Jauhi Makanan ini Jika Ibu Ingin Tumbuh Kembang Balita Optimal

tumbuh kembang balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita memang harus benar-benar diperhatikan. Salah memberikan makanan saja bisa mengakibatkan terganggunya perkembangan si kecil. Itulah mengapa peran ibu sangatlah penting. Tidak hanya memberikan stimulus yang baik, tapi juga untuk memastikan perkembangan balita baik.

Sayangnya, banyak orang tua yang menyepelekan masalah menu makanan yang diberikan setiap hari untuk si kecil. Padahal, makanan memiliki peran yang sangat signifikan dalam menentukan tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, ibu harus hati-hati memberikan makanan untuk si kecil. Yang pasti, makanan berikut ini tidak boleh ibu berikan kepada sang buah hati.

Makanan yang Mengandung MSG

Ada yang bilang makanan tanpa dicampur dengan MSG rasanya hambar. Hal tersebut memang benar. Makanan terasa lebih lezat jika salah satu bumbunya dicampur dengan MSG. Katanya, itu pula yang menjadi rahasia kenapa chinese food itu rasanya disukai banyak orang.

Akan tetapi, demi tumbuh kembang anak yang optimal, sebaiknya ibu tidak memberikan menu makanan yang mengandung MSG untuk anak ibu. Selain tidak baik untuk perkembangan balita, makanan yang mengandung MSG juga bisa merusak sistem perkembangan otak. Bahkan, para peneliti perkembangan anak mengatakan bahwa beberapa penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson itu dipengaruhi terlalu banyak mengkonsumsi makanan di mana terdapat MSG dalam kandungan makanan tersebut. MSG sedikit demi sedikit merusak sebagian besar otak. Itu penjelasan dari para ahli kesehatan.

Jadi, apakah ibu masih ingin memberikan makanan yang mengandung MSG? Jika ibu ingin memberikan makanan yang enak, sebenarnya ada banyak makanan yang bahannya tidak perlu ditambahkan MSG. Dan yang pasti, makanan sehat tersebut baik untuk tumbuh kembang balita.

Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Sekarang ini, banyak sekali lho makanan yang katanya diperuntukkan untuk anak-anak tapi justru mengandung pemanis buatan. Memang anak-anak suka makanan yang manis. Akan tetapi, ibu harus teliti dulu apakah rasa manis tersebut dari pemanis buatan. Jika ya, maka itu bukanlah makanan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Makanan dengan pemanis buatan bisa merusak otak. Biasanya, produk yang mengandung pemanis buatan adalah yogurt, permen karet, dan kue-kue kering.

Jadi, ibu harus waspada. Pilihkan semua makanan yang boleh dikonsumsi oleh si kecil. Jangan sampai anak ibu memilih sendiri makanan yang ternyata mengandung pemanis buatan. Sekilas memang makanan tersebut lezat. Namun, dalam jangka panjang, otak si kecil akan rusak.

Tentu ada banyak lagi makanan yang tidak baik bagi tumbuh kembang anak. Jika ibu membuat list makanan tersebut, ibu akan menghabiskan puluhan kertas untuk mencatatnya.

Akan lebih efektif jika ibu lebih menekankan mencari makanan yang sehat saja. Gunakan bumbu alami. Jangan gunakan MSG atau pemanis buatan. Dengan demikian, si kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar.

Selain itu, ibu harus perhatikan juga aktivitasnya ya. Belikan mainan yang mendidik, jangan mainan yang justru membuat ia tidak aktif dan tidak mengasah otak. Lebih dari itu, ibu harus lihat juga waktu istirahatnya. tumbuh kembang anak akan baik jika memiliki waktu yang istirahat yang cukup. Usahakan si kecil tidur siang sebentar dan tidur malam tidak terlalu larut malam.

Agar ia memiliki kualitas tidur yang bagus, buatlah suasana kamar yang nyaman. Hal tersebut tidak lagi bertujuan untuk optimalnya tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *