Jangan Sepelekan Jika Porsi Makan Ibu Berkurang Saat Hamil

Friso
www.friso.co.id

Sudah seharusnya seorang ibu hamil harus menjaga asupan nutrisi. Akan tetapi, bagaimana jika justru nafsu makan berkurang atau bahkan hilang?

Ini sebenarnya dialami oleh hampir semua ibu hamil. Bisa dikatakan ini merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, bukan berarti hal yang wajar tersebut harus dibiarkan, bukan? Karena bagaimana pun nutrisi lebih banyak dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin di dalam kandungan.

Apakah ibu merasakan nafsu makan berkurang akhir-akhir ini? Ibu bisa lihat berapa porsi makan ibu setiap hari. Jika sepertinya porsi makan berkurang, sebaiknya ibu hati-hati.

Penyebab Nafsu Makan Ibu Hamil Berkurang

Apakah ada hubungannya dengan perubahan hormon? Menurut pakar kesehatan ibu hamil, memang ada hubungan antara produksi hormon yang meningkat selama masa kehamilan dengan berkurangnya nafsu makan.

Akan tetapi, perubahan hormonal tersebut tidak bisa dijadikan faktor utama. Ada hal lain yang juga tak kalah berpengaruh.

Salah satunya rasa nyaman yang ibu rasakan. Apalagi jika ibu sering mual dan muntah atau yang sering disebut dengan morning sickness. Sudah dipastikan ibu merasa kurang bergairah untuk mengkonsumsi makanan.

Lebih parah lagi, ada juga ibu hamil yang trauma karena setiap kali mengkonsumsi makanan ia langsung memuntahkan makanan tersebut. Akibatnya, ia tidak mau makanan.

Bagi ibu hamil yang sekarang usia kehamilannya sudah mencapai trimester ketiga, ibu harus hati-hati. Pasalnya, terkadang bayi berkembang lebih besar sehingga membuat perut tertekan karena perkembangan bayi tersebut. Akibatnya ibu tidak merasa lapar.

Bagaimanapun juga, tetap saja ibu harus mengkonsumsi makanan. Paksa diri ibu untuk mengkonsumsi makanan karena itulah yang membuat nutrisi harian terpenuhi.

Saran yang Perlu Ibu Coba

Jika ibu merasa nafsu makan berkurang, mungkin sudah saatnya ibu menerapkan tips yang berikut ini.

  • Mengkonsumsi Makanan dalam Porsi Sedikit, Asalkan Sering

Sebenarnya ini merupakan tips pola makan yang sehat bagi semua ibu hamil, terlepas memiliki masalah dengan nafsu makanan yang berkurang atau tidak.

Dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang kecil, maka hal tersebut akan menurunkan resiko mengalami morning sickness. Sementara itu, nutrisi tetap terpenuhi jika setiap hari ibu makan lebih dari 3 kali.

  • Minum Susu

Sayang sekali jika masih ada ibu hamil yang tidak mau minum susu. Padahal, di dalam susu ibu hamil, terdapat semua nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk berkembang.

Lebih dari itu, nutrisi di dalam susu juga bagus untuk memenuhi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh selama ibu mengandung.

Masih tidak percaya jika susu ibu hamil itu bagus untuk dikonsumsi?

  • Pilihlah Buah yang Mengenyangkan

Buah tidak hanya memberikan vitamin yang tinggi, tapi ada juga buah yang membuat tubuh ibu berenergi. Jadi, jika ibu merasa kurang berselera untuk makan, ibu bisa paksa diri ibu untuk makan sembari ibu memenuhi kebutuhan energi dengan mengkonsumsi buah seperti buah pisang.

Buah pisang merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hal inilah yang membuat ibu akan merasa kenyang dan tidak mudah merasa lapar.

Yang pasti, jangan sampai ibu makan hanya sedikit. Nutrisi harus dipenuhi. Jika tidak, maka perkembangan bayi di dalam kandungan bisa saja terganggu.

Memang perkembangan bayi itu disebabkan oleh banyak hal. Selain nutrisi, ibu juga harus tahu lebih banyak lagi faktor yang menyebabkan perkembangan bayi baik di situs www.friso.co.id

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *