Jangan Remehkan Bengkak Pada Kaki, Segeralah Konsultasi Kehamilan

konsultasi kehamilan
Ibu dan Balita

 

Konsultasi kehamilan bisa ibu lakukan satu bulan sekali. Namun, jika terjadi bengkak pada kaki, ibu perlu segera datang ke dokter untuk mengetahui apa yang sedang ibu alami.

Bengkak pada bagian kaki bagi ibu hamil memang bukan hal yang berbahaya. Hal tersebut normal terjadi pada saat ibu sedang mengandung. Hanya saja, pada kondisi tertentu, bengkak tersebut bisa mengakibatkan hal yang lebih buruk untuk kesehatan ibu.

Untuk lebih jelasnya, ibu bisa simak penjelasan berikut ini.

Bengkak Saat Hamil dan Akibat yang Bisa Ditimbulkan

Pada masa kehamilan ibu sudah mencapai trimester ketiga, ibu akan merasakan beban yang berat karena usia kandungan yang semakin tua. Bayi dalam kandungan menjadi lebih berat karena beberapa organ tubuhnya sudah bisa dikatakan sempurna.

Akan tetapi, bukan itu yang menjadi masalah. Yang menjadi persoalan adalah ketika kaki ibu bengkak akibat beban bayi di dalam kandungan yang semakin berat. Dalam hal ini, bengkak pada bagian kaki bisa mengakibatkan kejang-kejang lho. Itulah mengapa saat ibu mengalami bengkak pada bagian kaki, sebaiknya ibu segera konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan.

Mungkin ibu merasa aneh kenapa kejang-kejang berhubungan dengan kaki bengkak. Memang sepertinya tidak ada hubungannya. Akan tetapi, dari beberapa kasus yang terjadi, kebanyakan ibu hamil mengalami bengkak pada bagian kaki di mana hal tersebut disertai dengan sakit kepala yang parah. Dalam hal ini, ibu harus tahu bahwa bengkak pada bagian kaki tersebut disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar. Bukan tidak mungkin dalam waktu yang sama aliran darah pada ke kepala pun tidak lancar sehingga mengakibatkan sakit kepala.

Itulah mengapa jika kaki ibu bengkak apalagi dalam kurun waktu yang tidak pendek, ibu segera melakukan konsultasi kehamilan, entah dengan dokter kandungan atau dengan bidan. Saat konsultasi, ibu bisa bertanya bagaimana cara menyembuhkan bengkak dan apakah ada resiko ibu terkena sakit kepala. Pasalnya, jika sakit kepala parah, hal tersebut bisa membuat ibu kejang-kejang.

Informasi yang satu ini tidak untuk membuat ibu serba khawatir ketika ibu mengandung. Hanya saja, setelah ibu tahu informasi tentang pentingnya konsultasi kehamilan, ibu juga tidak menyepelekan bengkak pada kaki saat ibu hamil. Pasalnya, bengkak pada bagian kaki bisa mengakibatkan sakit kepala yang parah dan bukan tidak mungkin mengakibatkan kejang-kejang.

Hal yang Bisa Ibu Lakukan Saat Kaki Bengkak

Sebenarnya, ada langkah-langkah awal yang bisa ibu lakukan saat kaki ibu bengkak. Hanya saja jika bengkak tersebut parah dan berlarut-berlarut, maka langkah terakhir yang harus ibu lakukan adalah konsultasi kehamilan.

Langkah awal yang bisa ibu lakukan saat mengalami bengkak pada bagian kaki adalah istirahat dengan cara meluruskan kaki. Dengan cara tersebut, aliran darah bisa lancar. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bengkak pada bagian kaki saat ibu hamil itu disebabkan aliran darah ke bagian kaki terhambat. Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa ibu lakukan adalah mengistirahatkan kaki.

Jika cara tersebut tidak ampuh, ibu bisa merendam kaki dengan menggunakan air hangat. Hal ini dikarenakan air hangat bisa mengendurkan otot kaki yang mengeras. Jika tidak berhasil juga, segera ibu datang ke dokter kandungan atau bidan untuk melakukan konsultasi kehamilan.

Yang jelas, ibu tidak boleh menyepelakan keluhan kesehatan yang ibu alami saat hamil. Ibu harus ingat bahwa ada janin yang ibu di kandungan ibu. Jangan sampai hal yang kelihatannya sepele membuat perkembangan janin terpengaruh. Sekecil apapun keluhan kesehatan yang ibu rasakan, ibu harus konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *