depan adalah dengan lebih sering memberikan tantangan. Sangat sederhana. Mulailah agar si kecil mau berdiri sendiri saat ia belajar jalan dan sering jatuh.

Saat tumbuh kembang anak mencapai usia 3 atau 4 tahun, ibu bisa memberikan tantangan dengan membelikan sepeda dan ajarkan si kecil agar mau berani bersepeda. Ikutkan si kecil kursus berenang. Semua tantangan tersebut akan membuat si kecil siap menghadapi tantangan baru ketika dewasa nanti.

Mengajarkan Kasih Sayang Terhadap Sesama

Saat dewasa nanti, ia akan menjadi kepala rumah tangga. Ia akan menjadi tulang punggung istrinya. Hal itulah yang membuat ibu perlu mengajarkan bagaimana memberikan kasih sayang terhadap sesama, terutama kepada perempuan.

Kebanyakan anak laki-laki merasa lebih kuat dan lebih berkuasa daripada perempuan. Hal tersebut membuat anak laki-laki cenderung superior. Jika ibu tidak bisa memberikan pemahaman yang tepat, maka anak ibu akan tumbuh menjadi pribadi yang merendahkan orang lain, terutama perempuan.

Untuk itu, peran ibu dalam tumbuh kembang anak itu penting terutama untuk membuatnya menyadari bahwa semua orang tua sama entah itu laki-laki atau perempuan. Pelajaran ini harus ibu beri tahu sejak dini.

Mengajarkan Ilmu Agama

Selain pemimpin keluarga, anak laki-laki ibu juga suatu saat nanti mempunyai kewajiban untuk mendidik dan memberikan contoh yang baik untuk istri dan anak-anaknya. Oleh sebab itu, sedini mungkin ibu harus kenalkan anak laki-laki ibu dengan agama.

Mulailah dengan hal yang sederhana. Ajarkan agar si kecil mau ikut shalat setiap kali waktu shalat tiba. Jika anak ibu masih berusia di bawah 7 tahun, ajaklah dengan lemah lembut. Namun, jika usianya sudah mencapai 7 tahun, ibu sebaiknya sedikit lebih keras agar ia mau menjalankan perintah agama.

Bagaimana dengan yang ibu lakukan selama ini? Pastinya, ibu harus mencurahkan perhatian yang ekstra untuk tumbuh kembang anak laki-laki. Ingat, anak ibu suatu saat nanti akan menjadi pemimpin setidaknya di dalam sebuah keluarga. Sebagai kepala rumah tangga, ia harus tangguh dan siap menghadapi tantangan.

Dengan pola asuh yang tepat, ibu tidak hanya akan memastikan perkembangan anak baik, tapi juga mempersiapkan sedini mungkin agar anak ibu nantinya menjadi pribadi yang siap menghadapi segala tantangan.

Silakan awali dengan menerapkan tips mengasuh anak laki-laki tersebut di atas untuk kebaikan tumbuh kembang anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *