Inspirasi Aktivitas Menyenangkan Bunda Bersama Bayi 5 Bulan Tercinta

konsultasi perkembangan balita
www.ibudanbalita.com

Bayi 5 bulan merupakan fase mengandung yang cukup nanggung. Tubuh bayi bisa dikatakan menuju tahap matang, namun bukan berarti petulangan orang tua akan berakhir. Masih ada beragam perkembangan lain di masa mendatang.

Pendidikan anak dimulai dari keluarga, barulah lingkungan. Orang tua tentu saja menjadi titik pertama yang sangat menentukan. Salah langkah sedikit saja, waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk membawa si kecil kearah lebih baik malah terbuang sia-sia. Inilah kenapa memilih jenis aktivitas dengan bayi yang tepat akan sangat menentukan arah perkembangan buah hati nantinya.

  1. Pancing mainan
    Manusia pada dasarnya menginginkan sesuatu yang sulit diperoleh. Ada rasa ‘seru’ tersendiri apabila ada masa perjuangan hanya untuk mendapatkan sesuatu. Sesederhana apapun.

    Jangan salah, walaupun bayi 5 bulan belum mampu memahami konsep cita-cita, rasa ambisi dalam diri bisa bangkit. Dengan mainan pancingan, tidak hanya bayi mulai mengenal target, dirinya juga belajar bagaimana memenuhi target tersebut. Bagi yang belum pernah mendengar pancing mainan, tenang, caranya cukup mudah.

    Barang yang diperlukan adalah mainan dan tali pancing atau benang yang kokoh namun tak terlihat. Usahakan memilih mainan yang memang sangat disukai buah hati. Rasa ketertarikan jauh lebih mudah dipancing apabila si kecil merasa familiar dengan barang tersebut.

Ikatkan benang pada mainan bayi, dan letakkan mainan di lingkup pandang si kecil. Gerakkan mainan dengan cara menarik benang, perlahan tapi pasti hingga bayi merasa tertarik dengan mainan tersebut. Secara naluriah manusia ingin menangkap sesuatu yang bergerak. Ketika si kecil mencoba meraih permainan, segera Tarik mainan menjauh.

Rasa penasaran akan kesulitan memperoleh mainan akan mendorong si kecil untuk bergerak hingga berhasil dapatkan mainan tersebut. Jangan lupa untuk meningkatkan dan memelankan kecepatan gerak mainan tergantung suasana hati si kecil. Berikan pujian, minimal dengan tepuk tangan dan senyum cerah apabila bayi berhasil menangkap mainan.

  1. Gelembung busa
    Bayi menyenangi benda apapun yang melintas di depannya. Semakin aneh suatu objek, bayi akan semakin senang. Termasuk permainan bayi sederhana setiap meniup gelembung sekalipun bisa meningkatkan perkembangan tubunya.

    Tenang saja, bukan berarti buah hati diminta meniup gelembung. Bahan kimia dalam sabun atau ramuan gelembung sangat mungkin terhirup ataupun masuk ke dalam mata, menyebabkan bahaya yang tak diinginkan. Tujuan dari aktivitas satu ini adalah membuat bayi bereaksi terhadap gelembung di udara, yang tentu saja ditiup oleh orang tua. Ketika bayi mampu merespon gelembung, minimal dengan melihat ke arah terbangnya gelembung, dapat dipastikan kemampuan pengelihatan bayi telah meningkat.

    Sekedar tips saja, bunda tidak harus membeli mainan gelembung di toko anak. Sabun cuci piring atau sisa sabun cair dengan campuran air sebetulnya sudah cukup untuk membuat gelembung. Bunda hanya membutuhkan stik bundar untuk meniup gelembung.

  2. Ciluk ba
    Permainan klasik seperti ciluk ba ternyata bisa meningkatkan kemampuan bayi, lho. Tentu saja, berhubung bayi ‘bukan anak kecil’ dalam artian sudah berkembang, maka modifikasi ciluk ba perlu diadakan. Gunakan pintu, atau tirai jendela dalam bermain ciluk ba dibanding hanya tiduran di kasur.

    Bersembunyi di balik tirai jendela sambil menarik perhatian bayi akan melatih kemampuan mendengarnya. Ketika bunda muncul secara tiba-tiba sambil berkata ciluk ba, si kecil otomatis akan merespon. Bahkan pada tindakan sederhana seperti ini, ada 3 aspek perkembangan yang sedang dilatih.

    Pertama bayi mampu mendengar dengan baik dan mengenali suara yang diberikan. Kedua, si kecil akan mampu mencari target dengan menggunakan lingkup pandang yang sudah semakin luas. Terakhir, bayi belajar bagaimana merespon secara sosial dengan memahami bahwa ada momen yang tepat untuk tertawa dan diam.

  3. Menari dalam musik
    Dansa merupakan aktivitas yang amat menyenangkan. Mendengarkan alunan musik, sambil menggerakkan tubuh sepertinya sudah menjadi favorit banyak orang. Bahkan, dalam konteks iseng sekalipun, menari-nari bisa menyenangkan hati, entah disadari atau tidak.

    Nah, kebiasaan menari ternyata bisa ditularkan pada si kecil. Tenang jangan dibayangkan bayi akan dibawa latihan menari tango yang super heboh atau tari jawa yang butuh jejakan kaki tetap. Bunda atau ayah cukup menjadi media penari bagi si kecil.

    Ada 2 cara untuk mengikuti alunan musik bersama bayi. Pertama bunda atau ayah bisa menidurkan si kecil pada kasur goyang, dan menggerakkan kaki dan tangan sesuai dengan irama musik. Kedua, gendong bayi pada posisi lurus berdiri lantas goyangkan dengan frekuensi pelan sambil perlahan mengikuti musik. Harap diingat cara kedua membutuhkan keahlian menggendong dan pengetahuan anatomi tubuh yang baik.

    Telinga bayi masih sangat sensitif. Meski musik legendaris dari Michael Jackson, atau mungkin Khrisye sekalipun tidak akan terdengar menyenangkan di telinga si kecil bila volume kurang tepat. Usahakan menyesuaikan keras tidaknya audio sesuai dengan kemampuan si kecil. Perhatikan raut muka bayi untuk mengetahui ketepatan suara.

Aktivitas bermain bayi memang menyenangkan hati. Bahkan empat permainan bayi diatas mampu meningkatkan kemampuan tumbuh kembang si kecil sehingga menjadi bonus tersendiri. Kendati demikian, selalu pastikan asupan gizi juga seimbang.

Walaupun bayi masih disusui selalu perhatikan kualitas air susu ibu. Konsumsi makanan bergizi tentu bisa membantu bayi memperoleh kebutuhan nutrisi dibanding tidak melakukan apapun. Bila jadwal, dan asupan nutrisi sudah aman, selamat mencoba aktivitas pengembangan bayi 5 bulan!(HN)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *