Ini Yang Perlu Ibu Lakukan Setelah Mengecek Kalender Masa Kesuburan

masa subur
friso.co.id

Banyak wanita yang hanya mengandalkan kalender masa kesuburan. Tujuannya agar mereka cepat hamil. Namun, sudah cukupkah hal tersebut? Tentu saja belum cukup. Ada ikhtiar lain yang harus ibu lakukan.

Beruntung sekali karena sekarang Anda bisa gunakan kalkulator masa subur secara online di www.friso.co.id. Jadi, Anda tidak perlu datang ke bidan untuk mengetahui masa kesuburan melalui kalender kesuburan. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu datang ke bidan ya. Anda bisa saja menemui bidan atau bahkan dokter kandungan untuk berkonsultasi agar Anda mendapatkan informasi dan masukan yang lebih lengkap.

Setelah Anda tahu kapan masa subur, lalu apalagi yang perlu ibu lakukan?

Jaga Berat Badan

Masyarakat yang awam mengenai ilmu kesehatan mungkin tidak mengerti jika ada hubungan antara berat badan dan kesuburan. Wanita yang mengalami obesitas cenderung lebih sulit untuk hamil lho. Ini harus menjadi catatan tersendiri.

Tentu saja Anda harus mendapatkan penjelasan ilmiah mengenai hal tersebut. bagaimana bisa berat badan bisa menyebabkan seorang wanita lebih sulit hamil.

Ternyata, ada penjelasannya lho. Dari sudut pandang ilmu kesehatan, berat badan bisa mengganggu hormon di dalam tubuh. Pembuahan lebih sulit dan akhirnya seorang wanita yang memiliki berat badan di atas normal akan mengalami kesulitan hamil.

Apakah ini hanya terjadi pada seorang wanita saja? Ternyata tidak. Suami Anda pun bisa mengalami hal yang sama. Untuk itu, mulai sekarang, sebaiknya Anda dan suami Anda melakukan pola hidup yang sehat. Jaga berat badan agar normal. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana seperti olahraga lari dua atau tiga kali dalam satu minggu. Hindari makanan berlemak. Anda bisa melakukan hubungan dengan suami setelah Anda mengetahui kalender masa subur Anda. Semoga Anda segera bisa hamil.

Mengkonsumsi Multivitamin

Multivitamin apa yang harus Anda konsumsi? Apapun multivitamin yang Anda beli, pastikan multivitamin tersebut mengandung vitamin B6 dalam kadar yang cukup tinggi. Inilah menjadi pendukung peningkatan hormon reproduksi.

Sebenarnya, Anda tidak perlu membeli multivitamin. Anda hanya perlu mencari tahu apa saja makanan atau minuman yang mengandung tinggi vitamin B6. Ada beberapa makanan yang sebaiknya ibu catat seperti kacang-kacangan, gandum, kecambah, dan sereal. Itulah beberapa makanan yang bisa membuat tubuh Anda mendapatkan vitamin B6 sehingga anda bisa cepat hamil.

Sayangnya, yang paling sulit adalah memastikan jenis makanan tersebut segar. Percuma saja jika Anda mengkonsumsi makanan yang tidak segar. Kandungan vitaminnya sudah berkurang.

Mengkonsumsi Susu

Pernah dengar ada susu yang ditujuan untuk seorang wanita yang menjalani program kehamilan? Apakah susu tersebut benar-benar efektif membuat Anda cepat hamil? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Susu tersebut sama halnya seperti multivitamin, yaitu pendukung program ibu hamil yang Anda lakukan.

Sebenarnya, bukan susunya harus Anda perhatikan. Anda harus tahu kandungan apa di dalam susu tersebut sehingga dianggap sebagai susu untuk program kehamilan.

Ternyata, ada satu kandungan yang sangat dibutuhkan oleh wanita yang ingin segera hamil. Kandungan tersebut disebut dengan asam folat. Ibu mungkin sering mendengar jika asam folat ini dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi yang masih ada di dalam kandungan. Betul sekali. Namun, asam folat ini juga berpengaruh terhadap kesiapan rahim untuk mengandung lho.

Karena yang dibutuhkan adalah asam folat, tentu bukan susu saja yang menjadi pilihan. Ada jenis makanan lain yang juga akan memberikan Anda asam folat dalam jumlah yang banyak. Beberapa makanan yang mengandung asam folat adalah brokoli, kacang kapri, kacang polong, dan sayuran hijau. Jika Anda suka minuman yang segar, buatlah jus jeruk. Selain menyegarkan, jus jeruk juga mengandung asam folat yang cukup tinggi.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Air Putih

Jangan lupakan yang satu ini. Air memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan. Untuk meningkatkan probabilitas untuk hamil, Anda seharusnya mengkonsumsi lebih banyak air putih setiap hari, khususnya ketika masa subur sesuai dengan kalender masa kesuburan yang sudah Anda ketahui.

Air sangat perpengaruh terhadap meningkatnya hormon estrogen dan progesteron. Jadi, sebenarnya tips yang satu ini tidak hanya perlu dipraktikkan oleh pihak wanita saja, tapi juga pihak pria.

Bagi pasangan muda yang baru saja menikah, tentu mereka harus mengerti tentang hal ini, yaitu tentang kapan usia subur untuk melakukan hubungan suami istri. Tujuannya tidak lain agar mereka sang wanita bisa segera bisa hamil.

Meskipun dengan melakukan hubungan saat masa subur tidak pasti membuat seorang wanita hamil, namun prosentasenya cukup tinggi. Dan untuk menunjang hal tersebut, tidak ada salahnya jika Anda menerapkan tips meningkatkan kesuburan seperti yang sudah disinggung sebelumnya.

Ketika Anda ingin hamil, Anda harus tahu masa kesuburan. Ketika Anda sudah hamil, Anda harus tahu apa yang Anda harus lakukan untuk mempersiapkan persalinan, merawat bayi, dan juga bagaimana membersarkan sang buah hati. Semua informasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di situs Friso. Yang pasti, saat anak ibu sudah berusia 1 tahun nantinya, berikan susu balita yang terbaik. Walaupun susu bukan sumber nutrisi utama, susu yang terbaik sangat mempengaruhi seberapa optimal tumbuh kembang balita ibu nanti. Pasalnya, hanya di dalam susu balita yang terbaik terkadung semua nutrisi yang seimbang dan yang dibutuhkan oleh sang buah hati.

Jadi, ketahui kalender masa subur sekarang dan lanjutkan untuk mempelajari bagaimana menjadi orang tua yang baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *