Inspirasi Cemilan Bayi Sehat

nutrisi harian anak 3 tahun
Source: Naturally Healthy Kids

Bayi suka nyemil bukan hal yang aneh. Toh, kalau diperhatikan konsumsi orang dewasa jauh lebih berat pada makanan ringan dibanding jenis lain. Sangatlah wajar kalau cemilan bayi kerap jadi pilihan utama sebagian besar anak kecil.

Makan cemilan tidak selamanya ide yang bagus. Pasalnya, cemilan bersifat sedikit namun sering dan dapat memicu kekenyangan dalam taraf yang cukup tinggi. Akibatnya, anak mudah kenyang dan ogah makan hidangan bersama. Padahal, sebagian besar makanan ringan tidak bertujuan membantu tumbuh kembang si kecil.

Daripada berkeluh kesah mengenai kondisi buah hati, mungkin ini saatnya ambil kesempatan dalam kesempitan. Kalau memang anak jauh memilih makanan ringan dibanding berat, manfaatkan saja celah untuk hidangan cemilan anak menyehatkan. Bukanakah dengan cara demikian, jauh lebih mudah bagi si kecil untuk merasa kenyang dan puas di saat bersamaan?

  1. Jus dan smotthie
    Minuman adalah cara paling mudah dan cepat dalam penyerapan gizi. Terutama untuk bayi yang tidak memiliki kemampuan kunyah yang baik, minum merupakan pilihan tepat untuk selipkan gizi dalam cemilan anak.

    Umumnya jus dan smoothie menggunakan buah sebagai elemen utama hidangan. Kendati demikian, perkembangan dunia kuliner masa kini menunjukkan bahwa buah bukan pilihan satu-satunya untuk membuat jus. Bahkan kalau berkenan bunda bisa pakai sayur mayur yang dicampur buah untuk diolah menjadi jus.

    Berhubung perut bayi sangatlah sensitif, maka hati-hati dalam memilih kombinasi termasuk ‘bintang utama’ jus. Usahakan memakai buah atau sayur yang telah terbukti tidak pernah timbulkan reaksi alergi pada si kecil. Ingat, sedikit saja buah atau sayur menunjukkan gangguan, ada baiknya tidak pernah dipakai oleh ibunda.

  2. Es lilin
    Dunia es sangatlah luas. Mulai dari es balok yang terbuat dari air yang dibekukan hingga es krim yang terbuat dari sejenis krim kocok. Ada satu jenis es yang sangat baik dikonsumsi buah hati sekaligus berikan gizi dan nutrisi dengan pembuatan super mudah yang disebut es lilin.

    Terkadang bayi tidak menghabiskan semua jus yang diberikan. Dibuang sayang, lebih baik gunakan bahan tersebut untuk membuat es. Sediakan saja cetakan es lilin, dan tuang sisa jus dalam es tersebut. Jangan lupa untuk pantau seberapa beku es, karena meski terkesan enak, dan segar, bayi belum mampu menangani tingkat dingin tertentu.

    Pada saat tumbuh gigi, bayi akan rasa kesakitan yang luar biasa. Dalam pemberian es lilin akan sangat menguntungkan si kecil. Bentuknya yang padat menjadi sumber kunyahan yang cukup lama, dan suhu dingin bekukan membuat rasa nyeri terasa lebih ringan.

  3. Panekuk pisang
    Buah kuning berbentuk panjang satu ini memang digemari banyak anak kecil terutama bayi. Rasanya creamy dengan sedikit sentuhan manis, membuat buah pisang menarik perhatian orang. Ditambah lagi, kandungan potassium dalam pisang cukup menaikkan pertimbangan untuk beri makan si kecil.

    Siapa sangka kalau pisang sangatlah mudah diolah menjadi makanan apa saja termasuk cemilan empuk seperti panekuk. Caranya sangat mudah, ayah bunda cukup potong pisang kecil-kecil, hancurkan, kemudian campur dengan telur dan susu. Pisang akan menjadi pengganti tepung yang biasa digunakan untuk resep panekuk. Gunakan minyak sedikit untuk memanaskan wajan dan “panekuk siap digoreng”.

  4. Keju balok
    Fondasi tubuh terletak pada tulang kokoh. Karenanya pemberian kalsium sebagai bagian tumbuh kembang bayi tentu menjadi ide yang sangat bagus. Salah satu sumber kalsium terbaik terletak pada susu. Ya, produk sapi memang terkenal dengan asupan kalsium lengkap dengan vitamin D untuk tubuh.

    Ada cara menyenangkan untuk bujuk buah hati dapatkan kebutuhan kalsium sehari yakni dengan produk olahan susu. Salah satu bentuk olahan susu dikenal luas dengan sebutan keju. Hanya dengan keju seseorang bisa dapatkan kenikmatan dan manfaat susu lewat tekstur yang unik dan menyenangkan.

    Hidangan keju untuk bayi tidaklah sulit. Ayah bunda bisa campurkan keju dengan bahan lainnya seperti menyisipkan keju balok pada salad buah. Resep fondue yakni melelehkan keju untuk dijadikan suas bisa jadi ide bagus. Dalam penggunaan keju leleh, orang tua wajib berhati-hati untuk tidak timbulkan kotor disana-sini.

  5. Sayur rebus
    Sayur kurang populer karena rasanya yang kurang menyenangkan. Terlebih dengan kegemaran mayoritas bayi terhadap makanan manis, sangatlah jelas kalau sayur bukan pilihan utama. Ternyata, ada trik tersendiri untuk hidangan sayur disukai oleh bayi pada umumnya.

    Rebusan air telah terkenal untuk merubah rasa sayur. Ternyata, dibalik teknik sederhana tersebut, terjadi kontruksi perasaan sayur. Ketika sayur masuk dalam rebusan, secara otomatis rasanya akan berubah menjadi lebih manis. Untuk lebih mudahnya, perhatikan cita rasa daun bawang yang berubah hanya karena direbus.

    Pilih sayur dengan warna terang bisa menjadi ide bagus dalam mendorong bayi makan. Wortel, timun, kentang, dan beragam sayuran cerah lainnya bisa jadi cemilan sehat untuk bayi yang sangat cepat dan mudah dibuat. Tambahan saja, gunakan cetakan kue untuk membuat tampilan sayur lebih menarik hati.

Kunci cemilan sehat terletak pada kreativitas ibu dan ayah. Asalkan pemilihan bahan sudah tepat, harusnya ayah bunda tak lagi perlu khawatir akan pengolahan. Tepat dalam artian bahan terpilih tidak timbulkan alergi atau penyakit tidak diinginkan. Bahkan, dengan potensi yang sangat luas, ayah bunda bisa temukan cemilan bayi sehat yang tidak pernah ditulis dalam buku resep manapun di dunia.(HN)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *