Jangan Salah Langkah, Ini Cara Tepat Memijat Bayi

Cara Memijat Bayi yang Benar
Johnson’s Baby Indonesia

Bunda, sebelum memijat buah hati tercinta, sebaiknya perhatikan cara memijat bayi yang benar terlebih dahulu, ya. Bayi memiliki kulit yang masih sangat sensitif dan tulang yang lunak. Jadi, jangan biarkan bayi Bunda kesakitan karena memijat bayi dengan cara yang kurang tepat. Lantas bagaimana cara pijat bayi baru lahir dengan benar? Ini dia tipsnya!

Pilih baby oil yang tepat

Cara memijat bayi yang benar pertama yang harus dilakukan adalah memilih minyak bayi yang tepat. Cara memilih minyak yang baik untuk bayi adalah dengan menguji apakah minyak tersebut cocok dengan kulit buah hati Bunda. Jika tidak terjadi reaksi yang mengkhawatirkan, artinya minyak tersebut aman untuk digunakan.

Mulai dari kaki

Tutorial pijat bayi yang benar adalah dimulai dari kaki. Alasannya adalah kaki merupakan bagian tubuh bayi yang kurang sensitif apabila dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Mulai dari paha ya, Bunda. Lakukan gerakan melingkar yang lembut hingga ke pangkal kaki.

Beri tekanan ringan di telapak kaki

Telapak kaki adalah bagian yang baik untuk menstimulasi sistem tubuh bayi. Nah, berikan tekanan ringan di bagian ini agar mendapatkan manfaat pijat bayi. Pijat juga bagian jari kaki karena bisa membantu mengatasi masalah gigi dan mempercepat pertumbuhan gigi buah hati Bunda.

Cara memijat bagian perut

Manfaat pijat bayi akan dirasakan buah hati jika Bunda memijat perut dengan cara yang benar. Untuk memijat perut, sebaiknya dilakukan dari atas ke bawah dengan tekanan yang lembut. Manfaat memijat perut akan membantu pencernaan dan menyingkirkan gas yang ada dalam perut buah hati tercinta.

Cara memijat bagian punggung

Cara memijat bayi yang benar pada bagian punggung juga perlu Bunda terapkan. Tengkurapkan bayi dengan posisi tepat, kemudian pijat dengan gerakan melingkar yang lembut mulai dari pantat hingga leher bayi secara maju mundur. Memijat punggung bayi sangat berguna untuk membuat bayi rileks dan tidur dengan tenang.

Cara memijat bagian dada

Ketika sampai di bagian dada, pijat bayi dengan membuat gerakan ke atas hingga ke pundak atau bagian belakang leher. Kemudian ke bagian kiri dan kanan atau ke tulang selangka seolah membentuk gambar hati. Setelah itu, kembali lagi ke bagian ulu hati. Lakukan juga gerakan diagonal atau membentuk huruf X dari bagian dada kanan ke dada kiri bayi, demikian juga sebaliknya. Begitulah cara pijat bayi di bagian dada dengan benar.

Cara memijat bagian lengan bayi

Nah, untuk memijat bagian lengan bayi, mulailah dari bagian pundak ke pergelangan tangan. Seperti biasa, lakukan gerakan melingkar dengan lembut. Pijat juga telapak tangannya dengan ibu jari, ya. Punggung tangannya juga perlu diberi sentuhan lembut agar kedekatan batin Bunda dengan buah hati semakin terjalin.

Cara memijat bagian wajah

Memijat bagian wajah bayi pun termasuk cara memijat bayi yang benar. Caranya, letakkan ibu jari Bunda di antara dua alis bayi. Pijat dengan lembut sesuai arah alis si Kecil kemudian kembali ke pangkal alis dan turun ke tulang hidung.

Waktu yang tepat memijat bayi

Lalu, kapan waktu memijat bayi yang tepat? Idealnya, bayi dipijat sesaat sebelum si Kecil tidur. Setelah dipijat, biasanya bayi akan langsung tidur. Begitu bangun, segera mandikan si Kecil agar kembali segar. Itulah cara memijat bayi yang benar.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *