Ini yang Ibu Perlu Lakukan Agar Si Kecil Bisa Tidur Pulas

tidur lelap
Tahukah ibu bawasannya kualitas tidur itu menentukan perkembangan balita? Pakar perkembangan anak menjelaskan ketika tidur, saraf berkembang. Itulah mengapa balita seharusnya mendapatkan tidur yang berkualitas.

Apa itu tidur berkualitas?

Secara sederhana, jika balita tidur dalam kurun waktu yang cukup dan pulas di setiap tidurnya, itu artinya tidurnya berkualitas.

Jadi, jika si kecil justru sering bangun di tengah malam dan menangis, atau ia sering menangis padahal ia sedang tidur, itu artinya si kecil belum mendapatkan tidur yang berkualitas.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan?

Jika perkembangan balita terutama perkembangan otak balita dipengaruhi oleh tidur yang berkualitas, tentu saja ibu harus membuat balita mendapatkan hal tersebut.

Membuat Anak Tidur Pulas

Sebenarnya tiga hal berikut ini sudah cukup untuk ibu coba mulai sekarang.

  1. Atur Waktu Tidur

Secara umum, balita usia 1-3 tahun itu memiliki waktu tidur ideal sekitar 10-11 jam setiap hari. Dan itu dibagi menjadi dua. Di siang hari, ia tidur sekitar 1-2 jam. Dan sisanya tidur di malam hari.

Ibu bisa membiasakan si kecil tidur siang setelah makan siang, yaitu sekitar jam 1-2. Lalu, di sere hari, balita ibu bisa bangun tidur, mandi, dan beraktivitas sampai malam hari. Setelah makan malam, si kecil bisa tidur lagi sekitar jam 7 atau jam 8. Itu idealnya.

  1. Atur Bermain Si Kecil

Anak kemungkinan besar tidak bisa tidur pulas jika di siang hari ia bermain sampai kelelahan. Itulah mengapa penting sekali ibu mengatur waktu tidur terutama di siang hari.

Namun, bukan hanya lama waktu bermain saja, tapi juga jenis permainnya. Pada intinya, usahakan si kecil tidak terlalu lelah seperti bermain sepeda, lari-larian, atau berenang terlalu lama.

Sebaiknya ibu memberikan alternatif permainan edukatif yang tidak memicu perkembangan fisik yang bisa membuatnya lelah tapi memicu perkembangan saraf. Ada banyak ide permainan edukatif yang bisa ibu coba dari www.ibudanbalita.com.

  1. Memberikan Pijatan Kecil

Anak akan tidur pulas jika ibu memberikan pijatan kecil ketika ia terlelap. Ibu tidak perlu tahu persis bagaimana cara memijat. Ibu hanya perlu mengoleskan minyak telon terutama pada bagian kaki lalu mengurut bagian paha hingga ujung kaki.

Lakukan secara pelan-pelan dan jangan sampai si kecil terbangun. Dengan pijatan tersebut, otot-otot pada bagian kaki tidak lagi kaku dan anak akan tidur dengan pulas.

Silakan terapkan tips tersebut di atas dan si kecil akan memiliki tidur yang berkualitas.

Mengatasi Anak Susah Tidur

Selain tidur tidak pulas, ada juga balita yang susah tidur. Ia rewel terlebih dahulu jika ingin tidur. Apakah balita ibu juga demikian?

Mungkin saja balita ibu sedang lapar sehingga ia tidak bisa tidur. Atau ada rasa tidak nyaman. Beberapa balita susah tidur lantaran mengalami rasa sakit pada bagian tubuhnya entah itu di bagian mulut karena tumbuh gigi, di bagian kaki karena merasa sangat lelah, dan lain sebagainya.

Yang pasti, anak yang susah tidur itu bisa disebabkan tidak ditemukannya rasa nyaman. Akan lebih baik jika ibu konsultasikan dengan dokter anak agar dokter melakukan pemeriksaan sehingga ditemukan apa yang membuatnya tidak nyaman.

Atau ibu bisa bawa ke therapist. Seorang therapist akan memberikan pijatan ke seluruh tubuh si kecil sehingga tidurnya menjadi sangat lelap.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *