Inilah Tanda Awal Kehamilan Sudah Berusia 1 Minggu

tanda awal kehamilan
Friso Indonesia

Memprediksi tanda awal kehamilan mungkin sangat sulit untuk dilakukan, apalagi jika usia kehamilan baru berusia satu minggu. Meskipun sulit, bukan berarti mempredikisi kehamilan yang baru satu minggu ini tidak dapat dilakukan. Karena usia kehamilan yang baru 1 minggu pun ternyata bisa ditebak dan diketahui.

Lalu bagaiamana cara mengetahuinya? Nah, bagi para calon ibu yang belum tahu bagaimana cara memprediksi ciri awal kehamilan, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara mendetail.

Ciri Ciri Seorang Wanita Sedang Hamil Secara Fisik

Pada dasarnya seorang wanita yang sedang hamil bisa dilihat dari perubahan fisiknya. Perubahan fisik ini terjadi karena adanya perubahan hormon yang terdapat dalam tubuh.

Salah satu ciri seorang wanita sedang hamil muda bisa dilihat dari munculunya bercak darah atau yang juga sering disebut dengan pendarahan.

Pendarahan ini sendiri terjadi karena calon janin sedang menempel kedinding rahim sang ibu, sehingga akan muncul bercak darah yang menyerupai haid, namun jumlahnya lebih sedikit.

Selain terjadi pendarahan ciri awal kehamilan juga ditandai dengan sering mengalami sakit perut atau kram perut. Hampir sama seperti terjadinya bercak darah, kram perut yang dialami oleh ibu hamil pada minggu awal kehamilan ini juga terjadi karena adanya proses penempelan calon janin ke dinding rahim. Jadi sangat wajar jika para ibu hamil akan mengalami gangguan perut tersebut.

Perubahan fisik yang menjadi salah satu ciri seorang wanita sedang hamil yang selanjutny adalah terjadinya perubahan payudara.

Pada minggu pertama usia kehamilan, payudara akan lebih sensitif khususnya jika disentuh. Selain itu, ukuran payudara juga akan berubah menjadi lebih besar. Hal ini diakibatkan karena terjadinya perubahan pada tubuh wanita yang sedang hamil.

Disamping bisa dilihat dari perubahan fisik, seorang wanita yang sedang hamil juga bisa dilihat dari perubahan dalam bentuk non fisik.

Ciri Ciri Seorang Wanita Sedang Hamil Secara Non Fisik

Salah satu ciri awal kehamilan seorang wanita biasanya ditandai dengan sering mengalami stress atau gelisah.

Pada usia kehamilan satu minggu, seorang wanita biasanya akan sering mengalami gelisah. Hal ini bisa memicu terjadinya stress. Bahkan lebih fatalnya lagi, bisa mengakibatkan terjadinya depresi. Maka dari itu, peranan orang terdekat seperti suami sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan non fisik sang ibu.

Selain sering mengalami gelisah, ciri lain seorang wanita sedang hamil muda adalah sangat sensitif terhadap bau bauan.

Jangan kaget jika para ibu yang sedang hamil menjadi sangat sensitif terhadap bau-bau tertentu. Asap rokok, bawang putih dan minyak wangi merupakan beberapa bau yang tidak disukai oleh orang hamil pada usia satu minggu. Rasa sensitif pada bau bauan tertentu ini biasanya juga mengakibatkan hilangnya nafsu makan.

Selain sangat sensitif terhadap bau tertentu, ciri awal kehamilan secara non fisik juga ditandai dengan sering merasa ngantuk.

Disamping mudah lelah karena berbagai macam aktifitas, seorang wanita yang sedang hamil juga sangat mudah ngantuk. Rasa ngantuk sendiri bisa disebabkan karena terlalu banyak melakukan aktifitas berat. Oleh karena itu, pada minggu awal kehamilan diusahakan para ibu hamil tidak melakukan aktifitas yang terlalu berat.

Nah, setidaknya itulah beberapa tanda awal kehamilan baik secara fisik dan non fisik. Akan tetapi, selain tanda tanda kehamilan yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak lagi tanda lain seorang wanita sedang hamil. Semoga bermanfaat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *