Jawaban yang Sering Ditemukan Orang Tua Saat Konsultasi Anak Mengenai Gigi Geripis

konsultasi anak
Ibu dan Balita

Apakah ibu ingin berkonsultasi dengan dokter anak karena gigi si kecil geripis? Ibu tidak sendirian. Ada banyak sekali orang tua di luar sana yang memiliki masalah seperti ibu. Gigi anak tumbuh namun banyak yang geripis.

Sering sekali anak dengan gigi geripis dijadikan bahan olok-olokan temannya. Tentu ibu akan merasa kasian jika hal tersebut terjadi pada anak ibu. Oleh sebab itu, ibu perlu segera melakukan tindakan agar gigi anak tidak geripis semakin banyak.

Salah satu hal yang mungkin perlu ibu lakukan pertama kali adalah konsultasi anak. Apa yang akan ibu tanyakan mungkin hanya satu, yaitu bagaimana mengatasi masalah gigi geripis pada anak. Akan tetapi, siap-siap ibu harus mencatat banyak hal yang harus ibu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut informasi selengkapnya.

Langkah-Langkah Mengatasi Gigi Geripis pada Anak

Gigi geripis memang masalah yang biasa. Akan tetapi, setiap orang tua pasti tidak ingin melihat anaknya memiliki gigi geripis. Namun, bagaimana jika balita ibu mengalami hal tersebut?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan infeksinya. Dokter gigi yang bisa melakukan hal ini. Namun, tidak semudah seperti yang ibu ketahui ya. Anak akan menangis dan menjerit sekencang-kencangnya saat mendapatkan perawatan gigi yang satu ini. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika ibu memberikan pengertian kepada anak bawasannya yang akan dilakukan oleh dokter itu untuk kebaikannya. Beri tahu bahwa gigi yang membuatnya jelek tersebut akan dihilangkan oleh dokter.

Setelah infeksi dihilangkan, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah penambalan. Penambalan ini sangat penting karena bisa merangsang pengembalian mineral gigi. Dengan demikian, gigi akan lebih mudah tumbuh lagi.

Setelah dua langkah tersebut dilakukan, ibu juga harus mengajari bagaimana agar gigi anak tidak geripis lagi. Ajarilah cara menggosok gigi yang tepat di mana gerakan sikat gigi harus horizontal, bukan vertikal.

Selain itu, ibu juga perlu mengurangi mengijinkan anak makan makanan yang manis. Hindarkan si kecil makan manisan atau minum minuman yang sangat manis. Karena makanan dan minuman tersebut akan membuat gigi tumbuh dan tidak menutup kemungkinan akan geripis lagi.

Untuk merangsang agar gigi lebih cepat tumbuh lagi, ibu juga perlu membuatkan makanan yang mengandung serat yang tinggi. Karena makanan seperti inilah yang akan membantu meningkatkan produksi air liur yang sangat dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan gigi baru. Berilah menu makanan berupa sayuran hijau karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Di siang hari, ibu bisa siapkan jus buah segar yang kandungan seratnya tak kalah dengan yang ada di dalam sayuran hijau.

Tantangan yang Akan Ibu Hadapi

Sebenarnya mudah lho mengatasi masalah gigi geripis pada anak. Yang menjadi tantangan tersendiri bagi ibu adalah bagaimana membuat anak tidak canggung atau tidak malu jika bertemu dengan teman sebayanya. Pasalnya, tidak sedikit anak yang giginya dicabut karena geripis lalu dijadikan bahan ejekan oleh teman-temannya. Ini tantangan bagi ibu.

Jangan sampai anak ibu justru tidak mau bermain lagi karena olok-olokan dari teman-temannya. Kasih pengertian kepada anak ibu bawasannya giginya akan cepat tumbuh lagi jika ia mendengarkan apa yang ibu katakan. Nah, ini bisa menjadi jimat bagi ibu agar anak menuruti apa yang ibu katakan. Mudah, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *