Jangan Asal Pilih, Ketahui Dulu Jenis Game Yang Disarankan Untuk Balita 4 Tahun

Friso
www.friso.co.id

Semakin banyak pilihan permainan untuk balita. Cek saja di toko permainan anak-anak. Ibu akan temukan puluhan dan bahkan ratusan permaianan yang bisa ibu beli.

Namun, jangan asal beli ya. Ibu harus sesuaikan permainan tersebut dengan usia sang buah hati. Jika usia balita ibu sudah mencapai 4 tahun dan bahkan lebih, ibu harus tahu permainan seperti apa yang bagus untuk si kecil.

Ingat, permaianan seharusnya bisa mengopatimalkan tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu, jangan asal pilih game untuk balita 4 tahun. Ibu harus tahu jenis game untuk balita 4 tahun itu seperti apa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasannya.

Mengasah Sisi Kognitif

Ada istilah game edukatif. Ini artinya game tersebut tidak hanya membuat anak bahagia dan ceria saja, tapi juga secara tidak langsung si kecil belajar hal yang baru. Itulah kenapa ada istilah game atau permainan edukatif.

Dalam hal ini, untuk balita usia 4 tahun, tidak salah jika ibu sudah memberikan permainan yang juga sekaligus mengasah sisi kognitif anak. Contohnya saja game kartu di mana terdapat gambar serta nama gambar tersebut dalam bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.

Bukan berarti ibu mengajarkan si kecil bahasa inggris ya. Namun, setidaknya ibu sudah mengenalkan saja beberapa kosakata bahasa inggris.

Dan tentu saja ada banyak pilihan permainan lainnya yang bisa mengasah sisi kognitif anak.

Membiasakan Si Kecil Fokus

Apa yang membedakan antara anak yang cerdas di sekolah dengan yang kurang begitu cerdas?

Tidak bisa dipungkiri kemampuan otaknya memang sangat berpengaruh. Hanya saja, kemampuan si kecil untuk fokus juga tak kalah penting.

Kemampuan otak bagus tapi jika tidak digunakan sama juga bohong, kan? Itulah mengapa anak yang super cerdas merupakan anak yang memiliki kemampuan kognitif yang bagus ditambah dengan kemampuannya untuk fokus.

Ini yang menjadi isu sekarang ini. Para guru mengatakan anak perempuan ketika berada di sekolah lebih fokus terhadap pelajaran daripada anak laki-laki. Hal ini mengakibatkan prestasi anak perempuan secara keseluruhan lebih baik daripada anak laki-laki.

Isu ini tidak akan lagi ada jika ibu sudah membiasakan si kecil untuk belajar fakus. Ada banyak permainan yang mengajarkan si kecil untuk fokus seperti menyusun balok, puzzle, dan lain sebagainya.

Belajar Kerjasama

Bersosialisasi merupakan kunci yang paling penting untuk perkembangan anak usia 4 tahun. Ada banyak anak cerdas dan nol dalam sosialisasi. Mereka lebih sering menyendiri di rumah, bermain sendiri di rumah, dan belajar sendiri di rumah.

Dan apa yang terjadi? Ketika dewasa nanti ia akan menjadi orang pemalu dan kurang bagus dalam bersosialisasi dengan orang lain.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sangat penting bagi ibu untuk memberikan permainan yang mengajak si kecil untuk bekerjasama dengan orang lain.

Ibu juga bisa mengajak anak tetangga yang seusia dengan anak ibu untuk bermain bersama di rumah. Ini jauh lebih baik daripada ibu sendiri yang menjadi partner bermain anak.

Ingin tahu permainan edukatif seperti apa yang bisa ibu berikan untuk balita 4 tahun? Silakan ibu kunjungi www.friso.co.id untuk mendapatkan permainan edukatif yang sesuai dengan kriteria tersebut di atas.

Yang pasti, kurangi permainan gadget karena permainan tersebut akan membuatnya individualis, kurang bisa bersosialisasi dengan orang lain.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *