Jangan Biasakan Si Kecil Gosok Gigi Setelah Makan

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Banyak yang menganggap jika gosok gigi setelah makan itu bisa membuat gigi selalu sehat. Mungkin ibu juga beranggapan yang sama. Ternyata, anggapan tersebut kurang tepat. Justru sebaliknya, gigi akan mudah rusak jika setelah makan langsung digosok.

Untuk itu, mulai sekarang, jangan biasakan si kecil gosok gigi setelah makan ya. Agar ibu lebih mengerti, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Jika Langsung Gosok Gigi Setelah Makan

Sebenarnya ada baik dan juga ada buruknya jika menggosok gigi. Terlalu sering menggosok gigi bisa merusak email. Dan ini sangat tidak bagus untuk kesehatan gigi.

Dan alasan inilah yang digunakan ketika si kecil langsung menggosok gigi setelah makan. Email akan rusak.

Hal ini disebabkan kandungan pH dalam mulut rendah akibat air liur yang berkurang ketika sedang makan. Air liur inilah yang menetralkan pH di dalam mulut. Jika pH kurang dan si keci langsung menggosok gigi setelah makan, maka email akan menjadi lemak dan gigi akan mudah rusak.

Inilah kesimpulan yang bisa diambil dari artikel ilmiah yang ditulis ahli kesehatan anak di www.ibudanbalita.com. Jika ibu ingin mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan gigi anak, ibu kunjungi website tersebut dan tanya pakar secara langsung.

Namun, pada intinya, menggosok gigi setelah makan itu sangat tidak dianjurkan. Jadi, sebaiknya ibu tidak mengajarkan hal ini kepada si kecil ya.

Yang Sebaiknya Dilakukan

Menggosok gigi memang sangat penting. Menggosok gigi bisa membuat gigi bersih. Kotoran yang masih ada pada gigi bisa dibersihkan. Pasalnya, kotoran tersebutlah yang bisa menyebabkan gigi rusak dan sakit gigi.

Namun, penjelasan di atas tentang bagaimana gigi justru akan mudah rusak jika langsung menggosok gigi setelah makan membuat ibu harus waspada, jangan sampai si kecil terbiasa menggosok gigi setelah makan ya.

Sebaiknya ibu mengajarkan agar si kecil menunggu hingga 15-20 menit setelah makan baru kemudian ia bisa menggosok gigi. Waktu tersebut dibutuhkan agar air libur bisa menetralkan pH di dalam mulut terlebih dahulu sehingga ketika ia menggosok gigi, maka gigi tidak akan rusak.

Jadi, sudah tahu kan apa yang harus ibu lakukan?

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Menggosok gigi tentu hal yang wajib. Ini merupakan cara merawat kesehatan gigi yang bisa dilakukan setiap hari.

Lalu, apakah perlu perawatan tahap selanjutnya? Tentu saja hal tersebut dibutuhkan. Memeriksakan gigi ke dokter setidaknya dua kali dalam satu tahun sangat diperlukan. Apalagi jika anak ibu sudah mulai mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Tentu saja perawatan gigi dari seorang dokter gigi sangat dibutuhkan. Jangan sampai ibu terlambat. Baru ketika si kecil mengalami karies ibu baru bawa dia ke dokter gigi.

Kebanyakan anak kecil mengalami gigi karies disebabkan orang tua tidak begitu tahu bagaimana cara merawat gigi si kecil. Mereka hanya tahu agar si kecil menggosok gigi setiap hari. Sementara itu, mereka tidak mengerti bagaimana cara menggosok gigi yang benar dan pasta gigi yang bagus untuk si kecil itu seperti apa.

Akan lebih baik jika ibu tanya langsung dengan seorang pakar di website ibu dan balita. Kunjungi website tersebut lalu daftarkan diri ibu sebagai anggota. Dengan demikian, ibu bisa tanya dengan pakar dan juga bisa bergabung dengan komunitas orang tua yang memiliki balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *