Inilah Yang Seharusnya Bayi 8 Bulan Bisa Lakukan!

Bayi 9 Bulan Belum Tumbuh Gigi
Source: Healthy Smiles

Bayi 8 bulan tentunya sudah mengalami banyak perubahan dalam dirinya. Entah dari sisi berat tubuhnya sampai kecerdasan dalam dirinya. Namun apakah ibu tahu apa yang bisa dilakukan oleh bayi usia tersebut?

Bertambahnya usia bayi seharusnya diikuti dengan peningkatan kemampuan oleh bayi. Kemampuan-kemampuan ini menandai kalau bayi sehat. Bila ada keterlambatan dalam hal ini, tentu inilah yang harusnya memberikan kecemasan pada ibu.

Ibu sebaiknya mencari tahu apa saja penyebabnya. Misalnya dengan berkonsultasi pada dokter perihal keterlambatan tersebut. Di sini, kami akan tunjukkan pada ibu mengenai apa yang biasanya bayi lakukan di usia tersebut. Mari perhatikan ulasannya di bawah ini!

Perubahan Apa Yang Biasa Bayi Alami Di Usia 8 Bulan?

Bagi sebagian ibu tentu punya pertanyaan mengenai bayi 8 bulan bisa apa. Ini memang sangat wajar mengingat bayi di tiap minggunya mengalami perkembangan. Perkembangan ini menunjukkan adanya banyak kemampuan dasar yang bakalan muncul.

Salah satu hal yang normalnya bisa dilakukan bayi usia 8 bulan adalah merangkak. Bayi sudah bisa bergerak kesana kemari secara mandiri. Ini menunjukkan bahwa bayi mengalami perkembangan yang normal.

Umumnya, kemampuan ini akan terlihat semenjak bayi usia 6 bulanan. Pada usia demikian, bayi sudah menunjukkan tanda-tanda kalau akan terus meningkat. Yakni dengan kemampuannya dalam berada di posisi tengkurap. Ini menjadi cikal bakal dari kemapanan bayi dalam merangkak.

Bayi akan mulai merangkak dengan tengkurap terlebih dahulu. Bagian tangan akan menjadi tumbuan, kemudian tubuhnya bisa terangkat persis menyerupai posisi merangkak. Di sinilah bayi akan mulai mencoba untuk bergerak.

Tentunya kemampuan seperti ini sudah didukung oleh kemampuan motoriknya. Tubuhnya sudah mulai kuat sehingga bayi sudah mampu menopang tubuhnya. Bahkan mengajak tubuhnya untuk bergerak ke berbagai sisi untuk menjangkau sesuatu.

Bagaimana Bila Bayi Belum Bisa Merangkak?

Terkadang bayi 8 bulan belum bisa merangkak, apalagi sampai berdiri. Kondisi inilah yang kadang membuat kekhawatiran bagi ibunya. Tetapi, ibu tidak bisa langsung mengatakan ada permasalahan serius pada bayi.

Pasalnya, bayi kadang memang belum mau melakukannya lantaran berbagai faktor. Salah satunya adalah berat tubuhnya yang cenderung gemuk. Kegemukan membuat bayi cukup berat untuk menopang tubuhnya.

Tidak hanya itu saja, faktor lainnya adalah bayi mengalami berbagai masalah. Kondisi ini yang perlu diperhatikan ibu. Salah satunya adalah bila bayi tidak menunjukkan sama sekali tanda kalau bayi ingin merangkak. Tandanya adalah bayi belum bisa tengkurap.

Atau bayi juga sudah pernah merangkak, hanya saja bagian tubuhnya ada yang terasa diseret. Ini menandai jika ada yang tidak seimbang dari bagian tubuhnya. Misalnya dikarenakan sakit.

Jika ibu melihat ada ketidakberesan dalam kemampuan tersebut, ibu perlu memeriksakan ke dokter. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan apa yang terjadi pada si kecil. Bila bayi mengalami sakit, tentu ibu bisa melakukan perawatan.

Sementara bila bayi usia 8 bulan tidak mengalami masalah kesehatan, ibu bisa melakukan stimulasi tertentu. Dorongan agar bayi mau merangkak akan sangat membantu. Minimal, kekuatan tubuh bayi bisa semakin baik.

Cara Menstimulasi Bayi 8 Bulan Agar Mau Merangkak

Keterlambatan bayi dalam memperoleh kemampuannya kadang membuat ibu bingung. Sama juga dengan keengganan bayi untuk melakukan sesuatu. Misalnya bayi enggan merangkak meskipun sudah berusia 8 bulan.

Untuk menangani masalah tersebut, ibu bisa melakukan stimulasi sederhana agar bayi mau merangkak dengan sendirinya. Bagaimana caranya ibu melakukannya? Simak cara stimulasi bayi 8 bulan di bawah ini!

  • Pastikan bayi sudah mulai mampu tengkurap sendiri

Tahap pertama yang perlu ibu lakukan tentu saja memastikan kemampuan bayi dalam hal tengkurap. Posisi seperti ini akan menandai kemampuan selanjutnya, yaitu merangkak dan berdiri.

Di bulan sebelumnya, ibu tentu bisa melihat kalau bayi sudah mampu melakukannya. Dan di usia 8 bulanan, pastikan kalau bayi sudah mampu melakukannya sendiri secara bolak balik.

Kemapanan dalam hal ini menunjukkan kalau bayi memang sudah sangat terbiasa. Bahkan sudah menunjukkan kalau tubuhnya sudah sangat mumpuni untuk ditopang bagian tubuh lainnya. Jadi, bayi sudah siap ke fase selanjutnya.

  • Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap sehabis mandi

Memposisikan bayi usia 8 bulanan dalam keadaan tengkurap memang perlu dilakukan. Setidaknya, cara ini juga bisa dilakukan ketika bayi belum memiliki kemampuan tengkurap. Hanya saja, durasi waktunya saja yang berbeda.

Jika bayi masih belum bisa tengkurap, setidaknya cara ini dilakukan agar bayi terbiasa menahan tubuhnya. Akhirnya, bayi mulai mampu tengkurap sendiri di hari-hari berikutnya.

Sama dengan cara mendorong bayi untuk merangkak. Memposisikan bayi tengkurap sehabis mandi dirasa sangat membantu. Paling tidak, bayi akan mencoba menggeliat dan mulai menunjukkan keinginan untuk merangkak.

  • Rangsang dengan permainan di sekitarnya

Mainan untuk bayi 8 bulan sedari awal perlu diperhatikan. Jangan sampai permainan tersebut bisa melukai buah hati. Karena buah hati mulai bisa menggenggam sangat kuat, bahkan suka memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Pilihlah permainan yang lebih aman.

Di sini, tempatkan permainan di sekitarnya. Pastikan permainan yang menarik perhatiannya agak jauh dari jangkauan tangannya. Dengan demikian, ada usaha dari bayi untuk mendekatinya. Salah satunya adalah dengan merangkak.

Bila bayi sudah terbiasa untuk merangkak, lambat laun bayi juga bisa berdiri dengan sendirinya. Entah itu dengan berpegangan tangan ibu atau berpegangan benda di sekitarnya. Ibu harus banyak memperhatikan sekaligus menjaganya.

Intinya, bayi yang sudah memasuki usia 8 bulan memiliki keaktifan dalam merangkak. Jika bayi belum mampu melakukannya, ada baiknya memberikan stimulasi agar bayi mau melakukannya. Jadi, apakah bayi 8 bulan ibu sudah mampu merangkak?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *