Jadi Bunda Tanggap Atasi Ruam Popok Bayi, Yuk!

mengatasi ruam popok
Johnson’s Baby Indonesia

Bayi menangis adalah hal yang wajar. Namun, mendengar si Kecil banyak menangis juga membuat hati Bunda terasa menyakitkan, bukan? Apalagi jika tangisan bayi disebabkan rasa tidak nyamannya akibat ruam popok. Jika demikian, Bunda harus segara bertindak untuk mengatasi ruam popok yang terjadi pada buah hati tercinta. Jangan biarkan si Kecil menderita terlalu lama, lama. Jika tidak, ia akan menangis sepanjang hari karena rewel.

Baiklah, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Bunda lakukan untuk mengatasi ruam popok pada bayi agar si Kecil kembali merasa nyaman dan ceria seperti sedia kala.

Jaga Kebersihan Kulit Bayi di Area Popok

Ruam popok sebenarnya wajar dialami oleh sebagian besar bayi baru lahir. Namun, meski ruam popok yang dialami bayi adalah hal yang lumrah, alangkah lebih baiknya jika Bunda melakukan pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi. Mengatasi ruam popok yang terjadi pada kulit bayi bisa dicegah jika Bunda rajin memperhatikan kebersihan bayi terutama di area popok yang biasa terkena air kencing dan tinja bayi.

Tunggu Kulit Bayi Kering

Saat membersihkan bagian pantat dan kelamin bayi, jangan langsung menutupnya dengan popok ya, Bunda. Cara mengatasi ruam popok pada bayi adalah dengan membiarkan bagian pantat bayi kering terlebih dahulu sebelum dikenakan popok. Seka pelan-pelan kulit bayi setelah dibasuh, kemudian baru memakaikan popok baru.

Biarkan Kulit Bayi Sedikit ‘Bernapas’

Nah, Bunda juga tidak seharusnya membiarkan bayi selalu mengenakan popok. Tentunya, kulit bayi juga memerlukan udara untuk “bernapas”. Secara tidak langsung udara dapat membantu mengatasi ruam popok sebagai pembersihan otomatis dari kuman dan bakteri penyebab ruam. Jadi, buka popok bayi sekali-sekali meski si Kecil tidak sedang mengompol.

Kurangi Penggunaan Popok Sekali Pakai

Memakai popok sekali pakai memang sangat praktis. Namun, sebaiknya Bunda tidak sering-sering memakaikan popok sekali pakai pada bayi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kulit bayi juga perlu bernapas, apalagi yang sudah terkena ruam. Karena itu, pakaiakan popok sekali pakai hanya saat urgent saja ya, Bunda. Jika tidak, pakai popok kain biasa saja.

Hindari penggunaan kosmetik bayi mengandung alkohol

Selanjutnya, Bunda sebaiknya juga tidak mengoleskan kosmetik apapun yang mengandung alkohol. Penggunaan sabun atau tisu basah yang mengandung alkohol hanya akan memperparah ruam dan membuat bayi semakin tidak nyaman karena pedih. Hal tersebut juga berlaku pada baby oil. Bunda tidak boleh sembarangan mengoleskan baby oil di bagian ruam.

Gunakan salep khusus ruam popok

Untuk mengatasi ruam popok parah, diperlukan tindakan yang lebih serius, Bunda. Salah satunya adalah dengan mengoleskan salep khusus untuk ruam popok. Bunda tidak perlu khawatir karena di pasaran banyak menyediakan salep atau obat oles untuk ruam dari berbagai merek. Di apotek juga menjual obat ruam yang aman meski tanpa resep dokter.

Terlepas dari cara mengatasi ruam popok di atas, hal paling penting untuk Bunda perhatikan adalah kebersihan. Bukan hanya kebersihan kulit semata, melainkan juga kebersihan sekitar seperti tempat tidur, pakaian bayi, selimut bayi, popok kain, maupun air yang digunakan untuk memandikan dan membersihkan bayi. Nah, semoga informasi tentang cara mengatasi ruam popok yang telah disebutkan di atas bermanfaat untuk Bunda, ya!

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *