Jangan Dulu Melahirkan Jika Belum Mempersiapkan Hal Ini!

Persiapan Untuk Melahirkan
Johnson’s Baby Indonesia

Persiapan untuk melahirkan menjadi sebuah momentum yang dinantikan oleh para calon ibu setelah menjalani masa kandungan selama kurang lebih 9 bulan. Hal yang diinginkan pasti adalah proses melahirkan yang lancar dan selamat bagi ibu dan juga bayi. Namun, sebagai calon ibu sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal agar tidak kebingungan saat proses melahirkan terjadi. Apa saja itu?

  1. Persiapkan rumah sakit dan dokter

Ketika telah mendekati hari H persalinan, mulailah untuk mencari informasi mengenai rumah sakit dan dokter kandungan yang tepat untuk Anda. Hal ini dilakukan agar Anda mengetahui bagaimana prosedur dan proses yang akan dilakukan selama proses melahirkan, untuk jarak juga harus disesuaikan. Kalau bisa jangan mencari rumah sakit yang terlalu jauh dari tempat tinggal.

  1. Membawa barang-barang yang diperlukan

Agar saat Anda berada di rumah sakit dan selama proses melahirkan bisa merasa nyaman. Beberapa barang yang harus dibawa adalah:

  • Jam tangan untuk melihat seberapa sering kontraksi Anda
  • Minyak untuk memijat agar Anda dapat merasa lebih santai
  • Pakaian yang nyaman agar selama proses persalinan Anda merasa nyaman dan tidak ribet
  • Buku atau majalah untuk mengisi waktu Anda selama menunggu proses persalinan
  • Peralatan mandi diperlukan agar setelah melahirkan Anda dapat membersihkan diri dengan nyaman
  • Pakaian dalam dan bra khusus menyusui juga perlu dipersiapkan dalam proses melahirkan
  • Pembalut khusus ibu melahirkan juga sangat perlu dipersiapkan sebanyak 2 atau 3 bungkus. Ini diperlukan untuk menyerap banyak darah yang keluar setelah melahirkan
  • Baju bayi dan peralatan lainnya seperti popok, selimut, sarung tangan dan kaus kaki juga setidaknya harus dipersiapkan walaupun rumah sakit telah mempersiapkannya
  1. Tentukan pilihan cara melahirkan Anda

Dalam melahirkan terdapat beberapa metode yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan pribadi ibu dan keadaan bayi. Berikut akan dijelaskan beberapa cara melahirkan sebagai salah satu persiapan untuk melahirkan.

  • Melahirkan secara normal – Ketika seorang wanita melahirkan secara normal maka ia akan merasa menjadi wanita seutuhnya karena melalui prosedur yang memang telah ditentukan. Dalam prosedur melahirkan secara normal juga memiliki kelebihan, diantaranya adalah rasa sakit yang dirasakan tidak begitu lama dan proses mengeluarkan bayi juga tidak selama jika dilakukan dengan proses caesar.
  • Melahirkan melalui operasi caesar – Ketika melahirkan secara normal tidak mungkin dilakukan maka proses melahirkan akan dilalui dengan operasi caesar. Operasi ini dilakukan dengan menyayat bagian perut hingga rahim dengan diberikan bius lokal sehingga Anda akan tetap terbangun saat operasi berlangsung dan bisa melihat bayi Anda. Biasanya pasangan yang memilih untuk melalui proses melahirkan dengan operasi caesar adalah karena takut mengalami rasa kontraksi saat melahirkan secara normal. Namun, biasanya operasi caesar dilakukan jika kontraksi lambat terjadi atau bahkan tidak terjadi sama sekali, bayi yang akan dilahirkan terlalu besar untuk dikeluarkan secara normal, sang ibu memiliki masalah kesehatan jantung atau posisi bayi berada di kondisi yang tidak memungkinkan untuk melahirkan secara normal.
  • Water birth – cara melahirkan dengan metode ini dilakukan di kolam kecil berisikan air hangat yang dimaksudkan untuk mengurangi rasa nyeri pada saat kontraksi dan melahirkan, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman. Dalam beberapa penelitian diketahui bahwa cara melahirkan dengan metode ini dapat mengurangi terjadinya kerobekan parah pada vagina dan dapat meningkatkan aliran darah ke rahim.

Setelah mengetahui berbagai hal yang perlu disiapkan saat mendekati proses melahirkan, maka sebaiknya Anda persiapkan hal ini dari sekarang agar tidak terburu-buru saat nanti proses melahirkan ternyata maju. Maka, jangan khawatir karena sesungguhnya persiapan untuk melahirkan sangatlah penting.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *